Roboguru

Belerang dioksida dapat teroksidasi lebih lanjut membentuk belerang trioksida jika dipanaskan dengan oksigen menurut reaksi kesetimbangan berikut.   Ke arah mana reaksi akan bergeser jika pada suhu tetap, konsentrasi diperbesar? Bagaimana pengaruh aksi ini terhadap konsentrasi kesetimbangan belerang trioksida?

Pertanyaan

Belerang dioksida dapat teroksidasi lebih lanjut membentuk belerang trioksida jika dipanaskan dengan oksigen menurut reaksi kesetimbangan berikut.


begin mathsize 14px style 2 S O subscript 2 open parentheses italic g close parentheses and O subscript 2 open parentheses italic g close parentheses equilibrium 2 S O subscript 3 open parentheses italic g close parentheses end style 


Ke arah mana reaksi akan bergeser jika pada suhu tetap, konsentrasi diperbesar? Bagaimana pengaruh aksi ini terhadap konsentrasi kesetimbangan belerang trioksida?

Pembahasan Soal:

Dalam reaksi kesetimbangan, apabila satu sisi ditambahkan konsentrasinya, maka kesetimbangan akan bergeser ke sisi yang lainnya. 

Penambahan konsentrasi begin mathsize 14px style S O subscript 2 end style akan menggeser kesetimbangan ke kanan (hasil reaksi). Penambahan konsentrasi undefined akan membuat konsentrasi begin mathsize 14px style S O subscript 3 end style bertambah karena jika suatu zat ditambahkan ke dalam sistem, maka reaksi akan bergeser ke sisi yang zat tidak ditambahkan.

Jadi, penambahan konsentrasi akan menggeser reaksi ke kanan, dan membuat konsentrasi undefined bertambah.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Terakhir diupdate 14 Maret 2021

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved