Pertanyaan

Barang tambang yang terbentuk dari larutan hidrotermal adalah ....

Barang tambang yang terbentuk dari larutan hidrotermal adalah ....space 

  1. Pasir kuarsaspace 

  2. Tembagaspace 

  3. Aluminum

  4. Bauksitspace 

  5. Nikel

F. Seftiani

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Jakarta

Jawaban terverifikasi

Jawaban

jawaban yang tepat adalah pilihan B.

jawaban yang tepat adalah pilihan B.space

Pembahasan

Bahan tambang tersebut terbentuk dalam waktu ribuan hingga jutaan tahun di dalam kerak bumi melalui berbagai proses (genesa) yang berbeda.Menurut proses pembentukannya, bahan galian terdiri dari 5 jenis yaitu bahan galian Magmatik, Pegmatik, Metasomatik Kontak, Hidrotermal, dan Vulkanias. Bahan galian magmatik adalah bahan galian yang terbentuk akibat dari magma primer yang bersifat ultrabasa lalu mengalami pendinginan dan pembekuan sehingga terbentuklah mineral-mineral tambang.Contoh bahan galian tipe ini adalah intan, korundum dan kromit. Bahan galian pegamtit adalah bahan galian yang terbentuk dikarenakan hasil injeksi magma, kristalisasi dari suatu magma menyebabkan suatu perubahan konsentrasi dari bahan-bahan uap.Contoh bahan galian pegmatit antara lain besi, topaz, ruby, Au, Al, Li dan Sn. Bahan galian metamsomatis kontakterbentuk karena adanya kontak antara magma dengan batuan samping dimana terjadi penambahan bahan dari magma. Contoh bahan galiannya antara lainkuarsa monzonit, granodiorit, kuarsa diorit, granit, stock, batolit, lacolit dan sill. Bahan galian vulkanis adalah bahan galian yang terbentuk karena kegiatan vulkanisme seperti aliran lava, bahan valatil (uap air) dan sumber-sumber air panas. Contoh bahan galian antara lainkristal belerang dan air panas serta batu alam seperti batu beku, batu metamorf dan batu sedimen. Bahan galian hidrotermal terbentuk karena pengaruh larutan sisa magma yang kaya akan logam-logam berharga. Proses hidrotermal paling banyak menghasilkan bahan-bahan metal seperti emas, tembaga , perak dan seng. Jadi, jawaban yang tepat adalah pilihan B.

Bahan tambang tersebut terbentuk dalam waktu ribuan hingga jutaan tahun di dalam kerak bumi melalui berbagai proses (genesa) yang berbeda. Menurut proses pembentukannya, bahan galian terdiri dari 5 jenis yaitu bahan galian Magmatik, Pegmatik, Metasomatik Kontak, Hidrotermal, dan Vulkanias. 

  1. Bahan galian magmatik adalah bahan galian yang terbentuk akibat dari magma primer yang bersifat ultrabasa lalu mengalami pendinginan dan pembekuan sehingga terbentuklah mineral-mineral tambang. Contoh bahan galian tipe ini adalah intan, korundum dan kromit.
  2. Bahan galian pegamtit adalah bahan galian yang terbentuk dikarenakan hasil injeksi magma, kristalisasi dari suatu magma menyebabkan suatu perubahan konsentrasi dari bahan-bahan uap. Contoh bahan galian pegmatit antara lain besi, topaz, ruby, Au, Al, Li dan Sn.
  3. Bahan galian metamsomatis kontak terbentuk  karena adanya kontak antara magma dengan batuan samping dimana terjadi penambahan bahan dari magma. Contoh bahan galiannya antara lain kuarsa monzonit, granodiorit, kuarsa diorit, granit, stock, batolit, lacolit dan sill.
  4. Bahan galian vulkanis adalah bahan galian yang terbentuk karena kegiatan vulkanisme seperti aliran lava, bahan valatil (uap air) dan sumber-sumber air panas. Contoh bahan galian antara lain kristal belerang dan air panas serta batu alam seperti batu beku, batu metamorf dan batu sedimen.
  5. Bahan galian hidrotermal terbentuk karena pengaruh larutan sisa magma yang kaya akan logam-logam berharga. Proses hidrotermal paling banyak menghasilkan bahan-bahan metal seperti emas, tembaga, perak dan seng.

Jadi, jawaban yang tepat adalah pilihan B.space

343

0.0 (0 rating)

Iklan

Pertanyaan serupa

Mineral logam yang termasuk dalamlogam dasar adalah ....

118

0.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia