Roboguru

Banyak aliran sungai yang ada di sekitar Pegunungan Himalaya memiliki pola aliran sungai ….

Pertanyaan

Banyak aliran sungai yang ada di sekitar Pegunungan Himalaya memiliki pola aliran sungai ….

  1. annular

  2. dendritik

  3. radial

  4. sentripetal

  5. trellis

Pembahasan Soal:

Pegunungan Himalaya termasuk dalam pegunungan yang terbentuk akibat adanya tumbukan antara lempeng India dan Eurasia. Kedua lempeng ini merupakan lempeng benua. Pertemuan lempeng benua akan menghasilkan wilayah pegunungan lipatan, seperti yang terjadi pada Pegunungan Himalaya. Pola aliran sungai yang terbentuk di wilayah pegunungan lipatan adalah pola trellis.

Jadi, jawaban yang tepat adalah E.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

A. Irnawati

Terakhir diupdate 26 Juli 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Sungai Citarum (Ci Tarum) merupakan sungai terpanjang dan terbesar di Jawa Barat. Akan tetapi, sungai ini sempat dinobatkan sebagai salah satu sungai dengan tingkat polutan tertinggi di dunia. Salah s...

Pembahasan Soal:

Salah satu sumber polutan pada air Sungai Citarum adalah limbah industri tekstil yang berada di wilayah sekitarnya. Banyak industri yang membuang limbahnya langsung ke sungai tanpa diolah terlebih dahulu. Pemerintah dan berbagai lapisan masyarakat, termasuk pelaku industri perlu sadar akan pentingnya ekosistem sungai dan menjaga kelestariannya. Hal ini bisa dilakukan dengan mewajibkan para pelaku industri untuk mengolah limbahnya terlebih dahulu dan melarang masyarakat membuang sampah rumah tangganya ke sungai. Pemerintah harus memberikan sanksi yang tegas bagi pihak yang melanggar. Selain itu, pemerintah dan masyarakat perlu bekerja sama guna membersihkan Sungai Citarum dari polutan. Ada banyak hal lain yang bisa dilakukan guna menangani masalah pencemaran di Sungai Citarum. Tetapi, solusi-solusi tersebut perlu diterapkan secara tegas dan rutin agar bisa mencapai hasil yang maksimal dan mengembalikan ekosistem sungai.

Jadi, jawaban yang tepat adalah D.

0

Roboguru

Pembentukan atol yang merupakan sekumpulan terumbu karang yang secara bersama-sama melingkari atau mengelilingi laguna, berkaitan erat dengan kejadian ....

Pembahasan Soal:

Atol adalah sekumpulan terumbu karang yang secara bersama-sama melingkari atau mengelilingi laguna. Tahap awal pembentukan atol biasanya diawali dengan tumbuhnya terumbu karang di sekeliling gunung api yang muncul di tengah laut. Hal ini dikarenakan terumbu karang hanya bisa hidup pada laut yang dangkal. Kemudian, kenaikan permukaan laut menyebabkan pulau vulkanik itu tenggelam secara perlahan. Sementara itu, terumbu karang terus mengembangkan kalsium karbonatnya agar bisa bertumbuh dan mengimbangi kenaikan permukaan laut karena mereka hanya bisa hidup di perairan dangkal (kedalaman <45 meter). Bahkan, setelah pulau vulkanik tenggelam sepenuhnya, terumbu karang ini terus tumbuh sampai ke permukaan air laut dan menjadi atol. Wilayah perairan laut yang berada di tengah atol disebut sebagai laguna. Gambar proses pembentukan atol bisa dilihat pada gambar berikut ini!




Jadi, jawaban yang tepat adalah E.

0

Roboguru

Laju sedimentasi yang tinggi di daerah hilir menyebabkan terjadinya pendangkalan pada sungai. Jika hal ini terus berlanjut, banjir akan terjadi pada wilayah sekitarnya. Langkah yang tepat dilakukan gu...

Pembahasan Soal:

Wilayah hilir  sungai dicirikan dengan laju sedimentasi yang tinggi. Sebagian material endapan ini merupakan hasil erosi dari wilayah hulu atau tengah sungai. Laju erosi yang tinggi dari wilayah hulu atau tengah sungai biasanya disebabkan oleh laju perubahan lahan yang tinggi, seperti lahan hutan atau sempadan sungai yang beralih fungsi menjadi permukiman penduduk. Oleh sebab itu, laju erosi pada tebing sungai menjadi lebih tinggi. Kondisi ini menyebabkan material erosi terbawa oleh aliran sungai, terendapkan di wilayah hilir, dan sungai menjadi lebih dangkal. Langkah untuk mencegah sedimentasi di wilayah hilir sungai dapat dilakukan dengan berbagai hal. Salah satunya adalah dengan melakukan reboisasi pada wilayah hulu sungai, mencegah alih fungsi lahan hutan di wilayah hulu dan sempadan sungai, dan lain-lain. Tujuannya adalah mencegah terjadinya erosi pada tebing sungai dan mengurangi laju sedimentasi pada hilir sungai.

Jadi, jawaban yang tepat adalah E.

0

Roboguru

Perhatikan hal-hal berikut ini! Aliran air lambat Erosi vertikal kuat Sedimentasi tinggi Terletak di dataran tinggi   Karakteristik sungai pada daerah hilir ditunjukkan oleh nomor ….

Pembahasan Soal:

Daerah aliran sungai dapat dibagi menjadi tiga bagian, yaitu hulu, tengah, dan hilir. Wilayah hilir merupakan tempat berakhirnya sebuah aliran sungai. Wilayah hilir biasanya terletak pada wilayah dataran yang lebih rendah dan relatif luas. Biasanya, wilayah hilir dicirikan dengan:

  • Aliran air yang lambat dan tenang
  • Lembah sungai  berbentuk U
  • Adanya meander sungai
  • Tingkat sedimentasi tinggi
  • Erosi horizontal
  • Sungai yang cukup lebar dan relatif dangkal. undefined 

Berdasarkan penjelasan tersebut, maka jawaban yang tepat adalah B.

0

Roboguru

Perhatikan gambar berikut ini! (Sumber: http://www.personal.ceu.hu/students/03/nature_conservation/wwddetail/Types_classif.html) Gambar tersebut menunjukkan suatu badan air yang ada di permukaan b...

Pembahasan Soal:

Rawa di muka bumi memiliki karakteristik yang berbeda. Karakteristik yang bisa membedakan jenis-jenis rawa adalah salinitas air, jenis tanah, serta jenis tumbuhan dan hewan yang hidup di sana. Jenis rawa yang ada di bumi berdasarkan jenis tanahnya dapat dibagi menjadi:

  1. Tanah mineral: marsh dan swamp
  2. Tanah organik: bog dan fen undefined 

Gambar pada soal menunjukkan rawa marsh. Marsh merupakan tipe ekosistem rawa yang dicirikan dengan tanah mineral yang memiliki sistem drainase yang buruk. Marsh biasanya dapat ditemukan di muara sungai, terutama daerah dengan pembentukan delta yang tinggi. Tumbuhan yang mendominasi marsh adalah rerumputan, dan tumbuhan ini memperlambat aliran air, memungkinkan terjadinya endapan, dan memperkaya cadangan unsur hara. Kondisi ini bisa mendukung pengembangan marsh selanjutnya. Jawaban yang tepat adalah C.

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved