Roboguru

Banyak sentra kerajinan tenun ikat di Kediri yang ...

Banyak sentra kerajinan tenun ikat di Kediri yang gulung tikar. Kondisi ini disebabkan oleh faktor kalah bersaing dan tidak adanya generasi penerus. Oleh karena itu, pemerintah melakukan pemberdayaan bagi kelompok-kelompok perajin kain tenun ikat ini. Tujuan pemerintah melakukan pemberdayaan berdasarkan realitas tersebut adalah ....

  1. Mendorong masyarakat memproduksi tenun ikat sebanyak-banyaknya 

  2. Mengedukasi masyarakat cara membuat kain tenun menggunakan mesin

  3. Memberikan pelatihan keterampilan dan inovasi motif baru kepada perajin

  4. Mengedukasi masyarakat terutama generasi muda untuk memproduki kain tenun ikat

  5. Membantu masyarakat membuka cabang pembuatan kain tenun ikat di luar daerah

Jawaban:

Tujuan pemberdayaan masyarakat secara umum adalah:

  1. Perbaikan kelembagaan (better institution). Dengan perbaikan kegiatan/tindakan yang dilakukan, diharapkan akan memperbaiki kelembagaan, termasuk pengembangan jejaring kemitraan usaha. 
  2. Perbaikan usaha (better business). Perbaikan pendidikan (semangat belajar), perbaikan aksesibisnislitas, kegiatan dan perbaikan kelembagaan, diharapkan akan memperbaiki bisnis yang dilakukan.
  3. Perbaikan pendapatan (better income). Dengan terjadinya perbaikan bisnis yang dilakukan, diharapkan akan dapat memperbaiki pendapatan yang diperolehnya, termasuk pendapatan keluarga dan masyarakatnya.
  4. Perbaikan lingkungan (better environment). Perbaikan pendapatan diharapkan dapat memperbaiki lingkungan (fisik dan sosial), karena kerusakan lingkungan seringkali disebabkan oleh kemiskinan atau pendapatan yang terbatas. 
  5. Perbaikan kehidupan (better living). Tingkat pendapatan dan keadaan lingkungan yang membaik, diharapkan dapat memperbaiki keadaan kehidupan setiap keluarga dan masyarakat. 
  6. Perbaikan masyarakat (better community). Kehidupan yang lebih baik, yang didukung oleh lingkungan (fisik dan sosial) yang lebih baik, diharapkan akan terwujud kehidupan masyarakat yang lebih baik pula

Jadi, jawaban yang tepat adalah C

0

Ruangguru

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved