Iklan

Iklan

Pertanyaan

Beberapa kegunaan zat makanan dalam tubuh sebagai berikut. 1) Sumber energi utama. 2) Berperan dalam transpor oksigen. 3) Komponen penting penyusun gen. 4) Mempertahankan suhu badan dari pengaruh suhu rendah. Kegunaan karbohidrat ditunjukkan oleh angka ...

Beberapa kegunaan zat makanan dalam tubuh sebagai berikut.

1)   Sumber energi utama.

2)   Berperan dalam transpor oksigen.

3)   Komponen penting penyusun gen.

4)   Mempertahankan suhu badan dari pengaruh suhu rendah.

Kegunaan karbohidrat ditunjukkan oleh angka ...

  1. 1) dan 2)undefined

  2. 1) dan 3)undefined

  3. 2) dan 3)undefined

  4. 2) dan 4)undefined

  5. 3) dan 4)undefined

Iklan

D. Zharva

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Jawaban

fungsi utama karbohidrat dalam tubuhmanusia adalah sebagai sumber energi utama dan berperan dalm transpor oksigen (A).

fungsi utama karbohidrat dalam tubuh manusia adalah sebagai sumber energi utama dan berperan dalm transpor oksigen (A). 

Iklan

Pembahasan

Pembahasan
lock

Karbohidrat merupakan senyawa yang terdiri dari unsur C,H, dan O dan mempunyai rumus empiris . Karbohidrat terdiri dari karbohidrat sederhana yang tersusun oleh molekul sederhana dan karbohidrat kompleks yang tersusun oleh molekul kompleks. Molekul sederhana pada karbohidrat terdiri dari monosakarida dan disakarida. Monosakarida merupakan molekul karbohidarat yang paling sederhana sehingga tidak dapat dihidrolisis menjadi molekul karbohidrat yang lebih sederhana lagi. Contoh molekul monosakarida adalah glukosa, galaktosa, dan fruktosa. Disakarida merupakan gabungan dari dua molekul monosakarida. Contoh molekul disakarida adalah sukrosa, laktosa, dan maltosa. Monosakarida dan disakarida biasaya terdapat pada makanan dan minuman seperti sirup, gula, susu, madu, soft drink, dan permen. Molekul kompleks karbohidrat terdiri dari gabungan lebih dari dua molekul sederhana. Molekul kompleks pada karbohidrat terdiri dari oligosakarida dan polisakarida. Oligosakarida merupakan senyawa kompleks yang terdiri dari 10 monosakarida sedangkan polisakarida terdiri lebih dari 10 monosakarida. Contoh polisakarida adalah amilum dan selulosa yang terdapat pada oatmeal, beras merah, quinoa, kedelai,dan beberapa sayuran hijau. Dalam tubuh manusia, karbohidrat merupakan sumber energi utama untuk beraktivitas seperti bernafas, berfikir, dan bergerak. Energi ini didapat melalui proses metabolisme (proses reaksi kimia komples pada sel manusia)yang menggunakan karbohidrat kompleks dan sederhana untuk menghasilkan sumber energi berupa adenosin triposfat (ATP). Selain glukosa, proses metabolisme juga membutuhkan oksigen yang diperoleh dari proses respirasi. Jadi, fungsi utama karbohidrat dalam tubuhmanusia adalah sebagai sumber energi utama dan berperan dalm transpor oksigen (A).

Karbohidrat merupakan senyawa yang terdiri dari unsur C,H, dan O dan mempunyai rumus empiris begin mathsize 14px style C subscript n H subscript 2 n end subscript O subscript n end style. Karbohidrat terdiri dari karbohidrat sederhana yang tersusun oleh molekul sederhana dan karbohidrat kompleks yang tersusun oleh molekul kompleks. 

  • Molekul sederhana pada karbohidrat terdiri dari monosakarida dan disakarida. Monosakarida merupakan molekul karbohidarat yang paling sederhana sehingga tidak dapat dihidrolisis menjadi molekul karbohidrat yang lebih sederhana lagi. Contoh molekul monosakarida adalah glukosa, galaktosa, dan fruktosa. Disakarida merupakan gabungan dari dua molekul monosakarida. Contoh molekul disakarida adalah sukrosa, laktosa, dan maltosa. Monosakarida dan disakarida biasaya terdapat pada makanan dan minuman seperti sirup, gula, susu, madu, soft drink, dan permen. 
  • Molekul kompleks karbohidrat terdiri dari gabungan lebih dari dua molekul sederhana. Molekul kompleks pada karbohidrat terdiri dari oligosakarida dan polisakarida. Oligosakarida merupakan senyawa kompleks yang terdiri dari 10 monosakarida sedangkan polisakarida terdiri lebih dari 10 monosakarida. Contoh polisakarida adalah amilum dan selulosa yang terdapat pada oatmeal, beras merah, quinoa, kedelai,dan beberapa sayuran hijau.

Dalam tubuh manusia, karbohidrat merupakan sumber energi utama untuk beraktivitas seperti bernafas, berfikir, dan bergerak. Energi ini didapat melalui proses metabolisme (proses reaksi kimia komples pada sel manusia) yang menggunakan karbohidrat kompleks dan sederhana untuk menghasilkan sumber energi berupa adenosin triposfat (ATP). Selain glukosa, proses metabolisme juga membutuhkan oksigen yang diperoleh dari proses respirasi.

Jadi, fungsi utama karbohidrat dalam tubuh manusia adalah sebagai sumber energi utama dan berperan dalm transpor oksigen (A). 

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

1

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Karbohidrat merupakan sumber energi bagi manusia. Di dalam tubuh, karbohidrat diubah menjadi ...

7

5.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

[email protected]

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia