Roboguru

Belanda merasa gerakan Pan-Islamisme dapat membahayakan karena...

Pertanyaan

Belanda merasa gerakan Pan-Islamisme dapat membahayakan karena...undefined 

  1. Menimbulkan kekacauan di Indonesiaundefined 

  2. Membangkitkan semangat kebangsaan yang didasari ikatan keagamaanundefined 

  3. Melakukan tipu muslihat kepada kolonial Belandaundefined 

  4. Menumbuhkan banyak para pedagang untuk bersaing dengan Belandaundefined 

  5. Akan melakukan aksi boikot terhadap perdagangan Belandaundefined 

Pembahasan Video:

Pembahasan Soal:

Pan-Islamisme adalah sebuah gerakan dan juga gagasan untuk menyatukan kaum muslimin, kemudian membangun dunia islam di bawah satu pemerintahan dan mengusir penjajahan dunia Barat atas dunia Islam. Paham Pan-Islamisme ini kemudian masuk ke Indonesia pada awal abad ke 20 M. Masuknya Pan-Islamisme di Indonesia, ditandai dengan dengan berdirinya organisasi pendidikan dan keagamaan Islam dengan nama  Al-Jami'at Al-khairiya pada 1901. Dalam perkembangannya, paham Pan Islamisme berkembang menjadi organisasi politik, yang diawali dengan berdirinya organisasi Sarekat Islam (SI) pada 1912. Dalam pegerakanya, SI turut berjuang melawan penjajah, demi merebut kemerdekaan dengan cara-cara yang sesuai dengan ajaran agama Islam. 

Jadi, jawaban yang tepat adalah B.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

F. Putri

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Lampung

Terakhir diupdate 11 September 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Perkembangan Islam dibidang ilmu pengetahuan dan peradaban Islam pada masa pembaharuan/ modern membawa pengaruh terhadap negara - negara di Arab, Asia, Afrika, dibawah ini negara yang tidak memulai pe...

Pembahasan Soal:

Gerakan modernisasi islam adalah sebuah gerakan yang muncul pada awal abad ke-20 akibat dari titik temu antara modernitas barat dengan ajaran islam yang ditandai dengan teknologi dan rasionalitas atau ilmu pengetahuan yang masuk ke komunitas muslim. Negara-negara yang menjadi pemula gerakan modernisasi islam ini adalah negara yang mengalami kolonialisme dan imperialisme Barat serta negara yang dekat dengan bangsa Eropa, sehingga modernisasi barat bisa masuk dan mempengaruhi perkembangan islam di negara tersebut. Negara yang menjadi pemula gerakan modernisasi islam di awal abad ke-20 diantaranya adalah: Mesir, India, Pakistan, Turki, Indonesia, dan Malaysia.

Dengan demikian, jawaban yang paling tepat adalah A.

0

Roboguru

Pemberontakan The Indian Mutini (1857-1859) disebabkan oleh adanya perintah dari panglima tentara Inggris agar tentara India menjilat terlebih dahulu ujung peluru untuk menghilangkan gemuknya. Bagi te...

Pembahasan Soal:

Pemberontakan The India Mutiny merupakan perlawanan rakyat India yang terjadi pada tahun 1857-1859. Latar belakang dari pemberontakan ini adalah para pegawai East India Company (EIC) atau kongsi dagang Inggris banyak melakukan korupsi setelah hampir 100 tahun menjajah India sehingga banyak raja-raja di India yang tidak puas dengan dominasi yang dilakukan oleh EIC. Pemberontakan ini dipicu oleh adanya perintah dari panglima tentara Inggris agar tentara India menjilat terlebih dahulu ujung peluru untuk menghilangkan gemuknya sebelum memulai latihan untuk para sepoy (gelar yang diberikan kepada prajurit India). Bagi tentara Hindu gemuk itu terbuat dari minyak lembu, bagi tentara muslim gemuk itu adalah minyak babi. Hal ini dianggap sebagai penodaan agama terhadap agama Hindu yang tidak boleh mengkonsumsi daging lembu karena dianggap sebagai hewan suci serta terhadap agama Islam karena umat Islam dilarang memakan daging babi. Penodaan agama ini menimbulkan kericuhan antara para sepoy dengan para perwira yang berasal dari Eropa dan beragama Kristen.

Dengan demikian, pemberontakan The India Mutiny lebih disebabkan oleh adanya penodaan agama yang dilakukan oleh tentara Inggris.

0

Roboguru

Coba jelaskan sejarah lahirnya ideologi Demokrasi?

Pembahasan Soal:

Demokrasi terdiri atas dua kata berasal dari bahasa Yunani, yaitu “Demos” berarti rakyat atau penduduk dan “Cratein” atau “Cratos” berarti kekuasaan atau kedaulatan. Dari dua kata tersebut terbentuklah suatu istilah “ demoscratein” atau “demokratia” yang berarti negara dalam sistem pemerintahannya kedaulatan berada di tangan rakyat, kekuasaan tertinggi berada dalam keputusan bersama rakyat, pemerintahan rakyat dan kekuasaan oleh rakyat, atau pemerintahan negara rakyat yang berkuasa.

Demokrasi dalam sejarah peradaban muncul sejak jaman Yunani Kuno di mana rakyat  memandang kediktatoran sebagai bentuk pemerintahan terburuk. Capaian praktis dari pemikiran demokrasi Yunani adalah munculnya “negara kota”.  Dengan Polis adalah bentuk demokrasi pertama. Demokrasi berasal dari kata lain yaitu demos (rakyat) dan kratos (pemerintahan).Peradaban Yunani menunjukkan bahwa masyarakat Yunani dipecah menjadi kota-negara bagian yang kecil-kecil (tidak lebih dari 10.000 warga).  Setiap orang menyuarakan pendapatnya atas persoalan-persoalan pemerintahan. Istilah demokrasi dikemukakan pertama kali diperkirakan antara abad ke-4  sampai 6 SM (Sebelum Masehi) di Athena.

Dengan demikian sejarah lahirnya demokrasi diawali sejak jaman Yunani Kuno di mana rakyat  memandang kediktatoran sebagai bentuk pemerintahan terburuk. Capaian praktis dari pemikiran demokrasi Yunani adalah munculnya “Negara Kota” sebagai Polis adalah bentuk demokrasi pertama.

 

0

Roboguru

Apa saja gerakan perlawanan terhadap intervensi asing di Mesir...

Pembahasan Soal:

Gagasan Pan-Islamisme lahir atas pemikiran Jamaluddin Al-Afghani. Saat itu Jamaluddin sedang berada di Mesir. Ia melihat betapa miskinnya negara itu, kemudian merasa aneh dengan kondisi Mesir yang sangat gersang, padahal tanahnya subur dan kaya.

Melalui Bahasa dan Sastra Pada akhir abad ke-19 Masehi, Muhammad Taufik mendirikan perpustakaan untuk menggerakan budaya literasi bangsa Mesir. Selain itu, penerbitan buku-buku kebudayaan Arab klasik mampu mengembalikan ingatan kejayaan bangsa Arab sehingga memunculkan semangat nasionalisme Mesir.

Pada tahun 1828, Muhammad Ali Pasha menerbitkan surat kabar berbahasa arab bernama ‘Berita Mesir’. Pada perkembangannya surat kebar ini memberitakan peristiwa dunia dan menyebarkan gagasan nasionalisme sehingga membentu kesadaran nasionalisme Mesir.

 

0

Roboguru

Dalam Kongres Sivas (4-11 September 1919), wilayah Ottoman tidak hanya mencakup enam Provinsi Timur tetapi juga seluruh Anatolia, Instambul dan Rumelia. Hasil Kongres Sivas dipertegas lagi dalam Pakta...

Pembahasan Soal:

Kongres Sivas yang dilaksanakan tanggal 4-11 September 1919 menghasilkan Pakta Nasional, isinya :

  1. Pengakuan atas kemerdekaan dan kedaulatan penuh bangsa Turki
  2. Perlawanan bersenjata terhadap setiap pendudukan asing atas Turki
  3. Keutuhan wilayah Ottoman (wilayah-wilayah etnis Turki, Muslim, dan wilayah-wilayah yang tidak diduduki Sekutu selama penandatanganan genjatan senjata di Mudros)
  4. Tekad mempertahankan Kota Istanbul dan Laut Marmara
  5. Hal-hal terkait perdagangan Selat Bosporus dan selat Dardanelles dinegosiasikan oleh Turki dan negara-negara terkait

 

Dengan demikian pada opsi diatas yang tidak termasuk dalam isi Pakta Nasional adalah Perlawanan tanpa bersenjata setiap pendudukan asing atas Turki. Jadi jawaban yang tepat adalah B

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved