Roboguru

Bagian tubuh manusia berikut yang bekerja berdasarkan prinsip pesawat sederhana adalah ....

Pertanyaan

Bagian tubuh manusia berikut yang bekerja berdasarkan prinsip pesawat sederhana adalah .... 

  1. lengan atas dan bawah 

  2. leher dan kepala 

  3. dada dan perut 

  4. kaki dan telapak kaki 

Pembahasan Video:

Pembahasan Soal:

Bagian tubuh manusia  yang bekerja berdasarkan prinsip pesawat sederhana yaitu lengan atas dan bawah. Karena pada lengan atas dan bawah terdapat prinsip tuas.

Jadi, jawaban yang tepat adalah A. 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

N. Puspita

Terakhir diupdate 30 Agustus 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Tuliskan contoh pesawat sederhana dalam tubuh kita dan jenisnya.

Pembahasan Soal:

Pesawat sederhana adalah suatu alat yang digunakan untuk mempermudah pekerjaan manusia. Pesawat sederhana ada tiga jenis yaitu bidang miring, katrol dan tuas/pengungkit.

Bidang miring adalah suatu lintasan yang memiliki kemiringan tertentu dan membentuk sudut terhadap permukaan mendatarnya. 

Katrol adalah pesawat sederhana yang berbentuk roda dan bergerak berputar pada porosnya. Katrol ini biasanya digunakan untuk menarik atau mengangkat benda yang berukuran berat. 

Tuas atau pengungkit adalah pesawat sederhana yang biasanya terbuat dari kayu dengan tumpu di salah satu titiknya dan digunakan untuk mengangkat sesuatu yang berat. Berdasarkan letak titik tumpu, lengan beban dan lengan kuasanya tuas dibedakan menjadi tiga. 

Pada tubuh manusia, prinsip kerja otot, tulang, dan sendi merupakan contoh penerapan tuas. Otot dan tulang secara bersama-sama membentuk tuas. Pada tuas terdapat lengan tuas, poros, usaha (gaya kuasa), dan gaya beban. Di dalam tubuh manusia, tulang berfungsi sebagai Lengan tuas, sendi berfungsi sebagai titik tumpu, dan otot memberikan gaya kuasa untuk memindahkan beban. Contoh tuas jenis 1 adalah leher, tuas jenis 2 adalah kaki dan tuas jenis ketiga adalah tangan.

Jadi, contoh pesawat sederhana dalam tubuh adalah leher, kaki dan tangan.spacespace

Roboguru

Prinsip tuas jenis II yang dilakukan tubuh manusia adalah ....

Pembahasan Soal:

Tuas jenis kedua adalah letak titik bebannya di antara titik tumpu dan titik kuasa.space 

Ketika kepala mengangguk merupakan contoh prinsip kerja tuas jenis pertama karena jika kita rasakan, leher kita adalah sebagai kuasa yang membuat beban (tulang di daerah wajah) terangkat dan poros nya ada ditengah antara leher dan tulang di daerah wajah. Inilah yang menyebabkan kenapa leher kita sering pegal-pegal.space 

Pada saat kita jinjit, ujung telapak kaki kita menjadi titik tumpu bagi anggota tubuh kita yang lainnya. Pangkal telapak kaki kita menjadi sedikit tegang karena disitu merupakan kuasa yang kita berikan kemudian beban nya berada di tengah-tengah telapak kaki kita. Sehingga ketika kaki berjinjit, kita menerapkan prinsip kerja tuas jenis kedua.space 

Ketika kita mengangkat suatu benda dengan menggunakan tangan, maka tangan yang memegang benda menjadi titik beban, dan lengan kita menjadi kuasa, kemudian siku menjadi titik tumpunya. Sehingga ketika lengan mengangkat beban, kita menerapkan prinsip kerja tuas jenis ketiga. Begitupun saat kita menyapu lantai, kita juga menerapkan prinsip kerja tuas jenis ketiga.space 

Dengan demikian, prinsip tuas jenis II yang dilakukan tubuh manusia adalah ketika kaki berjinjit.space 

 

Jadi, jawaban yang tepat adalah B.space 

Roboguru

Perhatikan gambar berikut! Jelaskan kerja tulang, sendi, dan otot pada gambar berdasarkan prinsip kerja tuas!

Pembahasan Soal:

Otot dan tulang secara bersama-sama membentuk tuas. Pada tuas terdapat lengan tuas, poros, usaha (gaya kuasa), dan gaya beban. Di dalam tubuh manusia, tulang berfungsi sebagai lengan tuas, sendi berfungsi sebagai titik tumpu, dan otot memberikan gaya kuasa untuk memindahkan beban. 

 

Roboguru

Leher, tangan dan kaki manusia termasuk tuas jenis ...

Pembahasan Soal:

Berdasarkan pada letak titik tumpu, titik beban, dan titik kuasanya tuas dibedakan sebagai berikut:

  1. Tuas jenis pertama. Pada tuas jenis pertama, letak titik tumpu berada di antara titik beban dan titik kuasanya. Contoh alat yang termasuk ke dalam tuas jenis pertama antara lain gunting kuku, gunting, pemotong rumput, tang, linggis, leher dan jungkat jungkit.
  2. Tuas jenis kedua. Pada tuas jenis kedua, letak titik bebannya yang berada di antara titik tumpu dan titik kuasa. Nah, contoh-contoh alat yang merupakan tuas jenis kedua diantaranya adalah alat pembuka tutup botol, alat pemotong kertas, alat pemecah kemiri, kaki dan gerobak beroda satu.
  3. Tuas jenis ketiga. Pada tuas jenis ketiga titik kuasa letaknya di tengah, di antara titik tumpu dan titik beban. Contoh alat yang termasuk golongan tuas jenis ketiga ini antara lain sekop, stapler (jekrekan), penjepit roti, tangan dan pinset.

Jadi, jawaban yang tepat adalah tuas jenis satu, tiga, dan dua.space space

Roboguru

Perhatikan gambar berikut!   Berdasarkan gambar tersebut, titik tumpu, lengan kuasa, dan beban berturut-turut ditunjukkan oleh huruf ...

Pembahasan Soal:

Pada tuas terdapat lengan tuas, poros, usaha (gaya kuasa), dan gaya beban. Di dalam tubuh manusia, tulang berfungsi sebagai lengan tuas, sendi berfungsi sebagai titik tumpu, dan otot memberikan gaya kuasa untuk memindahkan beban.

Dengan demikian, titik tumpu, lengan kuasa, dan beban berturut-turut ditunjukkan oleh huruf B - C - D.

Jadi, jawaban yang tepat adalah B.space 

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved