Roboguru

Bagi seorang ibu, menyusui menjadi satu rangkaian dengan proses kehamilan dan kelahiran. Ada yang memilih untuk memberikan ASI eksklusif (Hanya ASI saja, tanpa tambahan susu formula, air putih, maupun makanan padat) selama 6 bulan karena kesadaran sendiri. Ada pula yang semata mengikuti ajaran agama, anjuran tenaga kesehatan, lingkungan sekitar, serta pemerintah tanpa mengetahui secara pasti manfaatnya selain demi kesehatan bayi. Pernyataan yang benar tentang manfaat pemberian ASI pada bayi adalah . . . .

Pertanyaan

Bagi seorang ibu, menyusui menjadi satu rangkaian dengan proses kehamilan dan kelahiran. Ada yang memilih untuk memberikan ASI eksklusif (Hanya ASI saja, tanpa tambahan susu formula, air putih, maupun makanan padat) selama 6 bulan karena kesadaran sendiri. Ada pula yang semata mengikuti ajaran agama, anjuran tenaga kesehatan, lingkungan sekitar, serta pemerintah tanpa mengetahui secara pasti manfaatnya selain demi kesehatan bayi.

Pernyataan yang benar tentang manfaat pemberian ASI pada bayi adalah . . . . space space 

  1. ... space space 

  2. ... space space 

Pembahasan Video:

Pembahasan Soal:

ASI eksklusif diberikan sejak bayi lahir ke dunia hingga berusia enam bulan. Selama periode tersebut, disarankan untuk hanya memberi Si Kecil ASI, tanpa tambahan asupan apa pun. Sebab, ada banyak manfaat ASI eksklusif yang bisa didapatkan oleh bayi.

Berikut adalah 6 manfaat yang bisa Si Kecil dan Anda dapatkan dari pemberian ASI eksklusif:

  • Sistem kekebalan tubuh bayi lebih kuat.

Air susu ibu mengandung zat antibodi pembentuk kekebalan tubuh yang bisa membantunya melawan bakteri dan virus.

  • Membuat Si Kecil Cerdas.

Menurut para ahli, asam lemak yang terdapat pada air susu ibu memiliki peranan penting bagi kecerdasan otak bayi. Selain itu, hubungan emosional antara Anda dan Si Kecil yang terjalin selama proses menyusui akan turut memberi kontribusi positif.

  • Berat badan ideal.

Para ahli mengemukakan bahwa ASI lebih sedikit merangsang produksi insulin ketimbang susu formula. Hormon insulin sendiri dapat memicu pembentukan lemak. Maka, ASI tidak banyak memicu pembentukan lemak pada bayi. Selain itu, bayi yang diberi ASI juga memiliki kadar leptin lebih tinggi. Leptin adalah hormon yang memiliki peranan dalam menimbulkan rasa kenyang dan dalam metabolisme lemak.

  • Tulang bayi lebih kuat.

Bayi yang diberi susu selama tiga bulan atau lebih, memiliki tulang leher dan tulang belakang lebih kuat dibanding yang diberikan ASI kurang dari tiga bulan atau tidak sama sekali. Karena itu ASI eksklusif berperan penting dalam menunjang pertumbuhan tulang bayi yang kuat.

  • Mendapat limpahan kolesterol.

Pada orang dewasa, kolesterol merupakan asupan yang tidak baik. Namun, itu tidak berlaku pada bayi. Kolesterol sangat dibutuhkan bayi guna menunjang tumbuh kembangnya dan zat ini banyak ditemukan pada ASI.

  • Mengurangi risiko terjadinya sindrom kematian bayi mendadak (SIDS).

ASI eksklusif mampu mengurangi risiko terjadinya sindrom kematian bayi mendadak saat Si Kecil tidur. Penelitian menunjukkan bahwa efek ASI dalam mengurangi risiko terjadinya SIDS baru akan terlihat jika ASI diberikan secara eksklusif minimal 2 bulan. undefined 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Terakhir diupdate 19 Juli 2021

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved