Roboguru

Bagaimanakah gerakan elektron yang beredar mengelilingi inti atom menurut teori atom Bohr dan Louis de Broglie? Jelaskan!

Pertanyaan

Bagaimanakah gerakan elektron yang beredar mengelilingi inti atom menurut teori atom Bohr dan Louis de Broglie? Jelaskan!space 

Pembahasan Soal:

Menurut teori atom Bohr, elektron bergerak mengelilingi inti atom pada lintasan yang memiliki tingkat energi tertentu. Model atom Bohr seperti sistem tata surya. Elektron dapat berpindah dari satu lintasan ke lintasan lainnya dengan cara menyerap / melepas energi.

Sementara menurut Louis de Broglie, elektron dapat bersifat sebagai partikel dan gelombang. Adanya sifat gelombang dari elektron menunjukkan bahwa elektron sebenarnya tidak bergerak dalam lintasan dengan tingkat energi tertentu melainkan tersebar di dalam ruang atom.

Jadi, dapat disimpulkan bahwa menurut teori atom Bohr, elektron bergerak mengelilingi inti atom pada lintasan yang memiliki tingkat energi tertentu. Sedangkan menurut Louis de Broglie, kedudukan elektron menyebar di dalam ruang atom, bukan pada lintasan.space 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Terakhir diupdate 10 Juni 2021

Ruangguru

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved