Iklan

Iklan

Pertanyaan

Bangsa asing ingin menguasai bangsa Indonesia karena kaya rempah-rempah/ hasilbumi, seperti...

Bangsa asing ingin menguasai bangsa Indonesia karena kaya rempah-rempah/ hasil bumi, seperti...

Iklan

L. Nikmah

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Pendidikan Indonesia

Jawaban terverifikasi

Jawaban

beberapa rempah-rempah atau hasil bumi yang membuat bangsa asing tertarik dan berlomba-lomba menguasai bangsa Indonesia, seperti lada, cengkeh, kayu manis, pala, vanila, jahe, dan kunyit yang memiliki nilai jual tinggi sekaligus bermanfaat bagi kesehatan dan penyedap makanan.

beberapa rempah-rempah atau hasil bumi yang membuat bangsa asing tertarik dan berlomba-lomba menguasai bangsa Indonesia, seperti lada, cengkeh, kayu manis, pala, vanila, jahe, dan kunyit yang memiliki nilai jual tinggi sekaligus bermanfaat bagi kesehatan dan penyedap makanan.

Iklan

Pembahasan

Bangsa asing berlomba-lomba untuk menguasai dan memonopoli perdagangan di Indonesia karena kekayaan rempah-rempah atau hasil bumi yang dimiliki, seperti. Lada, di Indonesia tanaman lada banyak tersebar di Aceh, Jambi, Kalimantan Barat, Kalimantan Timur, Lampung, Nusa Tenggara Barat, Sulawesi Selatan. Kemudian Sulawesi Tenggara, Sumatera Selatan, Sumatera Utara, dan Daerah Istimewa Yogyakarta. Lada menjadi salah satu komoditas ekspor Eropa yang bernilai jual tinggi. Cengkeh merupakana tanaman asli Indonesia dari Kepulauan Maluku, Cengkeh pernah menjadi rempah populer dan mahal di masa awal ekspansi Portugis. Waktu itu warga sama dengan harga sebatang emas. Di Indonesia cengkeh ada disejumlah wilayah, yakni Jambi, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, Maluku, NTT, Papua, Riau, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Utara, Sumatera Selatan, dan DIY. Kayu manismerupakan rempah yang memiliki aroma harus dan rasanya yang khas. Itu membuat kayu manis biasa dipakai sebagai pelengkap kue atau minuman. Kayu manis tersebar di sejumlah wilayah, yakni Jambi, Sumatera Barat dan DIY. Pala merupakan tanaman khas Banda dan Maluku. Tapi penyebarannya di sejumlah wilayah, yakni Bengkulu, Maluku, Papua, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, dan Sulawesi Utara. Selain berfungsi sebagai rempah-rempah, pala juga digunakan sebagai bumbu penyedap kue, minuman penyegar, dibuat manisan hingga dijadikan sebagai bahan pengawet. Vanila merupakan rempah yang bukan khas Indonesia tetapi Meksiko. Namun, di Indonesia banyak dibudidayakan di sejumlah wilayah, seperti Jawa Timur, Lampung, NTT, Jawa Tengah, Jawa Tengah, dan DIY. Jahe menjadi salah satu komoditas rempah unggulan Indonesia. Jahe memiliki khasiat bagi kesehatan terutama digunakan sebagai bahan obat herbal. Kunyit merupakan tanaman yang dipakai untuk pengobatan. Di Asia Tenggara, kunyit tidak hanya digunakan untuk bumbu utama tetapi juga sebagai komponen upacara religius. Dengan demikian, beberapa rempah-rempah atau hasil bumi yang membuat bangsa asing tertarik dan berlomba-lomba menguasai bangsa Indonesia, seperti lada, cengkeh, kayu manis, pala, vanila, jahe, dan kunyit yang memiliki nilai jual tinggi sekaligus bermanfaat bagi kesehatan dan penyedap makanan.

Bangsa asing berlomba-lomba untuk menguasai dan memonopoli perdagangan di Indonesia karena kekayaan rempah-rempah atau hasil bumi yang dimiliki, seperti.

  1. Lada, di Indonesia tanaman lada banyak tersebar di Aceh, Jambi, Kalimantan Barat, Kalimantan Timur, Lampung, Nusa Tenggara Barat, Sulawesi Selatan. Kemudian Sulawesi Tenggara, Sumatera Selatan, Sumatera Utara, dan Daerah Istimewa Yogyakarta. Lada menjadi salah satu komoditas ekspor Eropa yang bernilai jual tinggi.
  2. Cengkeh merupakana tanaman asli Indonesia dari Kepulauan Maluku, Cengkeh pernah menjadi rempah populer dan mahal di masa awal ekspansi Portugis. Waktu itu warga sama dengan harga sebatang emas. Di Indonesia cengkeh ada disejumlah wilayah, yakni Jambi, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, Maluku, NTT, Papua, Riau, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Utara, Sumatera Selatan, dan DIY.
  3. Kayu manis merupakan rempah yang memiliki aroma harus dan rasanya yang khas. Itu membuat kayu manis biasa dipakai sebagai pelengkap kue atau minuman. Kayu manis tersebar di sejumlah wilayah, yakni Jambi, Sumatera Barat dan DIY. 
  4. Pala merupakan tanaman khas Banda dan Maluku. Tapi penyebarannya di sejumlah wilayah, yakni Bengkulu, Maluku, Papua, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, dan Sulawesi Utara. Selain berfungsi sebagai rempah-rempah, pala juga digunakan sebagai bumbu penyedap kue, minuman penyegar, dibuat manisan hingga dijadikan sebagai bahan pengawet.
  5. Vanila merupakan rempah yang bukan khas Indonesia tetapi Meksiko. Namun, di Indonesia banyak dibudidayakan di sejumlah wilayah, seperti Jawa Timur, Lampung, NTT, Jawa Tengah, Jawa Tengah, dan DIY.
  6. Jahe menjadi salah satu komoditas rempah unggulan Indonesia. Jahe memiliki khasiat bagi kesehatan terutama digunakan sebagai bahan obat herbal.
  7. Kunyit merupakan tanaman yang dipakai untuk pengobatan. Di Asia Tenggara, kunyit tidak hanya digunakan untuk bumbu utama tetapi juga sebagai komponen upacara religius.

Dengan demikian, beberapa rempah-rempah atau hasil bumi yang membuat bangsa asing tertarik dan berlomba-lomba menguasai bangsa Indonesia, seperti lada, cengkeh, kayu manis, pala, vanila, jahe, dan kunyit yang memiliki nilai jual tinggi sekaligus bermanfaat bagi kesehatan dan penyedap makanan.

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

1

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Latar belakang kedatangan bangsa Barat ke Indonesia adalah ....

17

4.6

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

[email protected]

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia