Iklan

Iklan

Pertanyaan

Baik BUMN, BUMD, maupun BUMS berusaha untuk mengoptimalkan peranannya dalam perekonomian serta mempertahankan keberadaannya dalam perkembangan dunia usaha yang semakin terbuka dan kompetitif. Dalam upaya mengoptimalkan dan mempertahankan keberadaannya, masing- masing perusahaan melakukan berbagai strategi. Buatlah laporan mengenai strategi yang dilakukan BUMN, BUMD, dan BUMS untuk mengoptimalkan peranannya dalam perekonomian sesuai dengan perkembangan dunia usaha saat ini!Uraikan pula keuntungan dan kerugian bagi masyarakat! Anda dapat mencari informasi yang relevan di media cetak dan elektronik!

Baik BUMN, BUMD, maupun BUMS berusaha untuk mengoptimalkan peranannya dalam perekonomian serta mempertahankan keberadaannya dalam perkembangan dunia usaha yang semakin terbuka dan kompetitif. Dalam upaya mengoptimalkan dan mempertahankan keberadaannya, masing- masing perusahaan melakukan berbagai strategi.


Buatlah laporan mengenai strategi yang dilakukan BUMN, BUMD, dan BUMS untuk mengoptimalkan peranannya dalam perekonomian sesuai dengan perkembangan dunia usaha saat ini! Uraikan pula keuntungan dan kerugian bagi masyarakat!   Anda dapat mencari informasi yang relevan di media cetak dan elektronik! space 

  1. .... space 

  2. .... space 

Iklan

M. Camelia

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Medan

Jawaban terverifikasi

Iklan

Pembahasan

Strategi yang dapat dilakukan untuk mengoptimalkan peran BUMN daan BUMD adalah denganmelakukan privatisasi, yaitu upaya mendongkrak kinerja perusahaan agar BUMS dan BUMD tidak memiliki ketergantungan pada pendanaan pemerintah. Selain itu, pengelolaan BUMN dan BUMD akan lebih transparan. Adapun keuntungan adanya BUMN dan BUMD bagi masyarakat: Bisa membuka jasa pelayanan publik yang tidak mungkin dilakukan pihak swasta. Sebab jenis usaha tersebut mungkin saja tidak menguntungkan secara ekonomi. Mampu melayani kebutuhan masyarakat, baik barang atau jasa yang berhubungan dengan hajat hidup orang banyak secara adil. Jauh dari monopoli pihak swasta. Kerugian BUMN dan BUMD bagi masyarakat: Monopoli negara yang berlebihan bisa mematikan usaha- usaha dengan jenis yang sama. BUMN yang maju pesat bisa menimbulkan persaingan tidak sehat dengan pihak swasta.

Strategi yang dapat dilakukan untuk mengoptimalkan peran BUMN daan BUMD adalah dengan melakukan privatisasi, yaitu upaya mendongkrak kinerja perusahaan agar BUMS dan BUMD tidak memiliki ketergantungan pada pendanaan pemerintah. Selain itu, pengelolaan BUMN dan BUMD akan lebih transparan.

Adapun keuntungan adanya BUMN dan BUMD bagi masyarakat:

  • Bisa membuka jasa pelayanan publik yang tidak mungkin dilakukan pihak swasta. Sebab jenis usaha tersebut mungkin saja tidak menguntungkan secara ekonomi.
  • Mampu melayani kebutuhan masyarakat, baik barang atau jasa yang berhubungan dengan hajat hidup orang banyak secara adil.
  • Jauh dari monopoli pihak swasta.

Kerugian BUMN dan BUMD bagi masyarakat:

  • Monopoli negara yang berlebihan bisa mematikan usaha- usaha dengan jenis yang sama.
  • BUMN yang maju pesat bisa menimbulkan persaingan tidak sehat dengan pihak swasta. space 

Latihan Bab

Pengertian dan Peran BUMN dan BUMD

Jenis Kegiatan Usaha BUMN dan BUMD

Kelebihan dan Kekurangan BUMN dan BUMD

Jenis BUMS dan Kelebihan serta Kekurangannya 1

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

593

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Badan usaha yang dimiliki importir berkaitan dengan penyaluran barang dan jasa impor di dalam negeri. Seiring dengan kegiatan badan usaha milik importir, kualitas konsumsi masyarakat akan meningkat ka...

4rb+

5.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2023 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia