Roboguru

Banjir di Jakarta adalah contoh dari rusaknya daya dukung lingkungan, dalam hal ....

Pertanyaan

Banjir di Jakarta adalah contoh dari rusaknya daya dukung lingkungan, dalam hal ....undefined 

  1. kurangnya sungaiundefined 

  2. kurangnya saluran air limbah rumah tanggaundefined 

  3. kurang maksimalnya tata ruang kotaundefined 

  4. kurangnya daerah serapan airundefined 

  5. kurang disiplinnya warga dalam menjaga kebersihanundefined 

Pembahasan Video:

Pembahasan Soal:

Daya dukung lingkungan adalah Kemampuan lingkungan untuk mendukung perikehidupan semua makhluk hidup yang meliputi ketersediaan sumberdaya alam untuk memenuhi kebutuhan dasar atau tersedianya cukup ruang untuk hidup pada tingkat kestabilan sosial tertentu disebut daya dukung lingkungan. Dalam menentukan daya dukung kawasan perlu melibatkan banyak aspek, karena sangat bersifat kompleks yang melibatkan banyak faktor dalam menggambarkan interkasi antara kegiatan dengan ekosistem. Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam pemeliharaan dan pengembangan lingkungan adalah memanfaatkan sumberdaya alam yang dapat diperbaharui dengan hati-hati dan efisien, menggunakan bahan pengganti, mengembangkan metode penambangan dan pemprosesan yang lebih efisien serta dapat didaur ulang, dan melaksanakan etika lingkungan dengan menjaga kelestarian alam.

Kerusakan daya dukung lingkungan akan mengakibatkan degradasi lingkungan. Salah satu contoh degradasi lingkungan adalah terjadinya banjir di wilayah Jakarta. Tingginya proses pembangunan membuat lahan semakin terbatas dan daerah resapan air yang semakin berkurang. Sehingga pada musim penghujan, potensi banjir dapat terjadi setiap tahunnya.
 

Jadi, jawaban yang tepat adalah D.  

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

N. Puspita

Terakhir diupdate 30 Agustus 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Rio Declaration on Environment and Development (Deklarasi Rio) dan Agenda 21 adalah hasil dari . . . .

Pembahasan Soal:

Rio Declaration on Environment and Development atau Deklarasi Rio tentang Lingkungan dan Pembangunan (Deklarasi Rio) dan Agenda 21 merupakan dokumen pendek yang dihasilkan "Konferensi Lingkungan dan Pembangunan" Perserikatan Bangsa-Bangsa, yang secara informal dikenal sebagai KTT Bumi tahun 1992.

Jadi, jawaban yang benar adalah C.space 

Roboguru

Perhatikan kegiatan berikut! 1) Pembangunan kawasan industri. 2) Pembukaan lahan untuk kegiatan pertambangan. 3) Pengembangan lahan sawit di kawasan hutan gambut. 4) Pengembangan kawasan pertanian...

Pembahasan Soal:

Berdasarkan Peraturan Menteri Lingkungan Hidup Nomor 5 Tahun 2012, rencana usaha atau kegiatan yang wajib memiliki AMDAL adalah kegiatan yang berdampak penting bagi lingkungan.  Pembangunan kawasan industri, pembukaan lahan untuk kegiatan pertambangan, dan pengembangan lahan sawit di kawasan hutan gambut merupakan contoh dari kegiatan-kegiatan yang wajib memiliki AMDAL. Pengembangan kawasan pertanian dalam skala besar juga memerlukan AMDAL sebab berpotensi memengaruhi lingkungan sekitarnya, meskipun pada pertanian yang berskala kecil tidak membutuhkan izin AMDAL. Berdasarkan penjelasan tersebut, maka jawaban yang benar adalah B.

Roboguru

Berikut ini yang merupakan ciri dari jenis AMDAL multisektoral adalah ...

Pembahasan Soal:

Diantara berbagai jenisnya, terdapat jenis AMDAL yang berlaku bagi suatu rencana kegiatan pembangunan yang bersifat terpadu, yaitu adanya keterkaitan dalam hal perencanaan, pengelolaan dan proses produksi, serta berada dalam satu kesatuan ekosistem dan melibatkan kewenangan lebih dari satu instansi. Sebagai contoh adalah satu kesatuan kegiatan pabrik pulp dan kertas yang kegiatannya terkait dengan proyek hutan tanaman industri (HTI) untuk penyediaan bahan bakunya, pembangkit tenaga listrik uap (PLTU) untuk menyediakan energi, dan pelabuhan untuk distribusi produksinya. Pada kasus tersebut terlihat adanya keterlibatan lebih dari satu instansi, yaitu Dinas Perindustrian, Dinas Kehutanan, Dinas Pertambangan dan Dinas Perhubungan. Jenis AMDAL ini disebut AMDAL terpadu atau AMDAL multisektoral.

Jadi, jawaban yang tepat adalah pilihan D.

Roboguru

Lahan untuk pemenuhan kebutuhan manusia semakin terbatas. Agar kebutuhan lahan dan ruang terbuka hijau terpenuhi dapat dilakukan pembangunan secara vertikal melalui ....

Pembahasan Soal:

Pembangunan vertikal adalah pembangunan tegak lurus dari atas ke bawah atau sebaliknya. Hal ini dilakukan dalam upaya meminimalisasi penggunaan lahan secara berlebih. Contoh penerapan pembangunan vertikal adalah dengan membuat rumah susun. Rumah susun adalah bangunan vertikal dengan fungsi utama sebagai hunian. Rumah susun ini bisa menjadi solusi atas lahan yang terbatas sekaligus peningkatan jumlah penduduk yang drastis. Melalui adanya rumah susun, lahan dan ruang terbuka hijau pun dapat tersedia.

Jadi, jawaban yang tepat adalah D.

Roboguru

lstilah pembangunan berkelanjutan pertama kali diperkenalkan oleh ...

Pembahasan Soal:

lstilah pembangunan berkelanjutan pertama kali diperkenalkan oleh World Commission on Environment and Development (WCED) dalam laporan Brundland yang berjudul "Our Common Future" (Masa Depan Kita bersama). Menurut komisi ini, pembangunan berkelanjutan adalah pembangunan yang memenuhi kebutuhan generasi sekarang tanpa mengurangi kemampuan generasi yang akan datang untuk memenuhi kebutuhannya.space

Jadi, jawaban yang benar adalah A.space 

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved