Roboguru

Bangsa Indonesia lahir dan bangkit melalui sejarah perjuangan bangsa yang pernah dijajah oleh bangsa ...

Pertanyaan

Bangsa Indonesia lahir dan bangkit melalui sejarah perjuangan bangsa yang pernah dijajah oleh bangsa ... space

  1. Inggris dan Perancis space

  2. Belanda dan Perancis space

  3. Belanda dan Jepang space

  4. Jepang dan Korea Selatan space

Pembahasan Soal:

Bangsa Indonesia telah mengalami penjajahan selama sekian abad lamanya. Bangsa-bangsa yang pernah menjajah Indonesia adalah Belanda dan Jepang. Belanda pertama kali berlabuh di Banten pada tahun 1596 di bawah pimpinan Corneliz de Houtman. Pada awalnya, kedatangan Belanda ke Indonesia hanya untuk berdagang. Hal ini dikarenakan wilayah Indonesia yang terkenal sebagai penghasil rempah-rempah sehingga menjadi tujuan banyak negara-negara Barat, salah satunya adalah Belanda. Usaha monopoli perdagangan rempah-rempah di Nusantara dilakukan oleh kongsi dagang Belanda, yaitu Verenigde Oostindische Compagnie (VOC). Setelah dibubarkannya VOC pada tahun 1799, Belanda mulai melakukan penjajahan di Nusantara sejak tahun 1800 hingga tahun 1942.

Memasuki awal tahun 1942, Jepang mulai memasuki Hindia Belanda atau Indonesia, tepatnya di wilayah Tarakan, Kalimantan Timur. Kedatangan Jepang ke Indonesia ditenggarai oleh keinginan untuk menguasai minyak bumi yang akan digunakan dalam Perang Dunia II melawan Sekutu. Setelah beberapa bulan berperang melawan Belanda, akhirnya Belanda menyerah dan memberikan wilayah Hindia Belanda kepada Jepang lewat Perjanjian Kalijati pada tanggal 8 Maret 1942. Sejak saat itulah Jepang mulai menjajah Indonesia hingga 1945.

Jadi, berdasarkan jawaban di atas, jawaban yang tepat adalah C.space 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

A. Acfreelance

Terakhir diupdate 30 Agustus 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Tokoh yang mengusulkan didirikannya kongsi dagang VOC adalah...

Pembahasan Soal:

Diketahui bahwa setelah Cornelis de Hutman datang ke Nusantara pada tahun 1596, banyak rombongan Belanda yang datang ke Nusantara. Demi menghindari persaingan dagang, kemudian didirikanlah VOC. Johan Van Oldenbarnevelt adalah orang yang mengusulkan dibentuknya VOC.  VOC (Vereenigde Oost-Indische Compagnie) merupakan Kongsi Dagang atau Perusahaan Hindia Timur Belanda yang berdiri pada tanggal 20 Maret 1602. Pemerintah Belanda memberikan beberapa hak istimewa untuk VOC dalam menjalankan perdagangan di Hindia Belanda. Beberapa hak istimewa tersebut yaitu:

  1. hak monopoli perdagangan,
  2. hak membentuk angkatan perang,
  3. hak mencetak dan mengeluarkan mata uang,
  4. hak mengadakan perjanjian dengan raja,
  5. hak memerintah di Nusantara,
  6. hak ekspansi benteng,
  7. hak menentukan perang atau damai, dan
  8. hak mengangkat dan memberhentikan pegawai.

Jadi, jawaban yang tepat adalah C.

Roboguru

Peran penting Prints Maurits dalam aktivitas perdagangan di dunia Timur adalah ....

Pembahasan Soal:

Prins Maurits merupakan wali negara Belanda dalam Staaten General (parlemen). Prins Maurits adalah tokoh yang mencetuskan pembentukan VOC (Vereenigde Oost Indische-Compagnie). Menurutnya, perlu adanya kerja sama antar kongsi dagang untuk membentuk perusahaan dagang yang lebih besar.

Roboguru

Dalam VOC terdapat istilah Heeren Zeventien yang memiliki kedudukan penting. Keterangan yang terkait dengan Heeren Zeventien ditunjukkan oleh pilihan ...

Pembahasan Soal:

Heeren Zeventien merupakan pengurus pusat dari VOC. Heeren Zeventien terdiri dari tujuh belas orang. Heeren Zeventien memiliki delegasi dari setiap bagian (kamers) VOC. Kamers terdiri dari enam bagian yaitu Amsterdam, Middleburg, Enkhuizen, Delft, Hoorn, dan Rotterdam.

Roboguru

Kapan VOC di bangun?

Pembahasan Soal:

Kongsi Dagang atau Perusahaan Hindia Timur Belanda, secara resmi bernama Persatuan Perusahaan Hindia Timur/Vereenigde Oostindische Compagnie (VOC) didirikan pada 20 Maret 1602. VOC adalah persekutuan dagang asal Belanda yang memiliki monopoli untuk aktivitas perdagangan di Asia. Perusahaan ini dianggap sebagai perusahaan multinasional pertama di dunia sekaligus merupakan perusahaan pertama yang mengeluarkan sistem pembagian saham. Meskipun sebenarnya VOC merupakan sebuah persekutuan badan dagang saja, tetapi badan dagang ini istimewa karena didukung oleh negara dan diberi fasilitas serta hak-hak istimewa (octrooi). Misalnya VOC boleh memiliki tentara, memiliki mata uang, bernegosiasi dengan negara lain hingga menyatakan perang dll.

Dengan demikian VOC dibangun pada tanggal 20 Maret 1602.

Roboguru

Sebagai sebuah kongsi dagang yang memiliki hak oktroi, hal ini menunjukkan bahwa VOC memiliki hak-hak istimewa dan kewenangan yang sangat luas. VOC sebagai kongsi dagang bagaikan negara dalam negara. ...

Pembahasan Soal:

Pada abad ke-17 hingga awal abad ke-18, VOC mengalami puncak kejayaan. Penguasa dan kerajaan-kerajaan lokal berhasil dikuasai. Kerajaan-kerajaan itu sudah menjadi bawahan dan pelayan kepentingan VOC. Jalur perdagangan yang dikendalikan VOC menyebar luas membentang dari Amsterdam, Tanjung Harapan, India sampai Irian/Papua. Keuntungan perdagangan rempah-rempah juga melimpah. Namun di balik itu ada persoalan-persoalan yang bermunculan. Semakin banyak daerah yang dikuasai ternyata juga membuat pengelolaan semakin kompleks. Semakin luas daerahnya, pengawasan juga semakin sulit dan menghabiskan banyak biaya. 

Dengan demikian, maka jawaban yang tepat adalah A.

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved