Iklan

Iklan

Pertanyaan

Bagaimanakah struktur teks berita?

Bagaimanakah struktur teks berita?space 

Iklan

A. Acfreelance

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Jawaban

struktur teks berita ialah judul, lead/teras berita, body/tubuh/badan, dan leg/kaki/ekor.

struktur teks berita ialah judul, lead/teras berita, body/tubuh/badan, dan leg/kaki/ekor.space 

Iklan

Pembahasan

Berita adalah informasi baru atau informasi mengenai sesuatu yang sedang terjadi , disajikan lewat bentuk cetak, siaran, internet, atau dari mulut ke mulut kepada orang ketiga atau orang banyak. Struktur teks berita: Judul Judul berita harus menggambarkan inti terpenting berita. Judul ditulis secara singkat, padat, dan menarik. Judul merupakan kata kunci yang mewakili keseluruhan isi berita. Judul harus dibuat semenarik mungkin sehingga pembaca tertarik untuk membaca berita tersebut. Hal ini karena sebelum membaca pada isi berita, pembaca akan melihat judul berita terlebih dahulu. Lead /teras berita Teras berita disebut juga lead , merupakan paragraf pertama sebuah berita. Lead merupakan bagian penting dan juga bagian tersulit dalam suatu berita yang memudahkan pembaca memahami bagian yang terpenting dari keseluruhan isi berita. Body /tubuh/badan Pada tubuh berita, isi berita merupakan kelanjutan teras berita yang dapat memberitahukan secara lebih rinci tentang keseluruhan peristiwa yang diberitakan. Tubuh berita memuat fakta atau informasi penambahatau pelengkap keterangan. Pada badan berita biasanya memuat unsur bagaimana ( how ) dan mengapa ( why ). Bagian ini akan lebih mudah karena hanya merupakan rincian dan penjelasan dari teras berita. Leg/ kaki/ekor Biasanya disebut juga ekor berita. Di bagian ini, berbagai data yang tidak terlalu penting ditempatkan. Misalnya, daftar nama orang-orang yang mengalami kecelakaan atau hal-hal lain yang jika dihilangkan oleh editor tidak terlalu berpengaruh terhadap substansi atau pokok bahasan berita tersebut. Dengan demikian, struktur teks berita ialah judul, lead/teras berita, body/tubuh/badan, dan leg/kaki/ekor.

Berita adalah informasi baru atau informasi mengenai sesuatu yang sedang terjadi, disajikan lewat bentuk cetak, siaran, internet, atau dari mulut ke mulut kepada orang ketiga atau orang banyak.

Struktur teks berita:

  1. Judul
    Judul berita harus menggambarkan inti terpenting berita. Judul ditulis secara singkat, padat, dan menarik. Judul merupakan kata kunci yang mewakili keseluruhan isi berita. Judul harus dibuat semenarik mungkin sehingga pembaca tertarik untuk membaca berita tersebut. Hal ini karena sebelum membaca pada isi berita, pembaca akan melihat judul berita terlebih dahulu. 
  2. Lead/teras berita
    Teras berita disebut juga lead, merupakan paragraf pertama sebuah berita. Lead merupakan bagian penting dan juga bagian tersulit dalam suatu berita yang memudahkan pembaca memahami bagian yang terpenting dari keseluruhan isi berita.
  3. Body/tubuh/badan
    Pada tubuh berita, isi berita merupakan kelanjutan teras berita yang dapat memberitahukan secara lebih rinci tentang keseluruhan peristiwa yang diberitakan. Tubuh berita memuat fakta atau informasi penambah atau pelengkap keterangan. Pada badan berita biasanya memuat unsur bagaimana (how) dan mengapa (why). Bagian ini akan lebih mudah karena hanya merupakan rincian dan penjelasan dari teras berita.
  4. Leg/kaki/ekor
    Biasanya disebut juga ekor berita. Di bagian ini, berbagai data yang tidak terlalu penting ditempatkan. Misalnya, daftar nama orang-orang yang mengalami kecelakaan atau hal-hal lain yang jika dihilangkan oleh editor tidak terlalu berpengaruh terhadap substansi atau pokok bahasan berita tersebut.

Dengan demikian, struktur teks berita ialah judul, lead/teras berita, body/tubuh/badan, dan leg/kaki/ekor.space 

71

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Bagaimana dengan bagian-bagian yang membangun teks tersebut? Cobasebutkan, kemudian tulis bagian-bagian tersebut!

66

0.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia