Iklan

Iklan

Pertanyaan

Bahasa memiliki sistem yang universal dengan bersifat dinamis. Keuniversalan suatu bahasa dengan bahasa lain di belahan bumi mana pun memiliki proses yang sama dalam hal bagaimana bahasa itu bisa dihasilkan juga dipahami oleh manusia. Dengan kedinamisannya bahasa selalu berkembang dari masa ke masa. Perbaikan kata penghubung yang tercetak miring pada paragraf tersebut adalah ...

Bahasa memiliki sistem yang universal dengan bersifat dinamis. Keuniversalan suatu bahasa dengan bahasa lain di belahan bumi mana pun memiliki proses yang sama dalam hal bagaimana bahasa itu bisa dihasilkan juga dipahami oleh manusia. Dengan kedinamisannya bahasa selalu berkembang dari masa ke masa.

Perbaikan kata penghubung yang tercetak miring pada paragraf tersebut adalah ...

  1. namun, mana pun

  2. karena, tetapi

  3. dan, maupun

  4. karena, jika

  5. dan, dan

Iklan

A. ACFREELANCE

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Sebelas Maret

Jawaban terverifikasi

Iklan

Pembahasan

Konjungsi atau kata sambung adalah kata untuk menghubungkan kata-kata, ungkapan-ungkapan atau kalimat-kalimat dan sebagainya dan tidak untuk tujuan atau maksud lain. Konjungsi tidak dihubungkan dengan objek, konjungsi tidak menerangkan kata, konjungsi hanya menghubungkan kata-kata atau kalimat-kalimat dan sebagainya. Kata hubung (konjungsi) yang tepat untuk menggantikan kata-kata tidak tepat tersebut adalah (E) dan, dan . Jika diperinci, penjelasannya adalah sebagai berikut. Bahasa memiliki sistem universal dan bersifat dinamis. Keuniversalan suatu bahasa dengan bahasa lain di belahan dunia mana pun memiliki proses yang sama dalam hal bagaimana bahasa itu bisa dihasilkan maupun dipahami oleh manusia.

Konjungsi atau kata sambung adalah kata untuk menghubungkan kata-kata, ungkapan-ungkapan atau kalimat-kalimat dan sebagainya dan tidak untuk tujuan atau maksud lain. Konjungsi tidak dihubungkan dengan objek, konjungsi tidak menerangkan kata, konjungsi hanya menghubungkan kata-kata atau kalimat-kalimat dan sebagainya.

Kata hubung (konjungsi) yang tepat untuk menggantikan kata-kata tidak tepat tersebut adalah (E) dan, dan. Jika diperinci, penjelasannya adalah sebagai berikut.

  • Bahasa memiliki sistem universal dan bersifat dinamis.
  • Keuniversalan suatu bahasa dengan bahasa lain di belahan dunia mana pun memiliki proses yang sama dalam hal bagaimana bahasa itu bisa dihasilkan maupun dipahami oleh manusia.

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

49

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Tulislah unsur kebahasaan lain pada teks tersebut: a. Penggunaan kata sambung dan kata transisi!

5

0.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia