Iklan

Iklan

Pertanyaan

Beberapa prasasti yang menunjukkan adanya kerajaan Buddha di Palembang yaitu....

Beberapa prasasti yang menunjukkan adanya kerajaan Buddha di Palembang yaitu....

  1. ...

  2. ...

Iklan

F. Putri

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Lampung

Jawaban terverifikasi

Jawaban

prasasti yang menunjukkan adanya kerajaan Buddha di Palembang yaituPrasasti talang tuo, Prasasti Telaga Batu, Prasasti kedukan bukit.

 prasasti yang menunjukkan adanya kerajaan Buddha di Palembang yaitu Prasasti talang tuo, Prasasti Telaga Batu, Prasasti kedukan bukit.

Iklan

Pembahasan

Berikut ini prasasti yang menunjukkan adanya kerajaan Buddha di Palembang yaitu: Prasasti Kedukan Bukit. Prasasti Kedukan Bukit ditemukan di tepi Sungai Tatang, dekat Palembang. Prasasti ini berangka tahun 605 Saka (683 M). Isinya antara lain menerangkan bahwa seorang bernama Dapunta Hyang mengadakan perjalanan suci (siddhayatra) dengan menggunakan perahu. Prasasti Talang Tuo. Diberi nama Prasasti Talang Tuo karena ditemukan di sebelah barat Kota Palembang di daerah Talang Tuo. Isinya menyebutkan mengenai pembangunan sebuah taman yang disebut Sriksetra, atas perintah Dapunta Hyang Sri Jayagana, untuk kemakmuran semua makhluk. Selain itu terdapat pula doa dan harapan yang menunjukkan sifat agama Buddha. Prasasti Telaga Batu. Prasasti ditemukan di kolam Telaga Biru (tidak jauh dari Sabokingking), Kota Palembang.Isinya mengenai kutukan-kutukan terhadap siapa saja yang melakukan kejahatan dan tidak mengikuti peraturan Kerajaan atau perintah raja. Prasasti ini juga memuat data-data mengenai penyusunan ketatanegaraan Kerajaan Sriwijaya. Dengan demikian,prasasti yang menunjukkan adanya kerajaan Buddha di Palembang yaituPrasasti talang tuo, Prasasti Telaga Batu, Prasasti kedukan bukit.

Berikut ini prasasti yang menunjukkan adanya kerajaan Buddha di Palembang yaitu:

  1. Prasasti Kedukan Bukit. Prasasti Kedukan Bukit ditemukan di tepi Sungai Tatang, dekat Palembang. Prasasti ini berangka tahun 605 Saka (683 M). Isinya antara lain menerangkan bahwa seorang bernama Dapunta Hyang mengadakan perjalanan suci (siddhayatra) dengan menggunakan perahu.
  2. Prasasti Talang Tuo. Diberi nama Prasasti Talang Tuo karena ditemukan di sebelah barat Kota Palembang di daerah Talang Tuo. Isinya  menyebutkan mengenai pembangunan sebuah taman yang disebut Sriksetra, atas perintah Dapunta Hyang Sri Jayagana, untuk kemakmuran semua makhluk. Selain itu terdapat pula doa dan harapan yang menunjukkan sifat agama Buddha.
  3. Prasasti Telaga Batu. Prasasti ditemukan di kolam Telaga Biru (tidak jauh dari Sabokingking), Kota Palembang.Isinya mengenai kutukan-kutukan terhadap siapa saja yang melakukan kejahatan dan tidak mengikuti peraturan Kerajaan atau perintah raja. Prasasti ini juga memuat data-data mengenai penyusunan ketatanegaraan Kerajaan Sriwijaya.

Dengan demikian, prasasti yang menunjukkan adanya kerajaan Buddha di Palembang yaitu Prasasti talang tuo, Prasasti Telaga Batu, Prasasti kedukan bukit.

Latihan Bab

Teori Masuknya Agama Hindu Buddha

Kerajaan-Kerajaan Hindu Buddha

Pengaruh Kehidupan Kerajaan Hindu Buddha

Konsep Kilat

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

116

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Prasasti yang menunjukkan pernah terjadinya peperangan antara Kerajaan Sriwijaya dengan kerajaan Cola dari India yaitu prasasti ....

1rb+

3.6

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2023 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia