Roboguru

Belajar masa lalu yang memberikan kita kesempatan untuk mendapatkan kesenangan adalah guna sejarah secara ...

Pertanyaan

Belajar masa lalu yang memberikan kita kesempatan untuk mendapatkan kesenangan adalah guna sejarah secara ...

  1. Edukatif

  2. Nasionalis

  3. Inovatif

  4. Inspiratif

  5. Rekreatif

Pembahasan Soal:

Secara umum, guna sejarah terbagi menjadi dua, yaitu guna instrinsik dan guna ekstrinsik. Guna intrinsik merupakan kegunaan sejarah yang berkaitan dengan ilmu pengetahuan. Sementara itu, guna ekstrinsik merupakan kegunaan sejarah bagi masyarakat. Salah satu bagian dari guna ekstrinsik adalah rekreatif. Artinya, sejarah dapat digunakan sebagai sarana hiburan bagi masyarakat.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah E.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

C. Sianturi

Terakhir diupdate 14 September 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Bagaimana sejarah dapat menjadi sarana rekreatif!

Pembahasan Soal:

Sejarah adalah satu sistem yang meneliti kejadian tersusun dalam bentuk kronologi dan semua peristiwa masa lalu mempunyai data tentang catatan serta bukti-bukti pendukung dari sebuah peristiwa. Sebagai sebuah ilmu, sejarah memiliki fungsi rekreatif. Bersama dengan sejarah kita seperti menjelajahi "mesin waktu" untuk dapat mengetahui kehidupan masyarakat masa lampau. Oleh karena itu, sejarah dapat menjadi sarana rekreasi ke masa lampau. Peninggalan-peninggalan sejarah dapat menjadi sarana rekreasi dan pendidikan tentang keindahan.

Dengan demikian, bagaimana cara sejarah memiliki fungsi rekreatif adalah saat sejarah memberikan pengalaman masa lalu yang dituangkan melalui tulisan yang berdasar kepada fakta- fakta kuat yang dibumbui oleh Intuisi penulis, sehingga para pembaca bisa terbawa dalam suasana yang diceritakan oleh penulis sejarah tersebut.

0

Roboguru

Sejarah dalam bentuk kisah sering kali menjadi sumber bacaan yang mengasyikkan, karena merupakan kisah nyata yang menarik dengan gaya bahasa yang memikat. Karya sejarah yang demikian dapat menghibur d...

Pembahasan Soal:

Sejarah dalam bentuk kisah seringkali menjadi sumber bacaan yang mengasyikkan, karena merupakan kisah nyata yang menarik dengan gaya bahasa yang memikat. Karya sastra yang demikian dapat menghibur karena dapat menumbuhkan suasana hati yang menyenangkan. Dengan demikian, salah satu manfaat mempelajari sejarah adalah bisa menjadi sarana rekreatif.

Jadi, jawaban yang tepat adalah A.

0

Roboguru

Fungsi ilmu sejarah dibagi menjadi tiga, yaitu fungsi rekreatif, inspiratif, dan instruktif. Contoh fungsi rekreatif sejarah ditunjukkan oleh pilihan ...

Pembahasan Soal:

Sejarah adalah satu sistem yang meneliti kejadian tersusun dalam bentuk kronologi dan semua peristiwa masa lalu mempunyai catatan serta bukti-bukti kuat. Sebagai sebuah ilmu, sejarah memiliki fungsi rekreatif. Dengan sejarah kita dapat mengetahui kehidupan masyarakat masa lampau. Oleh karena itu, sejarah dapat menjadi sarana rekreasi ke masa lampau. Peninggalan-peninggalan sejarah dapat menjadi sarana rekreasi dan pendidikan tentang keindahan.

Dengan demikian, salah satu contoh sejarah memiliki fungsi rekreatif adalah saat membaca karya berjudul Berjuang dan Dibuang karya Mohammad Hatta. Pembaca seolah olah larut ke dalam cerita.

Jadi, jawaban yang tepat adalah B.

0

Roboguru

Adakah kegunaan mempelajari sejarah?

Pembahasan Soal:

Sejarah merupakan ilmu yang mempelajari kehidupan atau peristiwa-peristiwa penting manusia di masa lampau. Sebagai sebuah disiplin ilmu, sejarah mempunyai beberapa kegunaan. Kegunaan sejarah terdiri dari kegunaan edukatif, kegunaan inspiratif, kegunaan rekreatif, dan kegunaan instruktif. Kegunaan edukatif berkaitan dengan pelajaran yang dapat dipetik dari peristiwa sejarah. Kegunaan inspiratif berkaitan dengan inspirasi yang dapat diperoleh terkait kisah-kisah sejarah. Kegunaan rekreatif berkaitan dengan hiburan bagi pembacanya. Sedangkan kegunaan instruktif berkaitan dengan penyampaian pengetahuan dan ketrampilan.

Dengan demikian, kegunaan sejarah terdiri dari kegunaan edukatif, kegunaan inspiratif, kegunaan rekreatif, dan kegunaan instruktif.

0

Roboguru

Dengan mempelajari kisah-kisah sejarah di tempat yang jauh di negara-negara lain seolah-olah kita bertamasya, yang ini merupakan kegunaan sejarah dalam segi memberi ....

Pembahasan Soal:

Sejarah adalah sesuatu yang terjadi pada masa lampau dalam kehidupan manusia. Ciri-ciri sejarah sebagai ilmu pengetahuan yakni sebagai peristiwa yang abadi, unik, dan penting. Manusia dengan sejarah tidak dapat dipisahkan, yang mana manusia dapat berkedudukan sebagai subjek maupun objek sejarah. Menurut Nugroho Notosusanto, guna sejarah dibagi menjadi 4, yakni Guna Edukatif, Guna Inspiratif, Guna Instruktif, dan Guna Rekreatif. Guna Rekreatif ditujukan untuk seseorang yang sedang membaca dapat mengetahui keadaan mengenai suatu peristiwa tanpa ia harus pergi dan melihat ke tampat asal terjadinya suatu peristiwa.

Dengan demikian, maka jawaban yang tepat adalah D.

2

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved