Roboguru

Beberapa orang lambat dalam merespon suatu keadaan, dan ada yg sangat cepat. Apa yang mempengaruhi kecepatan seseorang dalam merespon suatu keadaan?

Pertanyaan

Beberapa orang lambat dalam merespon suatu keadaan, dan ada yg sangat cepat. Apa yang mempengaruhi kecepatan seseorang dalam merespon suatu keadaan?    undefined  

Pembahasan Soal:

Suatu gerak manusia sebagai suatu respon dari sesuatu merupakan hal yang selalu berbeda pada setiap individu. Suatu respon manusia memiliki sifat cepat dan lambat. Kecepatan respon manusia ditentukan oleh kualitas sistem sarafnya, yang menghubungkan antara otak sebagai pusat kendali dengan organ-organ diseluruh tubuh. Jika susunan sarafnya tidak stabil, maka kecepatan rangsangan akan terganggu dan mengalami keterlambatan respon. Demikian pula jika kualitas sarafnya buruk, kecepatan respon juga akan menurun.   space space  

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

Y. Wulandari

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Jakarta

Terakhir diupdate 06 Oktober 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Faktor yang dapat memengaruhi kecepatan penghantaran impuls yaitu ...

Pembahasan Soal:

Terdapat dua faktor yang memengaruhi kecepatan penghantaran impuls yaitu diameter akson dan keberadaan selubung mielin. Semakin besar diameter akson maka kemampuan penghantaran impulsnya akan semakin cepat. Begitu pula akson yang diselubungi oleh mielin memiliki kemampuan penghantaran impuls yang lebih cepat dibandingkan dengan akson yang tidak diselubungi mielin. Hal tersebut karena, impuls akan bergerak melalui mekanisme saltatori pada nodus ranvier di antara akson bermielin sehingga penghantarannya dapat lebih cepat terjadi.

Dengan demikian, pilihan jawaban yang tepat adalah D. 

0

Roboguru

Faktor yang dapat mempengaruhi kecepatan penghantaran impuls adalah... .

Pembahasan Soal:

Kecepatan rambat impuls dipengaruhi oleh beberapa faktor, salah satunya adalah diameter akson. Akson dengan diameter besar akan lebih cepat merambatkan impuls dibandingkan dengan akson dengan diameter kecil. Faktor lainnya adalah keberadaan selubung mielin. Daerah akson yang tertutup mielin akan menghantarkan impuls lebih cepat dibandingkan dengan bagian yang tidak tertutup mielin.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah D.space

0

Roboguru

Proses fisiologi di dalam tubuh hewan dapat dipengaruhi oleh tekanan pada level seluler. Tekanan tinggi dapat menghambat proses pelipatan protein, pelipatan protein dan mengurangi keenceran (fluiditas...

Pembahasan Soal:

Kondisi yang baik di dalam sel menjadi faktor utama suatu sistem organ dapat bekerja secara optimum di dalam tubuh manusia. Adanya perbedaan tekanan yang terjadi di dalam sel memiliki dampak pada kinerja sel tersebut. Pada sistem neural, jika terjadi suatu keadaan yang kurang menguntungkan maka dapat berdampak pada pengurangan rambatan impuls pada sel-sel syaraf. Misalnya pada otot, aktivitas pengikatan asetilkolin akan terhambat sehingga kontraksi otot tidak dapat berlangsung secara maksimal.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah E.

0

Roboguru

Tubuh kita dapat memberikan reaksi terhadap rangsang yang diterima. Jelaskan macam-macam rangsang tersebut!

Pembahasan Soal:

Organisme perlu mengenali perubahan lingkungan. Perubahan lingkungan itu dapat merupakan rangsangan atau stimulus bagi organisme. Menurut asalnya, rangsangan dibedakan menjadi dua macam yaitu, rangsangan dari luar tubuh dan dari dalam tubuh. Rangsangan dari luar tubuh misalnya suara, cahaya, bau, panas, dan tekanan. Rangsangan dari dalm tubuh misalnya rasa lapar, haus dan nyeri. Menurut jenisnya, rangsangan dibedakan menjadi rangsangan mekanis, kimia dan fisik. Contoh rangsangan mekanik adalah sentuhan dan tekanan. Contoh rangsangan kimia adalah rasa manis, pahit, asin, asam dan bau, Contoh rangsangan fisik adalah suhu, listrik, gravitasi, cahaya, dan suara. 

0

Roboguru

Jelaskan proses bekerjanya saraf!

Pembahasan Soal:

Sistem saraf adalah sistem yang bertugas untuk berkoordinasi dan mengendalikan seluruh aktivitas tubuh. Sistem saraf terdiri dari sistem saraf pusat dan sistem saraf tepi. Sistem saraf pusat terdiri dari otak dan sumsum tulang belakang, sedangkan sistem saraf tepi terdiri dari sistem saraf sadar (somatik) dan tak sadar (otonom). Sistem saraf bekerja dengan menerima dan meneruskan impuls menuju ke sistem saraf pusat, yaitu otak atau sumsum tulang belakang. Impuls yaitu rangsangan berupa aliran listrik yang merambat pada serabut saraf. Sel saraf pada sistem saraf akan bekerja untuk menghantarkan impuls melalui 3 tahap yaitu :

  1. Tahap polarisasi, yaitu tahap ketika sel saraf tidak menghantarkan impuls sehingga saluran ion Na+ dan Ktertutup sehingga bagian luar membran bermuatan positif sedangkan bagian dalamnya bermuatan negatif.
  2. Tahap depolarisasi, yaitu tahap ketika sel saraf sedang dilalui impuls sehingga saluran ion Na+ dan ion Na+ masuk ke dalam sel. Kemudian muatan listrik mengalami perubahan, yaitu di di bagian luar bermuatan negatif dan di bagian dalam bermuatan positif
  3. Tahap repolarisasi, yaitu tahap ketika sel saraf sudah dilalui impuls sehingga saluran ion Kterbuka dan ion K+ keluar.

Impuls yang telah diproses kemudian akan diteruskan oleh saraf motorik menuju efektor sehingga muncul gerakan tubuh.undefined 

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved