Roboguru

Bagaimanakah cara memperoleh data kualitatif?

Pertanyaan

Bagaimanakah cara memperoleh data kualitatif?  

Pembahasan Soal:

Data kualitatif adalah data yang berupa kata-kata yang bermakna, yang berhubungan dengan karakteristik dalam bentuk sifat (bukan angka). Data kualitatif dapat diperoleh dengan menggunakan obeservasi, wawancara, suvei, analisis dokumen dan diskusi grup. 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

D. FRANATU

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Surabaya

Terakhir diupdate 12 September 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Daftar pertanyaan, kadang disertai dengan jawaban alternatif, termasuk jenis wawancara ....

Pembahasan Soal:

Wawancara adalah tanya jawab antara 2 pihak yaitu pewawancara dan narasumber untuk memperoleh data, keterangan atau pendapat tentang suatu informasi. Wawancara terstruktur adalah jenis wawancara dimana pewawancara menyiapkan format yang sudah dibuat sebelumnya. Selain itu teknik yang digunakan dalam wawancara terstruktur juga sangat sistematis satu dapat dikatan termasuk jenis wawancara formal. Jadi, dalam wawancara terstruktur yang digunakan dalam penelitian, pengumpul data telah mengetahui dengan pasti informasi yang akan diperoleh. Sehingga pengumpul data telah menyaipkan pertanyaan dengan alternatif jawaban-jawabannya.space 

0

Roboguru

Jelaskan tiga macam teknik pengumpulan data primer!

Pembahasan Soal:

Data primer adalah data yang diperoleh langsung dari sumber pertama/ subjek penelitian di lapangan. Data primer dapat diperoleh menggunakan beberapa teknik yaitu:

  • Wawancara.
    Wawancara teknik memperoleh data/ informasi dengan memberikan pertanyaan kepada narasumber/ subjek penelitian. Hasil wawancara dapat dicatat, direkam oleh peneliti yang kemudian dituangkan ke dalam transkrip untuk menjadi data penelitan.
  • Kuesioner/ angket.
    Kuesioner/ angket merupakan teknik pengumpulan data berupa penyebaran angket yang memuat pertanyaan-pertanyaan untuk mendapatkan data/ informasi terkait penelitian yang dilakukan dengan mencatat informasi yang ditemukan di lapangan atau dari narasumber.
  • Observasi.
    Observasi adalah teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan cara mengamati fenomena yang terjadi secara langsung di lapangan. Dalam mengamati fenomena, perlu dilakukan pencatatan atau dokumentasi.

0

Roboguru

Tuliskan lima jenis metode pengumpulan data!

Pembahasan Soal:

Dalam penelitian geografi ada lima metode pengumpulan data. Metode pengumpulan data adalah sebagai berikut :

  1. Wawancara 
  2. Observasi
  3. Angket
  4. Studi dokumentasi
  5. Studi lapangan 

0

Roboguru

Yanti sangat tertarik pada kehidupan masyarakat Baduy di pedalaman Banten, sehingga ia ingin melakukan penelitian lebih lanjut. Untuk mendapatkan data yang valid, Yanti menggunakan dua teknik pengumpu...

Pembahasan Soal:

Penelitian adalah kegiatan menyelidiki, mengembangkan, dan menguji kebenaran secara mendalam untuk memecahkan suatu permasalahan

Teknik pengumpulan data sangat berperan penting dalam penelitian yaitu untuk mendapatkan data yang diinginkan agar sesuai dengan yang dibutuhkan peneliti. Berdasarkan pernyataan pada soal tersebut, teknik pengumpulan data yang lebih efektif adalah dengan menggunakan metode wawancara. Hal tersebut karena metode wawancara memberikan informasi lebih detail dan mendalam. Data yang didapat dari hasil wawancara langsung dari masyarakat baduy dan tingkat validitasnya lebih tinggi. Jika menggunakan metode kuesioner data yang didapat memiliki tingkat validitas yang rendah karena data tersebut dapat dimanipulasi.

Jadi, jawaban yang tepat adalah D.space

0

Roboguru

Berikut ini yang tidak termasuk metode pengumpulan data dalam penelitian adalah....

Pembahasan Soal:

Dalam suatu penelitian, data merupakan salah satu komponen yang paling penting untuk menunjang keberhasilan penelitian. Data yang digunakan pun harus data yang benar-benar baik. Data yang baik akan didapatkan jika dikumpulkan dengan teknik yang baik. Metode dalam pengumpulan data tersebut diantaranya menggunakan angket/kuesioner, observasi, wawancara, studi pustaka, dan lainnya.

Jadi, jawaban yang benar adalah E.

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved