Roboguru

Beberapa bukti evolusi adalah sebagai berikut, KECUALI ....

Pertanyaan

Beberapa bukti evolusi adalah sebagai berikut, KECUALI .... 

  1. variasi 

  2. spesiasi 

  3. perbandingan anatomi 

  4. susunan biokimia yang mirip 

  5. fosil 

Pembahasan Soal:

Proses evolusi tidak dapat dikaji secara eksperimental atau secara empiris. Proses evolusi hanya bisa didukung melalui bukti-bukti atau petunjuk-petunjuk terjadinya evolusi. Petunjuk-petunjuk evolusi antara lain adanya variasi di antara individu dalam spesies, temuan fosil, perbandingan anatomi (homologi dan analogi), alat tubuh sisa, persamaan embrio, kemiripan biokimia, penyebaran geografi, dan peristiwa domestikasi. Sedangkan, spesiasi merupakan proses pembentukan spesies baru melalui mekanisme tertentu. Para ilmuwan membedakan spesies berdasarkan kemampuan organisme untuk dapat melakukan perkawinan dan menghasilkan keturunan yang fertil (subur) atau memiliki kemampuan untuk melakukan hal tersebut. Memiliki kemampuan berarti kedua organisme tersebut dapat melakukan perkawinan dan menghasilkan keturunan fertil, meskipun hal tersebut tidak terjadi di alam.space 

Oleh karena itu jawaban yang benar adalah B.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

A. Acfreelance

Terakhir diupdate 30 April 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Dalam teori evolusi, hal-hal berikut ini memungkinkan terjadinya evolusi adalah ....

Pembahasan Soal:

Bukti-bukti evolusi antara lain biogeografi, catatan fosil, anatomi perbandingan (organ homolog), embriologi perkembanagn, dan bukti biologi molekuler. Homologi adalah persamaan antara pasangan struktur atau gen pada taksa berbeda karena kesamaan nenek moyang. Organ yang homolog adalah organ yang berasal dari nenek moyang yang sama tetapi dapat memiliki perbedaan fungsi. Contoh organ homolog sayap kelelawar, lengan primata, sirip paus dan lumba-lumba, serta kaki depan hewan berkaki empat seperti anjing dan buaya semuanya merupakan turunan dari struktur tetrapoda nenek moyang yang sama. Bukti embriologi perkembangan menunjukkan bahwa semua embrio vertebrata akan mengalami suatu tahapan di mana mereka memiliki kantung insang pada bagian samping tenggorokannya.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah B.undefined 

0

Roboguru

Hal yang bukan merupakan petunjuk adanya evolusi adalah ....

Pembahasan Soal:

Petunjuk evolusi merupakan fakta-fakta mendukung adanya proses evolusi. Fakta-fakta tersebut dapat berupa fosil, perbandingan anatomi (homologi dan analogi organ), perbandingan embriologi maupun perbandingan biokimia. Perbedaan sifat spesies tidak dapat digunakan sebagai petunjuk evolusi sebab secara umum antara satu spesies dengan spesies lainnya pasti terdapat adanya perbedaan sifat. Dengan demikian, pilihan jawaban yang tepat adalah pilihan E.

0

Roboguru

Soal terdiri atas 3 bagian, yaitu PERNYATAAN; kata SEBAB; dan ALASAN yang disusun berurutan. Mutasi buatan yang dilakukan untuk mendapatkan bibit unggul dapat mempercepat terjadinya evolusi. SEBAB...

Pembahasan Soal:

Peristiwa mutasi seringkali memunculkan varian baru dalam suatu spesies. Oleh karena itu beberapa ahli beranggapan bahwa mutasi merupakan sumber adanya evolusi. Hal ini menunjukkan kalimat pernyataan BENAR.

Mutasi dapat merubah urutan basa nitrogen pada DNA yang berdampak pada perubahan genotipe dan fenotipe suatu individu. Hal ini menunjukkan kalimat alasan BENAR.

Kedua kalimat menunjukkan hubungan sebab akibat. Yaitu, mutasi dapat mempercepat terjadinya evolusi karena mutasi dapat menyebabkan individu memiliki perbedaan genotipe dan fenotipe yang berbeda jauh dari induknya sehingga menimbulkan keanekaragaman dan proses evolusi dapat terjadi.

Jadi, pilihan jawaban yang tepat adalah A.

0

Roboguru

Kelelawar memiliki sistem sonar sebagai bentuk adaptasi ketika terbang pada malam hari yang gelap. Dengan adanya sistem sonar tersebut memungkinkan kelelawar mengetahui arah dan jarak-jarak benda di s...

Pembahasan Soal:

Nenek moyang kelelawar tidak memiliki sistem sonar atau kemampuan ekolokasi. Sebagian dari populasi ini beradaptasi untuk berburu pada malam hari, dan memangsa hewan kecil seperti serangga. Pada malam hari, penglihatan kelelawar tidak teradaptasi dengan baik. Maka, sebagian dari populasi beradaptasi untuk menghasilkan suara berfrekuensi tinggi yang dapat dipantulkan oleh benda padat dan ditangkap oleh telinga kelelawar. Pada akhirnya, populasi kelelawar yang berburu memiliki kemampuan yang disebut ekolokasi. Perubahan sifat dari nenek moyang ke generasi yang sekarang merupakan bukti terjadinya evolusi.undefined 

0

Roboguru

Beberapa bukti evolusi adalah sebagai berikut, kecuali ....

Pembahasan Soal:

Beberapa bukti evolusi adalah sebagai berikut, kecuali spesiasi. Spesiasi merupakan proses pembentukan spesies baru. Beberapa bukti evolusi antara lain:

  1. variasi
  2. pengaruh penyebaran geografis
  3. fosil
  4. homologi
  5. sisa alat tubuh tak terpakai
  6. embriologi perbandingan
  7. kemiripan biokimia
  8. domestifikasi

Dengan demikian, pilihan jawaban yang tepat adalah B.space space 

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved