Iklan

Iklan

Pertanyaan

Bacalah kerangka proposal kegiatan berikut!


Topik proposal:
Pelatihan Pemanfaatan Limbah Kertas Kerangka Proposal

  1. Latar Belakang
  2. ...
  3. Sasaran kegiatan
  4. Tempat dan waktu kegiatan
  5. Narasumber
  6. Susunan Panitia
  7. Jadwal kegiatanspace 

Bagian yang tepat untuk melengkapi kerangka proposal tersebut adalah...

Bagian yang tepat untuk melengkapi kerangka proposal tersebut adalah...space 

  1. Metode pelatihanspace 

  2. Anggaran kegiatanspace 

  3. Landasan teorispace 

  4. Rumusan masalahspace 

  5. Tujuan kegiatanspace 

Iklan

A. Acfreelance

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Jawaban

jawaban yang benar adalah pilihan E.

jawaban yang benar adalah pilihan E.space 

Iklan

Pembahasan

roposal kegiatan merupakan sebuah rencana yang dituangkan ke dalam bentuk rancangan kerja . Proposal ini dibuat sebelum suatu kegiatan dilaksanakan untuk mendapatkan izin atau juga mencari sponsor acara. Berikut struktur teks laporan kegiatan: Nama Kegiatan: Nama kegiatan sama seperti halnya judul suatu tulisan. Maka, nama kegiatan harus dibuat semenarik mungkin sehingga dapat menimbulkan rasa ingin tahu pembaca. Pendahuluan/Latar Belakang: Dalam bagian ini disajikan alasan mengapa suatu kegiatan harus dilaksanakan. Maka, penyusun proposal diharapkan dapat menunjukkan pentingnya pelaksanaan kegiatan yang akan dilaksanakan. Tujuan: Tujuan berfungsi untuk mengarahkan dan memfokuskan aktivitas yang akan dilaksanakan. Sasaran: Bagian ini berisi tentang lembaga, personil, organisasi, atau kelompok masyarakat tertentu yang akan menjadi peserta dari kegiatan. Jadwal: Bagian ini memuat waktu dan tempat pelaksanaan kegiatan. Susunan Acara: Pada bagian susunan acara dijelaskan mengenai susunan kegiatan yang akan dilangsungkan. Kepanitiaan: Bagian ini menyebutkan tentang susunan panitia yang bertanggung jawab melaksanakan acara. Anggaran: Proposal yang baik haruslah selalu mencantumkan rincian biaya penyelenggaraan kegiatan. Sebaiknya biaya itu diperhitungkan secara logis dan realistis, baik itu pemasukan maupun pengeluarannya. Estimasi pembiayaan yang dibuat oleh seorang penyusun proposal akan menjadi pertimbangan calon penyandang dana atau donator. Anggaran biaya dapat dibedakan menjadi tiga bagian, yaitu persiapan, operasional, dan laporan. Penutup: Penutup merupakan akhir dari pembicaraan perencanaan kegiatan. Maka, bagian ini merupakan 'rayuan' terakhir penyusun proposal kepada pembaca untuk menentukan diterima atau tidaknya sebuah proposal. Untuk itu pada bagian ini, penyusun proposal harus dapat memotivasi calon penyandang dana, donatur, sponsor, atau partisipan dengan cara menunjukkan rasa optimistis terhadap kegiatan yang direncanakan. Bagian yang tepat untuk melengkapi kerangka proposal tersebut adalah tujuan kegiatan . Dengan demikian jawaban yang benar adalah pilihan E.

roposal kegiatan merupakan sebuah rencana yang dituangkan ke dalam bentuk rancangan kerja. Proposal ini dibuat sebelum suatu kegiatan dilaksanakan untuk mendapatkan izin atau juga mencari sponsor acara.

Berikut struktur teks laporan kegiatan:

  1. Nama Kegiatan: Nama kegiatan sama seperti halnya judul suatu tulisan. Maka, nama kegiatan harus dibuat semenarik mungkin sehingga dapat menimbulkan rasa ingin tahu pembaca.

  2. Pendahuluan/Latar Belakang: Dalam bagian ini disajikan alasan mengapa suatu kegiatan harus dilaksanakan. Maka, penyusun proposal diharapkan dapat menunjukkan pentingnya pelaksanaan kegiatan yang akan dilaksanakan.

  3. Tujuan: Tujuan berfungsi untuk mengarahkan dan memfokuskan aktivitas yang akan dilaksanakan.

  4. Sasaran: Bagian ini berisi tentang lembaga, personil, organisasi, atau kelompok masyarakat tertentu yang akan menjadi peserta dari kegiatan.

  5. Jadwal: Bagian ini memuat waktu dan tempat pelaksanaan kegiatan.

  6. Susunan Acara: Pada bagian susunan acara dijelaskan mengenai susunan kegiatan yang akan dilangsungkan.

  7. Kepanitiaan: Bagian ini menyebutkan tentang susunan panitia yang bertanggung jawab melaksanakan acara.

  8. Anggaran: Proposal yang baik haruslah selalu mencantumkan rincian biaya penyelenggaraan kegiatan. Sebaiknya biaya itu diperhitungkan secara logis dan realistis, baik itu pemasukan maupun pengeluarannya. Estimasi pembiayaan yang dibuat oleh seorang penyusun proposal akan menjadi pertimbangan calon penyandang dana atau donator. Anggaran biaya dapat dibedakan menjadi tiga bagian, yaitu persiapan, operasional, dan laporan.

  9. Penutup: Penutup merupakan akhir dari pembicaraan perencanaan kegiatan. Maka, bagian ini merupakan 'rayuan' terakhir penyusun proposal kepada pembaca untuk menentukan diterima atau tidaknya sebuah proposal. Untuk itu pada bagian ini, penyusun proposal harus dapat memotivasi calon penyandang dana, donatur, sponsor, atau partisipan dengan cara menunjukkan rasa optimistis terhadap kegiatan yang direncanakan.

Bagian yang tepat untuk melengkapi kerangka proposal tersebut adalah tujuan kegiatan.

Dengan demikian jawaban yang benar adalah pilihan E.space 

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

100

Mutia Nur Ristanti

Makasih ❤️

Nabiilah Khairunnisa

Makasih ❤️

Novita Tri Susanti

Pembahasan lengkap banget Makasih ❤️

Siti Naya

Ini yang aku cari!

dika khoirul amar

Jawaban tidak sesuai

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Perhatikan paragrafberikut! Literatur-literatur yang mendukung penelitian diambil dari penelitian-penelitian sebelumnya dan dari jurnal-jurnal ilmiah, baik dari dalam maupun luar negeri. Salah...

18

4.6

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

[email protected]

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia