Roboguru

Bagaimanakah aktivitas lempeng-lempeng bumi dapat menimbulkan fenomena gempa bumi? Apa dampak yang ditimbulkan dari terjadinya gempa bumi?

Pertanyaan

Bagaimanakah aktivitas lempeng-lempeng bumi dapat menimbulkan fenomena gempa bumi? Apa dampak yang ditimbulkan dari terjadinya gempa bumi?space 

Pembahasan Soal:

Lempeng-lempeng tektonik bumi bergerak saling menjauh atau mendekat, bahkan menabrak. Hal ini disebabkan oleh adanya arus konveksi di dalam bumi. Pergeseran lempeng tektonik dapat menyebabkan terjadinya gempa bumi. Meskipun gempa bumi menakutkan, tetapi merupakan sebuah katup pengaman sebagai pencegah adanya bencana selanjutnya karena secara perlahan menimbulkan pengurangan tegangan dalam bumi. Dampak yang ditimbulkan oleh gempa bumi dapat dibagi menjadi dua yakni dampak secara langsung dan dampak secara tidak langsung. 

  1. Dampak secara langsung
    Dampak secara langsung adalah dampak yang langsung dirasakan saat gempa bumi teradi seperti tanah retak dan gedung runtuh.
  2. Dampak secara tidak langsung
    Dampak secara tidak langsung adalah dampak yang dirasakan setelah terjadi gempa bumi seperti tsunami, likuifaksi, tanah longsor, dll. 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

E. Rocky

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Surabaya

Terakhir diupdate 13 September 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Zona Semangko terbentuk karena pertemuan dua lempeng yaitu ....

Pembahasan Soal:

Terbentuknya Patahan Semangko atau Sesar Besar Sumatera bermula sejak jutaan tahun lampau saat Lempeng (Samudra) Hindia-Australia menabrak secara menyerong bagian barat Sumatra yang menjadi bagian dari Lempeng (Benua) Eurasia.

0

Roboguru

Fenomena yang terjadi di subduction zone sebagai akibat gerak konvergen adalah ...

Pembahasan Soal:

Fenomena yang terjadi di subduction zone sebagai akibat gerak konvergen adalah:

  • (trench), pematang gunung berapi (volcanic ridges), dan parit samudera (oceanic trenches). 
  • Subduksi merupakan zona yang terdapat pada batas antar lempeng yang bersifat konvergen. Akibat perbedaan massa jenis antara kedua jenis lempeng tersebut, maka lempeng yang lebih besar massa jenisnya menunjam kebawah lempeng lainnya.

0

Roboguru

Pertemuan anta dua lempeng samudra dapat mengakibatkan subduksi ditengah laut dan membentuk ….

Pembahasan Soal:

Pada dasarnya, setiap lempeng memiliki densitas masing masing. Perbedaan sedikit saja bisa menentukan siapa yang kalah dan siapa yang menang. Ketika kita bicara tentang dua lempeng samudera yang bertemu, tentu lempeng manapun yang densitasnya lebih berat juga akan menunjam di bawah lempeng yang lain. Sama seperti konvergen antara lempeng samudera dan benua, gerakan ini juga membentuk palung laut dan subduksi. Layaknya gerakan subduksi yang mengakibatkan terbentuknya gunung api aktif, tetapi karena berada di tengah laut, gugusan gunung-gunung ini lebih lazim kita kenal dengan sebutan busur kepulauan atau island arcs.undefined 

Jadi, jawaban yang tepat adalah B.

0

Roboguru

Subduksi merupakan penujaman lempeng samudra di bawah Iempeng benua. Fenomena tersebut berdampak terhadap karakteristik batuan dan kenampakan di zona subduksi. Jelaskan dampak gerak subduksi tersebut!

Pembahasan Soal:

Subduksi yaitu proses yang terjadi pada batas konvergen di mana lempeng samudera dan lempeng benua mendekat, satu lempeng tektonik bergerak di bawah lempeng akibat perbedaan berat jenis. Salah satu penyebab lapisan batuan kerak samudra memiliki berat jenis besar adalah tingkat kepadatan batuannya. Akibat gerakan subduksi terbentuk rangkaian gunungapi di daratan dan palung laut di dasar laut. Aktivitas lempeng di zona subduksi dipicu oleh arus konveksi panas Bumi, sehingga zona subduksi rawan oleh aktivitas tektonik dan kawasan subduksi biasanya rawan terjadi bencana gempa bumi.undefined 

0

Roboguru

Nama-nama pegunungan: (1) Pegunungan Ural (2) Pegunungan Himalaya (3) Pegunungan Alpen (4) Pegunungan Rocky (5) Pegunungan Andes   Pegunungan yang terbentuk sebagai bukti pergerakan lempeng Ben...

Pembahasan Soal:

Pergerakan lempeng tersebut juga disebut dengan zona subduksi sebagai hasil dari pergerakan konvergen. Pegunungan Ural dan Alpen terjadi karena tumbukan kerak benua. Sedangkan poegunungan Himalaya terbentuk akibat tumbukan antara kerak kontinental dengan kerak samudera. Maka pegunungan yang terbentuk akibat pergerakan lempeng Benua Amerika dan lempeng dasar Samudra Pasific adalah pegunungan Rocky dan Andes.

Gambar pergerakan konvergen

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved