Roboguru

Batik merupakan kain bergambar yang dibuat dengan ...

Batik merupakan kain bergambar yang dibuat dengan cara menuliskan malam pada kain. Mengapa batik menjadi bagian dari budaya global?undefined

Jawaban:

Batik merupakan kain bergambar yang pembuatannya dilakukan secara khusus dengan menuliskan atau menerapkan malam pada kain menggunakan alat yang disebut canting, kemudian diproses dengan cara khusus. Motif batik setiap daerah di Indonesia berbeda-beda dan tiap motifnya memiliki filosofi masing-masing. Contohnya adalah sebagai berikut.

  • Motif parang kusumo pada batik Yogyakarta yang menggambarkan ombak dilautan yang menghantam karang. Hal ini melambangkan sifat kuat yang selalu menghantam tebing dan karang di lautan. Arti filosofinya adalah hidup harus penuh dengan usaha dan perjuangan.
  • Motif mega mendung pada batik Cirebon yang menggambarkan awan mendung. Filosofinya adalah kehidupan harus dilalui bersama dengan sikap sabar, teduh, dan tidak mudah marah.

Pada tahun 2009, UNESCO mengakui batik sebagai warisan budaya dunia yang berasal dari Indonesia. Hal ini disebabkan oleh sifat batik yang kaya akan simbol dan filosofi kehidupan rakyat Indonesia. Batik juga dinilai sebagai bagian dari peradaban dunia karena telah berkembang lebih dari ratusan tahun yang lalu. Selain itu, batik dinilai memiliki tingkat artistik yang tinggi. Hal itulah yang menjadikan batik ditetapkan menjadi bagian dari budaya global.

0

Ruangguru

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved