Roboguru

Bangsa Arya merupakan kaum yang memiliki peran penting dalam kemunculan agama Hindu di India. Mereka datang secara berkelompok melalui ...

Pertanyaan

Bangsa Arya merupakan kaum yang memiliki peran penting dalam kemunculan agama Hindu di India. Mereka datang secara berkelompok melalui ...

  1. Jalur Sutra

  2. Celah Khybe

  3. Sungai Gangga

  4. Pegunungan Himalaya

  5. Dataran Tinggi Tibet

Pembahasan Soal:

Bangsa Arya datang di daerah hulu sungai Sindhu atau Punjab sekitar 1.500 SM. Kelompok Bangsa Arya yang datang melalui melalui Celah Khyber pada mulanya merupakan bangsa pengembara. Pada saat itu di daerah Sungai Sindhu terdapat satu peradaban yang sudah maju, yakni bangsa Dravida. Kedatangan bangsa Arya ke Punjab disertai dengan pertempuran-pertempuran dengan bangsa Dravida. Bangsa Dravida disebut sebagai dasyu (budak) yang menandakan bahwa mereka telah ditaklukan oleh bangsa Arya.

Dalam perkembangannya, ketika daerah Punjab tidak lagi mencukupi untuk ditinggali, maka bangsa Arya mulai menyebar ke arah tenggara memasuki daerah Sungai Gangga dan Yamuna melewati Celah Khybe. Dari sana, mulai terjadi percampuran antara bangsa Arya dan bangsa Dravida yang menjadi dasar dari terbentuknya kebudayaan Hindu.

Dengan demikian, maka jawaban yang tepat adalah B.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

C. Sianturi

Terakhir diupdate 14 September 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Agama Hindu merupakan perpaduan kebudayaan dari dua bangsa besar, yaitu Dravida dan ….

Pembahasan Soal:

Sejarah lahirnya agama Hindu dimulai dengan kedatangan bangsa Arya ke India. Bangsa Arya berasal dari dataran Eropa atau Asia bagian barat. Bangsa ini merupakan bangsa nomaden atau hidup secara berpindah-pindah. Bangsa Arya masuk ke wilayah India melalui Celah Khyber. Setelah kedatangan bangsa Arya, wilayah utara India menjadi tempat perpaduan dua bangsa antara Arya dan Dravida. Bangsa Arya datang dengan membawa Weda yang berisi puisi dan pujian kepada para Dewa. Dari perpaduan antara Weda dan kepercayaan India kuno inilah, kebudayaan masyarakat India dibentuk dan kemudian melahirkan agama Hindu. Dalam istilah keilmuan, perpaduan dua paham ini disebut dengan sinkretisme.

Berdasarkan pembahasan di atas, maka jawaban yang tepat adalah B.undefined 

Roboguru

Jelaskan sistem kepercayaan yang dikembangkan oleh bangsa Arya di India ...

Pembahasan Soal:

Arya merupakan sebutan untuk orang Indo-Iran, sekaligus nama yang dijadikan sebagai entitas di mana mereka menetap di satu daerah tertentu. Sedangkan Aryavarta berarti tempat kebudayaan bangsa Indo-Iran tersebut tinggal. Dalam konteks Peradaban di India, masuknya bangsa Arya diperkiran berada pada tahun 1500 Sebelum Masehi, melalui Celah Khyber. Dengan masuknya bangsa Arya ke India, membuat adanya percampuran kebudayaan dengan Dravida, yakni bangsa yang sejatinya telah menetap di India dan membangun peradaban Mohenjodaro-Harappa. Percampuran antara Arya dengan Dravida, menghasilkan sistem kepercayaan yang kemudian disebut Hindu. 

Dalam perkembangannya kemudian, kepercayaan Hindu menerapkan sistem Tri Murti. Sistem ini meyakini tiga kekuatan dewa, yakni Brahma, Siwa dan Wisnu. Tiga kekuatan tersebut sejatinya adalah satu kesatuan namun termanifestasikan dalam tiga wujud, yaitu Brahma sebagai Dewa Pencipta, Siwa sebagai Dewa Perusak dan Wisnu sebagai Dewa Pelindung. Selain itu, secara kitab, Hindu yang merupakan sistem perpaduan antara Arya dan Dravida terbagi dalam empat:

  1. Reg-Weda (kitab berisi pujian terhadap dewa,
  2. Sama-Weda (kitab berisi nyanyian yang syairnya berasal dari Reg-Weda),
  3. Yajur-Weda (kitab berisi penjelasan syair Reg-Weda), dan
  4. Atharwa-Weda (kitab yang berisi doa-doa).

Sistem kepercayaan yang demikian, pada akhirnya akan menentukan status dalam kehidupan sosial yang menempatkan Kaum Brahmana (agamawan Hindu) sebagai status tertinggi, di bawahnya secara berurut:

  • Kaum Ksatria (politikus-bangsawan),
  • waisya (para pedagang), dan
  • Sudra (para pekerja kasar). 

Dengan begitu, sistem kepercayaan yang dikembangkan bangsa Arya adalah Hinduisme.

Roboguru

Zaman pengembangan dan penyusunan falsafah agama, yaitu zaman orang berfilsafat atas dasar Weda adalah….

Pembahasan Soal:

Zaman Upanisahd diperkirakan muncul dan berkembang pada tahun 750-500 SM. Pada zaman ini yang dipentingkan tidak hanya upacara dan sesaji saja, tetapi lebih daripada itu, yaitu pengetahuan batin yang lebih tinggi. Zaman ini adalah zaman pengembangan dan penyusunan falsafah agama, yaitu zaman orang berfilsafat atas dasar Weda. Adapun latar belakang munculnya zaman Upanishad karena manusia pada saat itu mulai merasa terbebani dengan aturan-aturan upacara yang ketat dan memakan biaya tinggi. Pada zaman ini soal lahir material tidak terlalu diutamakan, akan tetapi soal batin lah yang dianggap lebih penting. Karena orang lebih menekankan pada hati nurani terdalam, contoh seperti tapa, yoga, dan upawasa (puasa).

Jadi, jawaban yang tepat adalah C.

Roboguru

Kitab yang digunakan sebagai pedoman atau dasar-dasar dalam pembangunan suatu candi yaitu kitab ....

Pembahasan Soal:

Silpasastra merupakan sebuah kitab pegangan yang memuat berbagai petunjuk untuk melaksanakan pembuatan arca dan bangunan. Pembuatan candi yang secara teoritis menggunakan dasar-dasar yang tercantum dalam kitab Silpasastraakan tetapi pada tahap pelaksanaan dan hasilnya memperlihatkan corak budaya asli Indonesia. Bentuk dasar bangunan candi di Indonesia adalah punden berundak-undak, yang merupakan salah satu peninggalan kebudayaan Megalithikum yang berfungsi sebagai tempat pemujaan.

Dengan demikian, jawaban yang benar adalah C.

Roboguru

Dewa terpenting dalam zaman Weda adalah ...

Pembahasan Soal:

   Zaman Weda dimulai ketika bangsa Arya datang ke hulu sungai Sindhu atau Panjab sekitar tahun1.500 SM. Keagamaan pada zaman Weda ini mengenal banyak sekali dewa-dewa yang dihubungkan dengan tenaga alam yang menguasai dan mempengaruhi kehidupan manusia. Bahkan tenaga alam itu sendiri yang dipuja sebagai dewa. Tenaga alam ini dipuja disertai dengan sifat-sifat kemanusiaan (personifikasi dari tenaga-tenaga alam). Dewa-dewa tersebut antara lain seperti Dewa Agni (Api), Dewa Wayu (Angin), Dewa Surya (matahari) dan masih banyak lagi dewa-dewa lainnya. Diantara banyak dewa tersebut, pada zaman Weda ini yang banyak dipuja sekaligus menjadi dewa terpenting adalah Indra dan Agni.

   Dewa Indra (Perang) banyak dipuja karena dipercaya sebagai dewa yang terus menerus menggempur dewa jahat (Wrta) yang selalu menahan air angkasa dalam gunung-gunung awan. Sehingga ketika dewa jahat (Wrta) diserang dewa Indra, hujan akan turun ke bumi. Sedangkan Dewa Agni, dianggap sebagai sahabat manusia karena api selalu dibutuhkan dalam kehidupan manusia. Selain itu, dalam setiap upacara keagamaan api merupakan salah satu elemen penting.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah E.

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved