Roboguru

Bagaimanakah urutan cara menggunakan mikroskop cahaya?

Pertanyaan

Bagaimanakah urutan cara menggunakan mikroskop cahaya?

Pembahasan Soal:

Berikut adalah langkah-langkah yang dilakukan ketika ingin mengamati sebuah objek preparat menggunakan mikroskop :

  1. Peganglah lengan mikroskop dengan salah satu tangan dan tangan lain menyangga kaki mikroskop. Letakkan mikroskop di atas meja pengamatan dengan bagian lengan tepat berada di hadapanmu. Lalu, bersihkan lensa dan cermin dengan menggunakan kertas tisu. Setelah dibersihkan, pasangkan lensa okuler dengan perbesaran lemah.
  2. Agar didapat medan penglihatan yang baik, putarlah revolver sehingga diperoleh perbesaran terkecil pada lensa objektif yang searah dengan lensa okuler dan tubus okuler.
  3. Putarlah cermin mikroskop ke arah sumber cahaya sambil melihat melalui lensa okuler sehingga diperoleh medan yang terang tanpa bayangan benda lain.
  4. Letakkan preparat yang akan amati di atas meja benda, lalu jepitlah dengan penjepitnya sehingga cahaya yang terkumpul dalam kondensor menembus kaca benda.
  5. Untuk mencari fokus, lakukanlah dengan dua cara berikut ini :
    • Perbesaran lemah. Lensa okuler dengan perbesaran 5 kali dan lensa objektif dengan perbesaran 10 kali dapat diartikan bahwa preparat diamati dengan perbesaran 50 kali. Dengan cara menurunkan lensa okuler serendah mungkin, lensa objektif juga diturunkan sampai berjarak kira-kira 8 mm dari kaca preparat. Setelah itu, arahkan salah satu mata kalian ke lubang lensa okuler sambil memutar-mutar makrometer sampai diperoleh gambaran preparat yang jelas.
    • Perbesaran kuat. Lensa okuler dengan perbesaran 12,5 dan lensa objektif dengan perbesaran 60 kali sehingga preparat dapat diamati dengan perbesaran 750 kali. Mulailah dengan menutup preparat dengan kaca penutup, lalu naikkan kondensor sampai mau menyentuh kaca preparat (objek), kemudian bukalah diafragma selebar-lebarnya dan turunkan lensa objektif sampai hampir menyentuh kaca penutup preparat. Setelah itu, dengan makrometer, naikkan lensa objektif sampai diperoleh gambaran preparat yang jelas.
  6. Setelah mikroskop selesai digunakan, bersihkanlah lensa objektif dengan menggunakan xylol.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

N. Imaniar

Mahasiswa/Alumni Institut Teknologi Bandung

Terakhir diupdate 06 Juni 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Perhatikan prosedur kerja berikut ini ! Memutar lensa objektif pada perbesaran yang paling kecil Menyiapkan preparat yang akan diamati di atas meja preparat Memutar diafragma hingga terbuka, kemu...

Pembahasan Soal:

Mikroskop adalah salah satu alat yang digunakan untuk mengamati benda-benda yang berukuran sangat kecil. Sebelum melakukan pengamatan menggunakan mikroskop terdapat beberapa prosedur kerja yang harus kita lakukan. Prosedur tersebut antara lain adalah 

  1. Memutar lensa objektif pada perbesaran yang paling kecil
  2. Memutar diafragma hingga terbuka kemudian atur arah cermin dan pencahayaan
  3. Menyiapkan preparat yang akan diamati di atas meja preparat
  4. Mengatur fokus untuk memperjelas objek yang akan diamati
  5. Mengatur lensa objektif pada perbesaran yang lebih tinggi 
  6. Mengamati objek pengamatan 

Dengan demikian, pilihan jawaban yang tepat adalah C.

Roboguru

Perhatikan prosedur kerja berikut ini ! Memutar lensa objektif pada perbesaran yang paling kecil Menyiapkan preparat yang akan diamati di atas meja preparat Memutar diafragma hingga terbuka, kemu...

Pembahasan Soal:

Mikroskop adalah salah satu alat yang digunakan untuk mengamati benda-benda yang berukuran sangat kecil. Sebelum melakukan pengamatan menggunakan mikroskop terdapat beberapa prosedur kerja yang harus kita lakukan. Prosedur tersebut antara lain adalah:

  • Memutar lensa objektif pada perbesaran yang paling kecil
  • Memutar diafragma hingga terbuka kemudian atur arah cermin dan pencahayaan
  • Menyiapkan preparat yang akan diamati di atas meja preparat
  • Mengatur fokus untuk memperjelas objek yang akan diamati
  • Mengatur lensa objektif pada perbesaran yang lebih tinggi
  • Mengamati objek pengamatanundefined

Dengan demikian, pilihan jawaban yang tepat adalah B.

Roboguru

Perhatikan gambar mikroskop cahaya berikut. Tuliskan prosedur penggunaan alat ini pada saat digunakan untuk kegiatan praktikum biologi!

Pembahasan Soal:

Mikroskop merupakan alat yang berfungsi untuk memperbesar ukuran objek dari ukuran sebenarnya. Mikroskop yang sering digunakan di sekolah adalah mikroskop cahaya. Manfaat mikroskop cahaya yakni dapat digunakan untuk sel hidup, sehingga memungkinkan untuk mengamati perilaku normal sel seperti membelah diri, bergerak dan berpindah tempat. Berikut bagian-bagian dari mikroskop yaitu lensa okuler, tabung mikroskop, revolver, lensa obyektif, penjepit obyek, meja mikroskop, cermin, diafragma, kaki mikroskop, lengan mikroskop, pemutar kasar dan pemutar halus. Beberapa hal yang perlu diperhatikan mengenal cara perawatan dan penggunaan mikroskop yaitu membawa mikroskop menggunakan dua tangan. Tangan yang satu memegang lengan mikroskop, dan tangan satunya lagi memegang kaki mikroskop. JIka mikroskop telah selesai digunakan, maka bersihkan kembali segala kotoran yang ada dengan cara dilap dengan kain halus, kemudian kembalikan ke kotak asalnya, dengan kondisi lensa objektif yang memiliki perbesaran lemah dan keadaan mikroskopnya tegak. Mikroskop disimpan di dalam kotak yang dibungkus oleh plastik agar tidak berdebu.

Berikut prosedur penggunaan mikroskop yaitu :

  1. Mengambil mikroskop dari tempatnya dan membawanya menggunakan dua tangan. Tangan yang satu memegang lengan mikroskop, dan tangan satunya lagi memegang kaki mikroskop.
  2. Letakkan objek di meja mikroskop, dekatkan lensa objektif ke objeknya.
  3. Gunakan lensa objektif degan perbesaran terkecil atau terlemah terlebh dahulu.
  4. Perhatikan bayangan objek melalui lensa okuler, dengan pemutar kasar, gerakkan lensa objektif menjauhi atau mendekati objek yang akan diamati.
  5. Atur posisi bayangan agar terlihat di tengah daerah pengamatan.
  6. Jika bayangan belum terlihat dengan jelas, usahakan jangan menggunakan lensa objektif yang berkekuatan besar.
  7. Atur juga cermin agar dapat memperoleh bayangan yang jelas.
  8. Jika telah selesai digunakan maka kembalikan posisi seperti sedia kala dengan perbesaran terlemah pada lensa obyektif.
  9. Kembalikan mikroskop ke tempat asalnya dengan hati-hati.space 
Roboguru

Setelah dipakai, lensa objektif dibersihkan dengan ....

Pembahasan Soal:

Ketika seorang peneliti melakukan pengamatan preparat menggunakan mikroskop dengan perbesaran kuat maka dianjurkan untuk memberikan minyak imersi pada lensa objektif agar objek preparat dapat dilihat dengan lebih jelas. Setelah selesai melakukan pengamatan maka minyak imersi harus segera dibersihkan menggunakan xylol yang larut dalam minyak imersi dan berfungsi sebagai agen pembersih, sedangkan akuades dan alkohol tidak larut dalam minyak imersi sehingga tidak dapat digunakan untuk membersihkan lensa objektif. Di lain sisi, jika membersihkan lensa objektif menggunakan kapas dikhawatirkan akan mengganggu proses pengamatan karena sisa-sisa serat kapas yang menempel dan tertinggal pada lensa objektif.

Dengan demikian, jawaban yang paling tepat adalah B.

Roboguru

Perhatikan gambar mikroskop cahaya berikut. Bagaimanakah cara yang aman dan benar untuk memindahkan alat ini?

Pembahasan Soal:

Praktikum di laboratorium tidak akan terlepas dari alat dan bahan yang akan digunakan. Alat-alat laboratorium  adalah semua benda yang dapat digunakan secara berulang-ulang untuk  kegiatan di laboratorium. Salah satunya mikroskop. Mikroskop merupakan alat yang berfungsi untuk memperbesar ukuran objek dari ukuran sebenarnya. Mikroskop yang sering digunakan di sekolah adalah mikroskop cahaya. Manfaat mikroskop cahaya yakni dapat digunakan untuk sel hidup, sehingga memungkinkan untuk mengamati perilaku normal sel seperti membelah diri, bergerak dan berpindah tempat. Berikut bagian-bagian dari mikroskop yaitu lensa okuler, tabung mikroskop, revolver, lensa obyektif, penjepit obyek, meja mikroskop, cermin, diafragma, kaki mikroskop, lengan mikroskop, pemutar kasar dan pemutar halus. Beberapa hal yang perlu diperhatikan mengenal cara perawatan dan penggunaan mikroskop yaitu membawa mikroskop menggunakan dua tangan. Tangan yang satu memegang lengan mikroskop, dan tangan satunya lagi memegang kaki mikroskop. JIka mikroskop telah selesai digunakan, maka bersihkan kembali segala kotoran yang ada dengan cara dilap dengan kain halus, kemudian kembalikan ke kotak asalnya, dengan kondisi lensa objektif yang memiliki perbesaran lemah dan keadaan mikroskopnya tegak. Mikroskop disimpan di dalam kotak yang dibungkus oleh plastik agar tidak berdebu.

Jadi, cara yang aman dan benar untuk memindahkan mikroskop yaitu membawa mikroskop menggunakan dua tangan. Tangan yang satu memegang lengan mikroskop, dan tangan satunya lagi memegang kaki mikroskop.space 

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved