Roboguru

Bagaimana upaya yang dilakukan bangsa Indonesia dalam mempertahankan kemerdekaan?

Pertanyaan

Bagaimana upaya yang dilakukan bangsa Indonesia dalam mempertahankan kemerdekaan?

  1. ...

  2. ...

Pembahasan Soal:

Sudak menjadi kewajiban kita untuk tetap mempertahankan kemerdekaan Indonesia untuk menggapai cita-cita Indonesia yang merdeka, adil, dan makmur. Sebagai anak bangsa, sudah seharusnya kita mempertahankan Indonesia serta mempertahankan kemerdekaan sesuai dengan cita-cita bangsa Infonesia yaitu:

  1. Melindungi segenap bangsa indoenesia dan seluruh tumpah darah Indonesia.
  2. Memajukan kesejahteraan umum.
  3. Mencerdaskan kehidupan bangsa.
  4. Ikut melaksanakan ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi dan keadilan sosial.

Dengan demikian, berikut ini upaya yang dilakukan bangsa Indonesia dalam mempertahankan kemerdekaan adalah:

  1. Belajar dengan sungguh-sungguh agar dapat mengharumkan nama bangsa.
  2. Menghargai satu sama lain.
  3. Menciptakan lingkungan masyarakat yang aman, damai, dan sejahtera.
  4. Tidak berbuat kerusuhan.
  5. Melestarikan budaya Indonesia dengan tidak mengikuti budaya barat yang negatif.
  6. Mencontoh sikap dan perjuangan para pahlawan, seperti berani menegakkan kebenaran.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

F. Putri

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Lampung

Terakhir diupdate 04 Juni 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Di bawah ini negara yang membantu Indonesia menembus blokade ekonomi Belanda melalui jalur politik adalah....

Pembahasan Soal:

Setelah kemerdekaan Indonesia, Belanda berambisi ingin menguasai kembali wilayah Indonesia. Keinginan untuk menguasai Indonesia terlihat jelas ketika Belanda melakukan blokade ekonomi sejak bulan November 1945. Dalam pelaksanaannya, Belanda memusatkan blokade di jalur perdagangan laut. Pemerintah Indonesia berusaha menembus blokade ekonomi Belanda dengan melaksanakan diplomasi beras ke India. Tindakan tersebut dilakukan atas inisiatif Perdana Menteri Sultan Sjahrir. Pada tahun 1946 pemerintah Indonesia mendengar bahwa rakyat India dilanda bencana kelaparan. Pada saat yang sama, pemerintah Indonesia mengalami surplus beras sekitar 200.000-400.000 ton. Akhirnya, pemerintah Indonesia memutuskan mengirim bantuan beras 500.000 ton kepada India. Bagi Indonesia, bantuan beras ke India tersebut mengandung muatan politis.undefined


Jadi, jawaban yang tepat adalah D.undefined

1

Roboguru

Jelaskan pemberontakan pada awal mempertahankan kemerdekaan!

Pembahasan Soal:

Startegi mempertahankan kemerdekaan dilakukan melalui dua jalur, jalur senjata dan jalur diplomasi. Melalui jalur senjata, Indonesia dihadapkan perlawanan dari sekutu dan pemberontakan. dalam negeri. Pemberontakan tersebut di antaranya pemberontakan Partai Komunis Indonesia di Madiun pada tahun 1948, pembrontakan DI/TII Jawa Barat, Pembrontakan DI/TII Jawa Tengah, pembrontakan DI/TII Aceh, pembrontakan DI/TII Sulawesi Selatan, pemberontakan Angkatan Perang Ratu Adil (APRA), pemberontakan Andi Azis, dan pemberontakan Republik Maluku Selatan.

Jadi, jawabannya adalah pemberontakan dalam negeri yang terjadi di beberapa wilayah Indonesia seeprti PKI Madiun hingga pemberontakan RMS.

0

Roboguru

Apa pengertian dari Masa Kemerdekaan (1945-1950) ...

Pembahasan Soal:

Periodisasi sejarah Indonesia pada tahun 1945-1950 disebut sebagai Masa Revolusi Indonesia. Masa Revolusi atau usaha untuk mempertahankan kemerdekaan Indonesia itu terjadi disebabkan kedatangan Sekutu dan NICA (Netherlands Indies Civil Administration) atau Pemerintahan Sipil Hindia Belanda yang dianggap dan terindikasi ingin menguasai kembali Indonesia pasca kemerdekaanya. Adapun bentuk usaha perjuangan untuk mempertahankan kemerdekaan Indonesia terbagi dalam dua cara. Pertama, yaitu perang fisik sebagaimana terlihat dalam serangkaian Pertempuran Surabaya, Ambarawa, Bandung Lautan Api dan sebagainya. Kedua adalah dengan jalan diplomasi, yakni jalur perundingan antara pemerintahan Indonesia dan Belanda, seperti Perundingan Linggarjati, Renville, Roem-Royen dan Konferensi Meja Bundar. 

Dengan memahami begitu, maka pengertian Indonesia pada masa 1945-1950 adalah usaha perjuangan bangsa Indonesia dalam mempertahankan kemerdekaanya.

0

Roboguru

Apakah perbedaan perjuangan secara diplomasi dan konfrontasi?

Pembahasan Soal:

Upaya mempertahankan serta memperjuangkan kemerdekaan Indonesia dilakukan dengan cara diplomasi serta konfrontasi. Diplomasi merupakan upaya mempertahankan kemerdekaan secara damai dan melalui perundingan. Sedangkan konfrontasi merupakan upaya untuk mempertahankan atau memperjuangkan kemerdekaan dengan cara berperang atau perjuangan fisik. 

Dengan demikian, perjuangan diplomasi dilakukan melalui perundingan sedangkan konfrontasi melalui peperangan.

0

Roboguru

Perjuangan mempertahankan kemerdekaan atau sering disebut dengan Perang Kemerdekaan (1945-1949), bangsa Indonesia memakai dua strategi dalam menghadapi usaha Belanda yang hendak menguasai Indonesia, y...

Pembahasan Soal:

Pada masa Revolusi Indonesia berlangsung (1945-1949) pertempuran terjadi hampir di seluruh wilayah Indonesia. Terdapat dua cara yang ditempuh oleh rakyat Indonesia dalam mempertahankan kemerdekaan dari ancaman sekutu dan Belanda, yaitu jalur bersenjata dan jalur diplomasi. Jalur diplomasi dilakukan karena faktor pertimbangan lebih banyak jatuhnya korban jiwa dari masing-masing pihak, baik Indonesia maupun Belanda. Berbagai diplomasi secara berentetan telah dilakukan oleh kedua pihak, membuktikan adanya upaya untuk mencari jalan keluar dari konflik yang ada. Namun jalur diplomasi tidak berjalan dengan semestinya dan menimbulkan kerugian bagi pihak Indonesia, sehingga timbulah perlawanan fisik karena adanya pihak-pihak yang merasa tidak puas dengan hasil dari jalur diplomasi.

Dengan demikian, cara perjuangan diplomasi yang dilakukan oleh bangsa Indonesia dalam mempertahankan kemerdekaan dilakukan karena adanya faktor pertimbangan banyak jatuhnya korban jiwa, baik dari pihak Indonesia maupun pihak Belanda. Meminimalisir hal itu, maka ditempuhlah jalur diplomasi. Sementara itu, alasan dilakukannya jalur bersenjata (perlawanan fisik) dikarenakan adanya pihak-pihak yang tidak puas dengan hasil dari jalur diplomasi yang menimbulkan banyak kerugian bagi bangsa Indonesia.

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved