Iklan

Iklan

Pertanyaan

Batu sandi yang terdapat pada struktur bangunan rumah tradisional masyarakat di pesisir pantai barat Pulau Sumatra berfungsi untuk mitigasi bencana, yaitu ....

Batu sandi yang terdapat pada struktur bangunan rumah tradisional masyarakat di pesisir pantai barat Pulau Sumatra berfungsi untuk mitigasi bencana, yaitu ....

  1. penahan hantaman tsunami

  2. penahan laju kecepatan angin

  3. penyangga potensi tanah longsor

  4. penghalang laju gelombang abrasi

  5. peredam getaran tanah dari gempa

Iklan

A. Irnawati

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Iklan

Pembahasan

Pesisir barat Pulau Sumatra merupakan wilayah yang dekat dengan zona subduksi antarlempeng. Hal ini menyebabkan wilayah tersebut rawan terhadap bencana geologi berupa gempa bumi dan tsunami. Untuk mengantisipasi dampak bencana tersebut, masyarakat pesisir pantai barat Pulau Sumatra memiliki beberapakearifan lokal. Salah satu kearifan lokal yang diterapkan masyarakat pesisir pantai barat Pulau Sumatra untuk mitigasi bencana adalah berupa struktur bangunan pada rumah-rumah tradisional . Struktur bangunan rumah tersebut terbuat dari kayu dengan bagian bawah terdapat penyangga berupa batu sandi .Batu sandi atau disebut dengan Umpak tersebut biasanya dikombinasikan dengan material kayu, dan teknik sambungan sendi pada kerangka utama rumah dengan pasak sehingga membuat bangunan menjadi lentur.Hal ini digunakan sebagai peredam getaran dari tanah ketika terjadi gempa sehingga tidak berdampak pada bangunan rumah. Jadi, pilihan jawaban yang tepat adalah E.

Pesisir barat Pulau Sumatra merupakan wilayah yang dekat dengan zona subduksi antarlempeng. Hal ini menyebabkan wilayah tersebut rawan terhadap bencana geologi berupa gempa bumi dan tsunami. Untuk mengantisipasi dampak bencana tersebut, masyarakat pesisir pantai barat Pulau Sumatra memiliki beberapa kearifan lokal. Salah satu kearifan lokal yang diterapkan masyarakat pesisir pantai barat Pulau Sumatra untuk mitigasi bencana adalah berupa struktur bangunan pada rumah-rumah tradisional. Struktur bangunan rumah tersebut terbuat dari kayu dengan bagian bawah terdapat penyangga berupa batu sandi. Batu sandi atau disebut dengan Umpak tersebut biasanya dikombinasikan dengan material kayu, dan teknik sambungan sendi pada kerangka utama rumah dengan pasak sehingga membuat bangunan menjadi lentur. Hal ini digunakan sebagai peredam getaran dari tanah ketika terjadi gempa sehingga tidak berdampak pada bangunan rumah.

Jadi, pilihan jawaban yang tepat adalah E.

 

Latihan Bab

Pengantar Bencana

Jenis-Jenis Bencana

Siklus Manajemen Bencana

Manajemen Bencana di Indonesia

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

41

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Perhatikan bencana-bencana berikut ini! angin tornado gunung meletus kekeringan tsunami Bencana yang termasuk dalam jenis bencana geologis ditunjukkan oleh nomor ….

321

5.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2023 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia