Bagian pendahuluan pada teks diskusi tersebut ditandai dengan nomor ....

Pertanyaan

Bacalah kutipan teks berikut!
 

  1. Kasus penyalahgunaan narkoba di kalangan selebritas kembali marak. Tidak sedikit para pesohor yang tertangkap aparat keamanan. Banyak alasan yang dikemukakan di balik penggunaan narkoba itu, mulai keletihan, kurang percaya diri, hingga alasan beban kerja yang terlalu berat.
  2. Menurut pihak Badan Narkotika Nasional (BNN), kaum selebritas sering kali hanya mencari-cari alasan demi memenuhi hasratnya untuk mengonsumsi narkoba. Berbagai alasan yang disampaikan para selebritas dalam mengonsumsi narkoba telah menimbulkan pro dan kontra.
  3. Pihak yang setuju dengan berbagai alasan kaum selebritas dalam mengonsumsi narkoba sangat memaklumi tabiat mereka. Di tengah padatnya kesibukan para pesohor dalam menjalankan aktivitasnya, mereka membutuhkan cara-cara yang bisa membuat stamina dan kondisi kesehatannya tetap segar dan bugar. salah satunya adalah dengan mengonsumsi obat yang bisa memulihkan stamina dengan cepat. Dengan cara demikian, mereka tetap bisa tampil prima di dunia hiburan sehingga tidak mengecewakan penggemarnya. Barangkali, mereka memang tidak tahu bahwa obat pemulih stamina yang dikonsumsi tergolong jenis narkoba yang dilarang oleh Undang-Undang (UU).
  4. Namun, banyak pihak yang tidak percaya begitu saja terhadap berbagai alasan kaum selebritas dalam mengonsumsi narkoba. Mereka beranggapan bahwa alasan yang disampaikan kaum selebritas hanya alasan yang dicari-cari untuk menyelamatkan wajah mereka di mata para penggemarnya. Apa pun alasannya, mengonsumsi narkoba tetap merupakan pelanggaran hukum. Aparat penegak hukum harus bersikap tegas agar bisa memberikan efek jera bagi selebritas lainnya.space

Bagian pendahuluan pada teks diskusi tersebut ditandai dengan nomor ....space

  1. 3 dan 4space

  2. 2 dan 4space

  3. 1 dan 3space

  4. 1 dan 2space

N. Juliana

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni STKIP Siliwangi Bandung

Jawaban terverifikasi

Jawaban

jawaban yang tepat adalah pilihan D.space

Pembahasan

Teks diskusi adalah teks yang memberikan dua pendapat berbeda mengenai suatu hal, ada argumen pro dan kontra di dalamnya. Teks diskusi itu sendiri terdiri dari 3 struktur, yaitu:

A. Bagian pendahuluan, merupakan bagian dimana penulis memperkenalkan isu yang akan dibahas. Isu di dalam teks diskusi berisi masalah yang akan didiskusikan lebih lanjut.

B. Bagian isi, merupakan bagian yang berisikan tentang argumen atau pendapat disertai dengan fakta, data, pengalaman penulis, dan referensi yang berkaitan dengan isu. Argumen itu sendiri terbagi menjadi dua jenis sudut pandang, yaitu:

  1. Sudut pandang yang pro adalah sudut pandang yang pendapatnya searah, setuju dan bersifat mendukung topik yang menjadi bahasan pada diskusi yang ada dalam teks.
  2. Sudut pandang yang kontra adalah sudut pandang yang pendapatnya bertolak belakang dan menentang topik yang menjadi bahan perbincangan pada teks.

C. Bagian kesimpulan, yaitu bagian menyimpulkan dan merekomendasikan posisi atau pendapat akhir penulis terhadap isu. Biasanya hasil diskusi berisi rekomendasi untuk mencari solusi dari permasalahan yang ada dan menjadi jalan tengah untuk berbagai pihak.

Berikut ini adalah analisis bagian-bagian struktur teks diskusi untuk setiap nomor kalimatnya, yaitu:

  1. Kalimat nomor 1 pada kutipan teks di atas, termasuk bagian pendahuluan karena merupakan awal mula penulis memperkenalkan masalah yang akan dibahas, yaitu mengenai kasus penyalahgunaan narkoba di kalangan selebritas kembali marak.
  2. Kalimat nomor 2 pada kutipan teks di atas, termasuk bagian pendahuluan juga karena berisikan tentang masalah yang akan didiskusikan lebih lanjut, yaitu adanya berbagai alasan yang disampaikan para selebritas dalam mengonsumsi narkoba telah menimbulkan pro dan kontra.
  3. Kalimat nomor 3 pada kutipan teks di atas, termasuk bagian isi yang menunjukkan argumen dengan sudut pandang yang pro atau mendukung, tepatnya terdapat pada kalimat yang berbunyi "Pihak yang setuju dengan berbagai alasan kaum selebritas dalam mengonsumsi narkoba sangat memaklumi tabiat mereka."
  4. Kalimat nomor 4 pada kutipan teks di atas, termasuk bagian isi yang menunjukkan argumen dengan sudut pandang yang kontra atau menentang, tepatnya terdapat pada kalimat yang berbunyi "Namun, banyak pihak yang tidak percaya begitu saja terhadap berbagai alasan kaum selebritas dalam mengonsumsi narkoba. Mereka beranggapan bahwa alasan yang disampaikan kaum selebritas hanya alasan yang dicari-cari untuk menyelamatkan wajah mereka di mata para penggemarnya."
  5. Kalimat nomor 4 pada kutipan teks di atas juga, termasuk bagian akhir atau kesimpulan pada teks diskusi karena berisi tentang kesimpulan dari permasalahan yang ada, tepatnya terdapat pada kalimat yang berbunyi "Apa pun alasannya, mengonsumsi narkoba tetap merupakan pelanggaran hukum. Aparat penegak hukum harus bersikap tegas agar bisa memberikan efek jera bagi selebritas lainnya."

Berdasarkan analisis di atas, maka bagian pendahuluan pada teks diskusi di atas ditandai dengan nomor 1 dan 2.


Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah pilihan D.space

2rb+

5.0 (4 rating)

nilam ayu ningsih

Ini yang aku cari!

Pertanyaan serupa

Polisi tidur kian banyak dijumpai di ruas-ruas jalan umum. Tidak hanya di lingkungan perumahan ataupun gang-gang, polisi tidur kerap ditemukan di jalan-jalan raya. Pemasangan polisi tidur itu tentunya...

4rb+

4.5

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia