Iklan

Iklan

Pertanyaan

Bagaimanakah mekanisme transport melalui membran?

Bagaimanakah mekanisme transport melalui membran?space 

Iklan

N. Puspita

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Iklan

Pembahasan

Pembahasan
lock

Membran sel berfungsi membatasi sel dan lingkungan sekitar. Sel memperoleh bahan-bahan yang dibutuhkan untuk berbagai proses metabolismenya dari lingkungan di luar sel. Bahan-bahan yang diperoleh dari lingkungan luar harus melewati membran sel terlebih dahulu sebelum masuk ke dalam sel. Beberapa mekanisme sel dalam memperoleh bahan-bahan yang dibutuhkan, antara lain difusi, osmosis, transpor aktif, endositosis, dan eksositosis. Difusi , merupakan proses perpindahan suatu zat yang terjadi secara spontan ketika ada perbedaan tekanan difusi, dari tekanan yang tinggi ke arah tekanan yang lebih rendah. Osmosis , merupakan proses perpindahan pelarut melewati sebuah membran semipermeabel. Osmosis dapat diartikan sebagai proses difusi air sebagai pelarut, melewati sebuah membran semipermeabel. Masuknya air ini dapat menyebabkan tekanan air yang disebut tekanan osmotik. Pada sel tanaman disebut tekanan turgor. Transpor aktif , merupakan mekanisme pemindahan molekul atau zat tertentu melalui membran sel, berlawanan arah dengan gradien konsentrasi. Sehingga harus ada energi tambahan dari sel yang digunakan untuk membantu perpindahan tersebut. Zat yang dipindahkan dengan cara transpor aktif pada umumnya adalah zat yang memiliki ukuran molekul cukup besar sehingga tidak mampu melewati membran sel. Endositosis , merupakan mekanisme pemindahan benda dari luar ke dalam sel. Membran sel membentuk pelipatan ke dalam (invaginasi) dan memakan benda yang akan dipindahkan ke dalam sel. Eksositosis , merupakan proses mengeluarkan benda dari dalam sel keluar sel. Membran yang menyelubungi sel tersebut akan bersatu atau berfusi dengan membran sel.

Membran sel berfungsi membatasi sel dan lingkungan sekitar. Sel memperoleh bahan-bahan yang dibutuhkan untuk berbagai proses metabolismenya dari lingkungan di luar sel. Bahan-bahan yang diperoleh dari lingkungan luar harus melewati membran sel terlebih dahulu sebelum masuk ke dalam sel. Beberapa mekanisme sel dalam memperoleh bahan-bahan yang dibutuhkan, antara  lain  difusi,  osmosis,  transpor  aktif,  endositosis,  dan  eksositosis.

  1. Difusi, merupakan  proses  perpindahan  suatu  zat  yang  terjadi  secara spontan  ketika  ada perbedaan tekanan difusi, dari tekanan yang tinggi ke arah tekanan yang lebih  rendah.
  2. Osmosis, merupakan proses perpindahan pelarut melewati sebuah membran semipermeabel. Osmosis dapat diartikan sebagai proses difusi air sebagai pelarut, melewati  sebuah membran semipermeabel. Masuknya air ini dapat menyebabkan tekanan air yang  disebut tekanan osmotik.  Pada  sel  tanaman  disebut  tekanan  turgor.
  3. Transpor  aktif, merupakan  mekanisme  pemindahan  molekul  atau  zat tertentu melalui membran sel, berlawanan arah dengan gradien konsentrasi. Sehingga harus ada energi tambahan dari sel yang digunakan untuk membantu perpindahan tersebut. Zat yang dipindahkan dengan cara transpor aktif pada umumnya adalah zat  yang  memiliki  ukuran molekul  cukup  besar  sehingga  tidak  mampu melewati  membran  sel.
  4. Endositosis, merupakan  mekanisme  pemindahan  benda  dari  luar  ke dalam  sel. Membran  sel  membentuk  pelipatan  ke  dalam (invaginasi)  dan  memakan benda  yang  akan dipindahkan  ke  dalam  sel.
  5. Eksositosis, merupakan  proses  mengeluarkan  benda  dari  dalam  sel  keluar sel. Membran yang menyelubungi sel tersebut akan bersatu atau berfusi dengan membran sel.space 

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

5

Sami Yem

Bantu banget

Chintike Natali

Bantu banget

Aurel Alfarizqi Putri

Pembahasan tidak lengkap

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Tempat terjadinya transpor pasif?

1

5.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

[email protected]

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia