Roboguru

Banyaknya cara yang mungkin untuk menyusun tiga hu...

Banyaknya cara yang mungkin untuk menyusun tiga huruf dan huruf terakhir huruf vokal dari huruf-huruf yang disediakan begin mathsize 14px style straight B comma space straight E comma space straight N comma space straight D comma space straight E comma space straight R comma space straight A comma space straight K comma space straight U end style adalah ....undefined 

  1. 324undefined 

  2. 326undefined 

  3. 328undefined 

  4. 330

  5. 332undefined 

Jawaban:

Diketahui huruf penyusun kata BENDERAKU terdiri dari 9 huruf dengan huruf E ada 2. Selanjutnya diketahui juga akan dibentuk kata yang terdiri dari 3 huruf dengan syarat huruf terakhir adalah huruf vokal. Karena huruf vokal pada kata tersebut ada 4 (yaitu E, E, A, U) maka masalah tersebut dapat diselesaikan sebagai berikut.

Kasus 1. Huruf terakhir adalah huruf E. 
Karena huruf terakhir sudah dipastikan adalah huruf E, maka tersisa 8 huruf (B, E, N, D, R, A, K, U) untuk menempati 2 tempat tersisa. Tempat pertama dapat diisi oleh 8 huruf tersebut sedangkan tempat kedua dapat diisi oleh 7 huruf tersisa (sebab 1 huruf sudah digunakan di tempat pertama). Sehingga dengan aturan perkalian dapat ditentukan banyak susunan huruf yang mungkin yaitu begin mathsize 14px style 8 cross times 7 equals 56 end style kemungkinan.

Kasus 2. Huruf terakhir bukan huruf E (Huruf A atau U)
Karena huruf terakhir bukan huruf E berarti ada dua kemungkinan huruf yang dapat menempati posisi terakhir yaitu A atau E. Selanjutnya karena ada 2 huruf E maka untuk mengisi 2 tempat tersisa dapat dilakukan dengan prosedur seperti berikut. 

  • Jika huruf E hanya muncul sekali di dua tempat tersisa, maka tempat pertama dapat diisi oleh 7 huruf dan tempat kedua diisi oleh 6 huruf. Karena posisi terakhir ada dua kemungkinan maka banyak kemungkinannya untuk 3 tempat tersebut adalah begin mathsize 14px style 7 cross times 6 cross times 2 equals 84 end style kemungkinan.
  • Jika huruf E muncul dua kali maka tempat pertama dan kedua masing-masing diisi oleh satu huruf E, sehingga banyak kemungkinannya untuk 3 tempat tersebut adalah begin mathsize 14px style 1 cross times 1 cross times 2 equals 2 end style kemungkinan.

Dengan aturan penjumlahan dapat ditentukan banyaknya cara yang mungkin untuk menyusun tiga huruf dan huruf terakhir huruf vokal dari huruf-huruf yang disediakan begin mathsize 14px style BENDERAKU end style yaitu begin mathsize 14px style 56 plus 84 plus 2 equals 142 end style kemungkinan.

Jadi, tidak ada jawaban yang benar pada pilihan jawaban.

0

Ruangguru

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved