Roboguru

Bagan berikut ini menunjukkan dinamika hormon reproduksi wanita dalam siklus menstruasi. Proses ovulasi terjadi pada tahap

Pertanyaan

Bagan berikut ini menunjukkan dinamika hormon reproduksi wanita dalam siklus menstruasi.

Proses ovulasi terjadi pada tahapspace....

Pembahasan Soal:

Fase menstruasi pada wanita.

Menstruasi atau haid adalah pendarahan secara periodik dari uterus yang disertai pelepasan endometrium. Siklus menstruasi dibagi menjadi 4 fase yaitu fase menstruasi, fase praovulasi, fase ovulasi, dan fase pasca ovulasi.

  1. Fase menstruasi terjadi bila ovum tidak dibuahi oleh sperma sehingga korpus luteum akan menghentikan produksi hormon estrogen dan progesteron turunnya kadar estrogen dan progesteron menyebabkan luruhnya dinding rahim (endometrium).
  2. Fase praovulasi terjadi saat hormon FSH merangsang pembentukan folikel primer, dan estrogen diproduksi untuk memperbaiki (proliferasi) endometrium.
  3. Fase ovulasi adalah saat kadar estrogen meningkat mengakibatkan FSH menurun dan meningkatkan hormon LH. Peningkatan hormon LH ini mengakibatkan terlepasnya ovum dari folikel de graaf yang telah matang dan disebut dengan ovulasi.
  4. Fase pasca ovulasi adalah fase saat korpus luteum memproduksi hormon progesteron dan sedikit hormon estrogen. Hormon progesteron berfungsi untuk menebalkan dan mempertahankan dinding rahim, dan mempersiapkan implantasi pada zigot jika terjadi kehamilan.

Dengan demikian, fase ovulasi ditunjukkan oleh nomor 5.space space

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

A. Acfreelance

Terakhir diupdate 01 Mei 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Jika terjadi pembuahan, setiap bulan wanita melepas satu sel telur dari ovariumnya, disebut....

Pembahasan Soal:

Ketika ovum telah matang di dalam ovarium, nantinya akan keluar yang disebut sebagai proses ovulasi.undefined 

Dengan demikian, pilihan jawaban yang tepat adalah E.undefined

Roboguru

Perhatikan gambar di bawah ini ! Perhatikan posisi ovum pada ovarium yang di­tunjukkan pada gambar di atas. Berdasarkan posisi ovum tersebut, menunjukkan akan dimulainya fase dalam siklus menstruas...

Pembahasan Soal:

Ovarium melepaskan ovum yang masak disebabkan oleh hormon estrogen yang memicu kelenjar pituitari untuk melepas hormon LH.

Hal ini terjadi pada fase ovulasi (proses ketika ovarium melepas ovum yang masak).

Meningkatnya kadar estrogen selama fase folikel memicu kelenjar pituitari melepas hormon luteinizing (LH). Inilah awal terjadinya proses ovulasi. Ovulasi adalah proses ketika ovarium melepas sel telur yang matang. 

Dengan demikian, pilihan jawaban yang benar adalah C.

Roboguru

Perhatikan siklus menstruasi berikut!  Berdasarkan siklus menstruasi tersebut, proses yang terjadi pada bagian X adalah ....

Pembahasan Soal:

Pada gambar siklus menstruasi tersebut bagian X menunjukan fase luteal. Pada fase ini  Folikel yang telah pecah dan mengeluarkan sel telur akan membentuk korpus luteum. Korpus luteum akan memicu peningkatan hormon progesteron untuk mempertebal lapisan dinding rahim.

Berdasarkan penjelasan tersebut, maka pilihan jawaban yang tepat adalah B.

Roboguru

Ketika ovum tidak dibuahi sel sperma, kadar progesteron dan estrogen menjadi rendah. Apa akibat yang ditimbulkan dari perubahan kadar hormon tersebut?

Pembahasan Soal:

Fase Menstruasi
Fase menstruasi terjadi bila ovum tidak dibuahi oleh sperma, sehingga korpus luteum (massa jaringan kuning di dalam ovarium) akan menghentikan produksi hormon yang bernama estrogen dan progesteron. Turunnya kadar estrogen dan progesteron menyebabkan lepasnya ovum dari dinding uterus yang menebal (endometrium). Setelah ovum lepas, endometrium menjadi sobek dan meluruh, sehingga dindingnya juga menjadi menipis. Karena dinding endometrium banyak mengandung pembuluh darah, maka terjadilah pendarahan pada fase menstruasi.

Roboguru

Gambar berikut menunjukkan perubahan jumlah kadar hormon dalam darah selama siklus menstruasi. Jelaskan pengaruh perubahan kadar hormon-hormon tersebut menjelang dan setelah ovulasi!

Pembahasan Soal:

Fase Pra-Ovulasi
Pada fase pra-ovulasi atau akhir siklus menstruasi, hipotalamus (bagian otak yang terdiri dari sejumlah nukleus) mengeluarkan hormon gonadotropin yang merangsang hipofisis mengeluarkan (follicle stimulating hormone) FSH.

Fase Ovulasi
Pada saat mendekati fase ovulasi terjadi perubahan produksi hormon. Peningkatan kadar estrogen selama fase pra-ovulasi menyebabkan terjadinya hambatan terhadap pelepasan lanjutan FSH dari hipofisis. Turunnya konsentrasi FSH menyebabkan hipofisis melepaskan (luteinizing hormone) LH yang merangsang pelepasan oosit sekunder dari folikel de Graff. Kondisi tersebut disebut ovulasi, yaitu saat terjadi pelepasan oosit sekunder dari folikel de Graff dan siap dibuahi oleh sperma.

Fase Pasca-Ovulasi
Pada fase pasca-ovulasi, folikel de Graff yang ditinggalkan oleh oosit sekunder akan berkerut dan berubah menjadi korpus luteum dan tetap memproduksi hormon estrogen dan progesteron. Meskipun korpus luteum memproduksi estrogen, tetapi estrogen yang diproduksi tidak sebanyak yang diproduksi oleh folikel de Graff.

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved