Pertanyaan

Bacalah teks eksplanasi berikut ini untuk menjawab soal nomor 9 s.d. 11!


    Kekeringan adalah suatu kondisi ketika ketersediaan air di suatu tempat sangat rendah bahkan tidak tersedia sama sekali yang terjadi dalam kurun waktu yang cukup lama. Cakupan wilayah yang terdapat kekeringan biasanya cukup luas dan berdampak pada kehidupan makhluk hidup yang hidup di tempat tersebut. Kekeringan dapat terjadi kapan saja, terutama pada musim kemarau saat intensitas hujan sangat kecil bahkan tidak ada. 

    Penyebab kekeringan bisa karena kondisi alam itu sendiri dan juga faktor manusia. Faktor alam misalnya terjadi kemarau yang berkepanjangan, juga tingkat evaporasi yang sangat cepat yang mengakibatkan cadangan air di dalam tanah menjadi cepat hilang. Sementara itu, faktor manusia misalnya terjadinya global warming atau pemanasan global yang disebabkan oleh hal-hal, seperti asap pabrik, asap kendaraan bermotor, dan tindakan-tindakan lain yang memicu terjadinya pemanasan global.

    Jika kekeringan terus terjadi, dampaknya tidak hanya dirasakan oleh manusia, tetapi juga seluruh makhluk hidup. Tumbuhan akan sulit untuk melakukan fotosintesis karena kekurangan air dan unsur hara dalam tanah yang hilang karena kekeringan. Hewan pun tidak dapat memperoleh makanan berupa tumbuhan karena tumbuhan banyak yang mati. Untuk menanggulangi kekeringan ini, bisa diciptakan hujan buatan untuk membasahi daerah yang kekurangan air. Namun, tentunya biaya untuk membuat hujan buatan ini tidaklah kecil.

    Jadi, kekeringan menjadi salah satu bencana alam yang dampaknya tidak hanya dirasakan oleh manusia, tetapi juga oleh seluruh makhluk hidup yang ada di bumi. Sejatinya, air adalah kebutuhan pokok seluruh makhluk hidup. Tanpa air maka kehidupan tidak dapat berlangsung.

Sumber: http://www.informasibelajar.com/contoh-tekseksplanasi/, dengan pengubahanundefined 

Bagian proses kejadian dalam teks tersebut adalah ....

Bagian proses kejadian dalam teks tersebut adalah .... 

  1. paragraf pertamaundefined 

  2.  paragraf kedua dan ketigaundefined 

  3. paragraf ketiga dan keempatundefined 

  4. paragraf keempatundefined 

  5. paragraf kedua, ketiga, dan keempatundefined 

A. Acfreelance

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Jawaban

jawaban yang benar adalah pilihan B.

jawaban yang benar adalah pilihan B.undefined 

Pembahasan

Teks tersebut merupakan teks eksplanasi. Secara etimologi, eksplanasi berasal dari bahasa lnggris, yaitu explanation yang artinya penjelasan atau keterangan. Secara umum, teks eksplanasi adalah teks yang berisi penjelasan atau keterangan tentang suatu hal yang berhubungan dengan berbagai fenomena, baik fenomena alam maupun sosial dan budaya yang terjadi di kehidupan sehari-hari. Salah satu struktur teks eksplanasi adalah penggambaran rangkaian kejadian atau proses kejadian ( explanation sequence ), yang memerinci proses kejadian yang relevan dengan fenomena yang diterangkan sebagai pertanyaan atas bagaimana atau mengapa . Proses kejadian terdapat pada paragraf selain dari paragraf pertama dan paragraf terakhir. Maka, bagian proses kejadian dalam teks tersebut adalah paragraf kedua dan ketiga . Paragraf kedua memerinci proses kejadian berdasarkan pertanyaan mengapa . Pertanyaan: Mengapa kekeringan dapat terjadi? Jawaban: Penyebab kekeringan bisa karena kondisi alam itu sendiri dan juga faktor manusia. Paragraf kedua merupakan jawaban atas pertanyaan bagaimana . Pertanyaan: Bagaimana cara menanggulangi kekeringan? Jawaban: Untuk menanggulangi kekeringan ini, bisa diciptakan hujan buatan untuk membasahi daerah yang kekurangan air. Dengan demikian, jawaban yang benar adalah pilihan B.

Teks tersebut merupakan teks eksplanasi. Secara etimologi, eksplanasi berasal dari bahasa lnggris, yaitu explanation yang artinya penjelasan atau keterangan. Secara umum, teks eksplanasi adalah teks yang berisi penjelasan atau keterangan tentang suatu hal yang berhubungan dengan berbagai fenomena, baik fenomena alam maupun sosial dan budaya yang terjadi di kehidupan sehari-hari.

Salah satu struktur teks eksplanasi adalah penggambaran rangkaian kejadian atau proses kejadian (explanation sequence), yang memerinci proses kejadian yang relevan dengan fenomena yang diterangkan sebagai pertanyaan atas bagaimana atau mengapa. Proses kejadian terdapat pada paragraf selain dari paragraf pertama dan paragraf terakhir.

Maka, bagian proses kejadian dalam teks tersebut adalah paragraf kedua dan ketiga.

Paragraf kedua memerinci proses kejadian berdasarkan pertanyaan mengapa.

Pertanyaan:
Mengapa kekeringan dapat terjadi?
Jawaban:
Penyebab kekeringan bisa karena kondisi alam itu sendiri dan juga faktor manusia.

Paragraf kedua merupakan jawaban atas pertanyaan bagaimana.

Pertanyaan:
Bagaimana cara menanggulangi kekeringan?
Jawaban:
Untuk menanggulangi kekeringan ini, bisa diciptakan hujan buatan untuk membasahi daerah yang kekurangan air.

Dengan demikian, jawaban yang benar adalah pilihan B.undefined 

1rb+

3.0 (1 rating)

Iklan

Pertanyaan serupa

Menarik informasi dapat berupa....

92

5.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia