Iklan

Iklan

Pertanyaan

Banjir bandang yang melanda kota Padang dan Kabupaten Padang PariamanSumatera Barat 24 Juli 2012, berakibat rusaknya pemukiman penduduk, perkantoran, dan saluran irigasi di daerah tersebut. Pendekatan geografi yang digunakan untuk mengkaji fenomena tersebut adalah ....

Banjir bandang yang melanda kota Padang dan Kabupaten Padang Pariaman Sumatera Barat 24 Juli 2012, berakibat rusaknya pemukiman penduduk, perkantoran, dan saluran irigasi di daerah tersebut. 

Pendekatan geografi yang digunakan untuk mengkaji fenomena tersebut adalah ....

  1. pendekatan korolasi

  2. pendekatan keruangan

  3. pendekatan kompleks kewilayahan

  4. pendekatan regional

  5. pendekatan kelingkungan

Iklan

A. Acfreelance

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Jawaban

jawaban yang tepat adalah pendekatan keruangan.

jawaban yang tepat adalah pendekatan keruangan.

Iklan

Pembahasan

Ada tiga pendekatan dalam ilmu geografi yang kita harus ketahui. Masing-masing pendekatan memiliki karakteristiknya masing-masing. Berikut adalah penjelasan dari setiap macam pendekatan pada geografi: Pendekatan Ekologi adalah pendekatan yang berfokus pada hubungan antara manusia dengan lingkungannya. Contohnya adalah terjadinya banjir di Jakarta akibat alih fungsi lahan pada hilir DAS Ciliwung atau menurunnya kualitas sungai Musi akibat adanya permukiman penduduk di bantaran sungai yang tidak melestarikan sungai. Pendekatan Keruangan adalah pendekatan yang membahas mengenai fenomena di permukaan bumi berdasarkan sudut pandang keruangan, seperti lokasi, persebaran, dan interaksi spasial. Contohnya adalah harga tanah yang ada di pinggir jalan besar akan lebih mahal harganya dibanding dengan harga bidang tanah yang terletak di jalan lokal atau persebaran dari fenomena tertentu di permukaan bumi. Pendekatan Kompleks Wilayah merupakan perpaduan antara pendekatan keruangan dan ekologi yang berfungsi untuk menyelesaikan masalah yang lebih kompleksdi permukaan bumi dengan lebih komprehensif.Contohnya fenomena erosi yang terjadi di Garut yang menyebabkan banyak kerugiandisebabkan karena faktor curah hujan yang tinggi dan tata guna lahan yang salah pada wilayah yang berlereng curam. Pada soal dijelaskan mengenai gempa yang terjadi di Kota Padang dan Kabupaten Padang Pariaman yang menyebabkan berbagai kerugian. Hal ini menunjukkan adanya persebaran fenomena gempa yang terjadi di beberapa wilayah di Sumatra Barat. Oleh karena itu jawaban yang tepat adalah pendekatan keruangan.

Ada tiga pendekatan dalam ilmu geografi yang kita harus ketahui. Masing-masing pendekatan memiliki karakteristiknya masing-masing. Berikut adalah penjelasan dari setiap macam pendekatan pada geografi:

  1. Pendekatan Ekologi adalah pendekatan yang berfokus pada hubungan antara manusia dengan lingkungannya. Contohnya adalah terjadinya banjir di Jakarta akibat alih fungsi lahan pada hilir DAS Ciliwung atau menurunnya kualitas sungai Musi akibat adanya permukiman penduduk di bantaran sungai yang tidak melestarikan sungai.
  2. Pendekatan Keruangan adalah pendekatan yang membahas mengenai fenomena di permukaan bumi berdasarkan sudut pandang keruangan, seperti lokasi, persebaran, dan interaksi spasial. Contohnya adalah harga tanah yang ada di pinggir jalan besar akan lebih mahal harganya dibanding dengan harga bidang tanah yang terletak di jalan lokal atau persebaran dari fenomena tertentu di permukaan bumi.
  3. Pendekatan Kompleks Wilayah merupakan perpaduan antara pendekatan keruangan dan ekologi yang berfungsi untuk menyelesaikan masalah yang lebih kompleks di permukaan bumi dengan lebih komprehensif. Contohnya fenomena erosi yang terjadi di Garut yang menyebabkan banyak kerugian disebabkan karena faktor curah hujan yang tinggi dan tata guna lahan yang salah pada wilayah yang berlereng curam.

Pada soal dijelaskan mengenai gempa yang terjadi di Kota Padang dan Kabupaten Padang Pariaman yang menyebabkan berbagai kerugian. Hal ini menunjukkan adanya persebaran fenomena gempa yang terjadi di beberapa wilayah di Sumatra Barat. Oleh karena itu jawaban yang tepat adalah pendekatan keruangan.

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

680

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Banjir bandang yang melanda kota Padang dan kabupaten Padang Pariaman Sumatera Barat 24 Juli 2012, berakibat rusaknya pemukiman penduduk, perkantoran, dan saluran irigasi di daerah tersebut. Pendek...

7

0.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

[email protected]

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia