Iklan

Iklan

Pertanyaan

Bangsa Arya merupakan kaum yang memiliki peran penting dalam kemunculan agama Hindu di India. Mereka datang secara berkelompok melalui ...

Bangsa Arya merupakan kaum yang memiliki peran penting dalam kemunculan agama Hindu di India. Mereka datang secara berkelompok melalui ...

  1. Jalur Sutra

  2. Celah Khybe

  3. Sungai Gangga

  4. Pegunungan Himalaya

  5. Dataran Tinggi Tibet

Iklan

C. Sianturi

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Jawaban

jawaban yang tepat adalah B.

 jawaban yang tepat adalah B.

Iklan

Pembahasan

Bangsa Arya datang di daerah hulu sungai Sindhu atau Punjab sekitar 1.500 SM. Kelompok Bangsa Arya yang datang melalui melalui Celah Khyber pada mulanya merupakan bangsa pengembara. Pada saat itu di daerah Sungai Sindhuterdapat satu peradaban yang sudah maju, yakni bangsa Dravida. Kedatangan bangsa Arya ke Punjab disertai dengan pertempuran-pertempuran dengan bangsa Dravida. Bangsa Dravida disebut sebagai dasyu (budak) yang menandakan bahwa mereka telah ditaklukan oleh bangsa Arya. Dalam perkembangannya, ketika daerah Punjab tidak lagi mencukupi untuk ditinggali, maka bangsa Arya mulai menyebar ke arah tenggara memasuki daerah Sungai Gangga dan Yamuna melewati Celah Khybe. Dari sana, mulai terjadi percampuran antara bangsa Arya dan bangsa Dravida yang menjadi dasar dari terbentuknya kebudayaan Hindu. Jadi, bangsa Arya datang ke India secara berkelompok melaluiCelah Khybe. Dengan demikian,jawaban yang tepat adalah B.

Bangsa Arya datang di daerah hulu sungai Sindhu atau Punjab sekitar 1.500 SM. Kelompok Bangsa Arya yang datang melalui melalui Celah Khyber pada mulanya merupakan bangsa pengembara. Pada saat itu di daerah Sungai Sindhu terdapat satu peradaban yang sudah maju, yakni bangsa Dravida. Kedatangan bangsa Arya ke Punjab disertai dengan pertempuran-pertempuran dengan bangsa Dravida. Bangsa Dravida disebut sebagai dasyu (budak) yang menandakan bahwa mereka telah ditaklukan oleh bangsa Arya.

Dalam perkembangannya, ketika daerah Punjab tidak lagi mencukupi untuk ditinggali, maka bangsa Arya mulai menyebar ke arah tenggara memasuki daerah Sungai Gangga dan Yamuna melewati Celah Khybe. Dari sana, mulai terjadi percampuran antara bangsa Arya dan bangsa Dravida yang menjadi dasar dari terbentuknya kebudayaan Hindu.

Jadi, bangsa Arya datang ke India secara berkelompok melalui Celah Khybe.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah B.

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

53

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Jelaskan 4 teori masuknyabudaya Hindu-Budha ke Indonesia!

58

4.9

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia