Iklan

Iklan

Pertanyaan

Beberapa peristiwa yang berhubungan dengan sifat koloid: 1. pembentukan delta di muara sungai 2. penyembuhan sakit perut dengan norit 3. pemutihan gula 4. penjernihan air dengan tawas, dan 5. cuci darah pada penderita cuci ginjal Sifat koagulasi ditunjukkan pada nomor....

Beberapa peristiwa yang berhubungan dengan sifat koloid:

1. pembentukan delta di muara sungai

2. penyembuhan sakit perut dengan norit

3. pemutihan gula

4. penjernihan air dengan tawas, dan

5. cuci darah pada penderita cuci ginjal

Sifat koagulasi ditunjukkan pada nomor....

  1. 1 dan 4

  2. 2 dan 3

  3. 2 dan 4

  4. 3 dan 5

  5. 4 dan 5

Iklan

A. Tiara

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Semarang

Jawaban terverifikasi

Iklan

Pembahasan

Koagulasi merupakan salah satu sifat dari koloid di mana partikel-partikel suatu koloid dapat mengalami penggumpalan membentuk zat semi-padat. Partikel-partikel koloid tersebut bersifat stabil karena memiliki muatan listrik sejenis. Apabila muatan listrik itu hilang, maka partikel koloid tersebut akan bergabung membentuk gumpalan. Contoh penerapannya antara lain adalah pembentukan delta pada pertemuan dua sungai, susu akan menggumpal jika ditambahkan jeruk nipis, partikel karet dalam lateks akan menggumpal jika ditambahkan asam laktat, emulsi sari kedelai pada proses pembuatan tahu akan menggumpal jika ditambahkan batu tahu (CaSO 4 . 2H 2 O) atau asam cuka, penjernihan air dengan tawas agar lumpur pengotor dapat tergumpal. Pada pernyataan berikut : 1. pembentukan delta di muara sungai (sifat koagulasi) 2. penyembuhan sakit perut dengan norit (sifat adsorpsi) 3. pemutihan gula (sifat adsorpsi) 4. penjernihan air dengan tawas (sifat koagulasi) 5. cuci darah pada penderita cuci ginjal (sifat dialisis) Sifat koagulasi ditunjukkan oleh nomor (1) dan (4).

Koagulasi merupakan salah satu sifat dari koloid di mana partikel-partikel suatu koloid dapat mengalami penggumpalan membentuk zat semi-padat. Partikel-partikel koloid tersebut bersifat stabil karena memiliki muatan listrik sejenis. Apabila muatan listrik itu hilang, maka partikel koloid tersebut akan bergabung membentuk gumpalan.

Contoh penerapannya antara lain adalah pembentukan delta pada pertemuan dua sungai, susu akan menggumpal jika ditambahkan jeruk nipis, partikel karet dalam lateks akan menggumpal jika ditambahkan asam laktat, emulsi sari kedelai pada proses pembuatan tahu akan menggumpal jika ditambahkan batu tahu (CaSO4. 2H2O) atau asam cuka, penjernihan air dengan tawas agar lumpur pengotor dapat tergumpal.

Pada pernyataan berikut :

 1. pembentukan delta di muara sungai (sifat koagulasi)

2. penyembuhan sakit perut dengan norit (sifat adsorpsi)

3. pemutihan gula (sifat adsorpsi)

4. penjernihan air dengan tawas (sifat koagulasi)

5. cuci darah pada penderita cuci ginjal (sifat dialisis)

Sifat koagulasi ditunjukkan oleh nomor (1) dan (4).

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

89

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Berikut peristiwa yang berhubungan dengan sifat koloid (1) pembentukan delta di muara sungai; (2) penyembuhan sakit perut dengan norit; (3) pemutihan gula; (4) penjernihan air dengan tawas; dan (...

61

5.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia