Roboguru

Beberapa protein yang diperoleh dari daging sapi dihidrolisis. Latutan hasil hidrolisis lalu dianalisis dengan kertas kromatogram. Hasil analisis digambarkan dalam ilustrasi berikut. Hasil kromatograin mepunjukkan bahwa ekstrak protein tersusun atas protein jenis...

Pertanyaan

Beberapa protein yang diperoleh dari daging sapi dihidrolisis. Latutan hasil hidrolisis lalu dianalisis dengan kertas kromatogram. Hasil analisis digambarkan dalam ilustrasi berikut.


Hasil kromatograin mepunjukkan bahwa ekstrak protein tersusun atas protein jenis...   

  1. P1 dan P2   

  2. P1 dan P3   

  3. P2 dan P5   

  4. P3 dan P4   

Pembahasan Soal:

Kromatografi merupakan salah satu teknik pemisahan campuran berdasarkan pola pergerakan anatar fase diam dan fase gerak. Dalam membaca, Sehingga dalam membaca hasil kromatograin, kita dapat memperhatikan fase gerak dan fase diamnya yang sesuai dengan fase gerak dan fase diam dari suatu bahan yang ingin kita identifikasi.

Pada soal ini, ekstrak protein yang dihasilkan mempunyai fase gerak dan fase diam yang sesuai dengan protein jenis 1 dan protein jenis 3

Jadi, berdasarkan hasil kromatograin ekstrak protein tersebut tersusun atas protein jenis P1 dan P3, jawaban yang tepat adalah B.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Terakhir diupdate 19 Juli 2021

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved