Roboguru

Bangsa Indonesia memiliki landasan konstitusional dalam berbangsa dan bernegara sejak ...

Pertanyaan

Bangsa Indonesia memiliki landasan konstitusional dalam berbangsa dan bernegara sejak ...

  1. 17 Agustus 1945

  2. 18 Agustus 1945

  3. 19 Agustus 1945

  4. 20 Agustus 1945

  5. 21 Agustus 1945

Pembahasan Soal:

Bangsa Indonesia mulai memiliki landasan konstitusional mulai sejak tanggal 18 Agustus 1945. UUD 1945 merupakan landasan konstitusional Republik Indonesia yang masih digunakan hingga saat ini. UUD 1945 menjadi landasan konstitusional pada saar PPKI melaksanakan sidang pertama. Hasil dari sidang tersebut adalah menetapkan dan mengesahkan UUD 1945, memilih Sukarno sebagai presiden dan Moh. Hatta sebagai wakil presiden, serta membentuk Komite Nasional Indonesia Pusat (KNIP).

Jadi, jawaban yang tepat adalah B.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

A. Acfreelance

Mahasiswa/Alumni Universitas Airlangga

Terakhir diupdate 12 September 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Dalam sidang PPKI disepakati adanya perubahan pada Pasal 6 Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia tahun 1945 yaitu tentang….

Pembahasan Soal:

Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia atau PPKI adalah panitia yang bertugas untuk mempersiapkan kemerdekaan Indonesia setelah bubarnya BPUPKI (Badan Penyelidik Usaha-Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia). PPKI dibentuk pada 7 Agustus 1945. PPKI melakukan sidang pertama pada 18 Agustus 1945 di Gedung Pancasila. Pembahasan utama dalam sidang ini adalah Pasal 6 Ayat 1 tentang calon Presiden dan Wakil Presiden beragama Islam. Dilanjutkan dengan revisi Pasal 29 Ayat 1 tentang agama yang sebelumnya berbunyi, “Ketuhanan dengan kewajiban menjalankan syari’at Islam bagi pemeluk-pemeluknya". Menyadari keberagaman yang ada di Indonesia Hatta membujuk salah seorang anggota PPKI sekaligus pemimpin Muhammadiyah Jawa, Ki Bagus Hadikusumo supaya tidak berkeberatan jika kalimat-kalimat yang meruncing ke arah Islam dihilangkan. Hal ini dilakukan karena bangsa Indonesia tidak hanya terdiri dari golongan Islam saja, melainkan beragam agama dan kepercayaan. Demi persatuan dan kesatuan bangsa para tokoh Islam menyetujui penghapusan kalimat tersebut. 

Dengan demikian, perubahan pada Pasal 6 UUD NRI tahun 1945 yang dibahas dalam sidang pertama PPKI berisi tentang penghapusan kalimat-kalimat yang meruncing ke arah Islam.

0

Roboguru

Tokoh yang mengusulkan secara aklamasi presiden dan wakil presiden RI adalah Soekarno dan Hatta adalah ….

Pembahasan Soal:



Penetapan secara aklamasi Soekarno dan Hatta sebagai Presiden dan wakil Presiden RI pada rapat PPKI, tersebut dilakukan usai Otto Iskandardinata mengusulkan agar bung karno menjadi presiden dan Bung Hatta menjadi wakilnya. Alasan Otto ketika itu, karena keduanya menjadi ketua dan wakil ketua PPKI.

Jadi, jawaban yang tepat adalah A.

0

Roboguru

Sebutkan hasil sidang PPKI yang pertama ...

Pembahasan Soal:

Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia (PPKI) yang dibentuk pada 7 Agustus 1945 oleh Jepang, merupakan wujud lain realisasi Jepang atas janji kemerdekaanya. Oleh sebab itu, PPKI kelak melaksanakan tiga kali sidang, tepatnya yang terjadi pada 18, 19 dan 22 Agustus 1945, selepas kemerdekaan Indonesia. Adapun di sidang pertama yang digelar pada 18 Agustus 1945, PPKI menghasilkan putusan :

  • mengesahkan Undang-Undang Dasar 1945 sebagai konstitusi negara, 
  • memilih Soekarno dan Hatta sebagai presiden dan wakil presiden, dan 
  • membentuk Komite Nasional untuk membantu tugas presiden sebelum terbentuk DPR dan MPR.

Dengan demikian, sebagai lanjutan dari lembaga yang dibentuk Jepang untuk mewujudkan janji kemerdekaan, setelah berakhirnya tugas BPUPKI maka dibentuklah PPKI pada 7 Agustus 1945. Adapun sidang PPKI yang pertama, tepatnya di tanggal 18 Agustus menghasilkan beberapa putusan antara lain berkaitan dengan penetapan UUD 1945 sebagai konstitusi negara, penetapan presiden dan wakil presiden serta pembentukan Komite Nasional sebagai pembantu presiden.

1

Roboguru

Perhatikan informasi berikut!   Menunjuk secara aklamasi presiden dan wakil presiden pertama, yakni Sukarno dan Mohammad Hatta.  Membentuk Barisan Keamanan Rakyat. Menetapkan Undang-Undang Dasar ...

Pembahasan Soal:

Sidang PPKI yang pertama dilaksanakan pada 18 Agustus 1945 di Gedung Road van Indie di Jalan Pejambon, Jakarta.
Hasil sidang PPKI yang pertama antara lain :

  1. Mengesahkan UUD 1945;
  2. Tugas presiden sementara dibantu oleh Komite Nasional sebelum dibentuknya MPR dan DPR;
  3. Mengangkat Presiden dan Wakil Presiden.

Berdasarkan penjelasan tersebut maka menunjuk pada pilihan di soal hasil dari Sidang PPKI yang pertama tanggal 18 Agustus 1945 terdapat pada nomer 1 dan 3l.

Jadi, jawaban yang tepat adalah B.

1

Roboguru

Kesepakatan yang dihasilkan dalam sidang pertama PPKI pada 18 Agustus 1954 ditunjukkan oleh pasangan ...

Pembahasan Soal:

Sidang PPKI dilaksanakan 3 (tiga) kali, yakni pada tanggal 18, 19 dan 22 Agustus 1945. Tiap sidang menghasilkan ide, gagasan dan keputusan berbeda yang dibahas, meliputi pembentukan konstitusi, struktur pemerintahan, komite nasional dan pasukan negara. Berikut merupakan beberapa keputusan dan hasil sidang PPKI pada tanggal 18 Agustus 1945 atau hasil sidang PPKI yang pertama., yaitu mengesahkan UUD 1945, mengangkat Soekarno sebagai Presiden dan Moh. Hatta sebagai Wakil Presiden dan membentuk Komite Nasional. 

Jadi, jawaban yang tepat adalah B.space space 

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved