Bagaimanakah cara VOC mempertahankan kekuasaannya di Hindia Belanda? Jelaskan.

Pertanyaan

Bagaimanakah cara VOC mempertahankan kekuasaannya di Hindia Belanda? Jelaskan.

N. Puspita

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Jawaban

dapat disimpulkan bahwa cara voc mempertahankan kekuasaannya adalah dengan menerapkan beberapa kebijakan-kebijakan mulai dari monopoli hingga devide et impera

Pembahasan

Cara VOC mempertahankan kekuasaannya di Hindia Belanda adalah dengan menerapkan beberapa kebijakan-kebijakan, diantaranya adalah:

  1. Monopoli. Monopoli perdagangan VOC dilakukan dengan cara menentukan jenis tanaman yang boleh ditanam seizin VOC, menentukan daerah dan luas wilayah yang digunakan untuk menanam, dan menentukan harga jual tanaman tersebut. Dengan demikian, bangsa Indonesia tidak memiliki kebebasan dalam berdagang dengan VOC.
  2. Ekstirpasi. Ekstirpasi adalah pemusnahan tanaman perkebunan milik pribumi untuk mengendalikan harga pasar sehingga dapat menguntungkan VOC sebagai pemegang hak monopoli.
  3. Pelayaran hongi atau hongi tochten. Pelayaran hongi dilakukan di wilayah perairan Maluku untuk mencegah terjadinya perdagangan gelap antara bangsa Indonesia dengan bangsa asing selain Belanda.
  4. Strategi divide et impera atau politik adu domba. VOC sering kali ikut campur dalam urusan internal pemerintahan di kerajaan-kerajaan Nusantara dalam beberapa kasus atas permintaan pihak kerajaan yang bertikai. Apabila terdapat perseteruan antarkeluarga kerajaan atau antarkerajaan di Nusantara, VOC akan mendekati salah satu pihak untuk menawarkan bantuan. Jika tawarannya diterima, VOC akan membantu dengan imbalan perjanjian yang isinya akan menguntungkan bagi VOC. Contohnya, pada 1607, ketika berhasil membantu sultan Ternate mengusir bangsa Portugis dari Ternate, VOC diizinkan mendirikan Benteng Oranye. VOC juga memanfaatkan kaum elite pribumi dalam melakukan penarikan hasil bumi. Akibatnya, terjadi perselisihan antarbangsa pribumi sehingga rakyat Nusantara sulit untuk bersatu.

Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa cara voc mempertahankan kekuasaannya adalah dengan menerapkan beberapa kebijakan-kebijakan mulai dari monopoli hingga devide et impera

549

5.0 (1 rating)

Pertanyaan serupa

Tujuan VOC terlibat dalam urusan internal kerajaan-kerajaan di Nusantara adalah...

9rb+

5.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia