Iklan

Iklan

Pertanyaan

Bank Indonesia sebagai otoritas moneter berwenang mengeluarkan, mengedarkan, mencabut, menarik, serta memusnahkan uang rupiah dari peredaran. Peran bank Indonesia tersebut dalam sistem pembayaran berkedudukan sebagai ....

Bank Indonesia sebagai otoritas moneter berwenang mengeluarkan, mengedarkan, mencabut, menarik, serta memusnahkan uang rupiah dari peredaran. Peran bank Indonesia tersebut dalam sistem pembayaran berkedudukan sebagai .... undefined 

  1. operator   

  2. regulator   

  3. fasilitator   

  4. perizinan    

  5. pengawasan    

Iklan

D. Entry

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Jawaban

jawaban yang tepat adalah A.

jawaban yang tepat adalah A. undefined 

Iklan

Pembahasan

Pembahasan
lock

Salah satu peran Bank Indonesia adalah sebagai regulator dan fasilitator pengembangan sistem pembayaran Indonesia. Sebagai regulator, Bank Indonesia memastikan proses sistem pembayaran berjalan sesuai prosedur. Misalnya dengan menentukan jenis instrumen pembayaran yang dapat digunakan di Indonesia dan syarat-syarat keamanannya. Selain itu juga menerapkan sanksi terhadap pelanggaran ketentuan Bank Indonesia.Sebagai fasilitator pengembangan, Bank Indonesia berupaya melakukan penyempurnaan dan pengembangan terhadap sistem yang telah ada sesuai dengan perencanaan sistem pembayaran nasional. Upaya ini diwujudkan melalui kebijakan, pengembangan mekanisme, peningkatan efisiensi pelayanan jasa sistem pembayaran, dan lain-lain. Jadi, jawaban yang tepat adalah A.

Salah satu peran Bank Indonesia adalah sebagai regulator dan fasilitator pengembangan sistem pembayaran Indonesia. Sebagai regulator, Bank Indonesia memastikan proses sistem pembayaran berjalan sesuai prosedur. Misalnya dengan menentukan jenis instrumen pembayaran yang dapat digunakan di Indonesia dan syarat-syarat keamanannya. Selain itu juga menerapkan sanksi terhadap pelanggaran ketentuan Bank Indonesia. Sebagai fasilitator pengembangan, Bank Indonesia berupaya melakukan penyempurnaan dan pengembangan terhadap sistem yang telah ada sesuai dengan perencanaan sistem pembayaran nasional. Upaya ini diwujudkan melalui kebijakan, pengembangan mekanisme, peningkatan efisiensi pelayanan jasa sistem pembayaran, dan lain-lain.

Jadi, jawaban yang tepat adalah A. undefined 

Latihan Bab

Bank Sentral

Peran Bank Indonesia dalam Sistem Pembayaran

Sejarah Uang

Syarat, Fungsi, Nilai, dan Jenis Uang

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

3rb+

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Perhatikan pernyataan berikut! Regulator Perizinan Penyelidikan Operator Consumer Peran Bank Indonesia dalam sistem pembayaran ditunjukkan oleh nomor ….

147

0.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2023 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia