Roboguru

Bagaimana upaya pemerintah dalam rangka mengurangi peredaran narkoba di Indonesia?

Pertanyaan

Bagaimana upaya pemerintah dalam rangka mengurangi peredaran narkoba di Indonesia?undefined

Pembahasan Video:

Pembahasan Soal:

Upaya pemerintah dalam rangka mengurangi peredaran narkoba di Indonesia adalah

  1. Pemerintah pusat dan daerah terus berkomunikasi dalam rangka penyelenggaraan program-program dan pelaksanaan pencegahan penggunaan narkoba.
  2. Meningkatan terapi dan rehabilitasi pecandu dan penyalahgunaan narkoba. 
  3. Meningkatkan keberanian menghukum mereka yang terlibat. Tak hanya para pengedar, dalang di balik setiap peredaran narkoba juga diminta untuk dibasmi.
  4. Melakukan pengawasan di Lembaga Pemasyarakatan (LP) yang menampung para penjahat narkoba.
  5. Mengenali modus-modus peredaran baru dalam penyelundupan narkoba.undefined

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

N. Puspita

Terakhir diupdate 30 Agustus 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Mengapa narkotika dan psikotropika dilarang peredarannya? Jelaskan jawaban kamu!

Pembahasan Soal:

Zat adiktif adalah zat aktif yang jika dikonsumsi oleh organisme hidup, maka dapat menyebabkan kerja biologi serta menimbulkan efek ketergantungan atau adiksi yang sulit dihentikan.

Zat Adiktif Narkotika
Zat adiktif narkotika adalah zat yang peredarannya dilarang di seluruh dunia dan tercantum pelarangannya pada undang-undang. Zat ini jika dikonsumsi dapat menyebabkan penurunan dan perubahan kesadaran, hilangnya rasa, menghilangkan atau mengurangi rasa nyeri, dan menimbulkan ketergantungan yang parah.

Zat Adiktif Psikotropika
Zat adiktif psikotropika adalah golongan zat yang masih termasuk kedalam zat yang dilarang dalam undang-undang. Efek yang dihasilkan tidak terlalu berbeda dengan saudaranya yang masuk dalam zat adiktif narkotika. Tetapi zat psikotropika lebih memengaruhi sistem syaraf pusat dan merubah perilaku serta mental penggunanya.

Jadi, zat narkotika dan psikotropika dilarang peredarannya karena dapat menyebabkan penurunan dan perubahan kesadaran, hilangnya rasa, menghilangkan atau mengurangi rasa nyeri, dan menimbulkan ketergantungan yang parah dan memengaruhi sistem syaraf pusat dan merubah perilaku serta mental penggunanya.space

0

Roboguru

Menurut pendapatmu bagaimana caranya agar seseorang dapat berhenti dari menggunakan narkoba, padahal gejala kecanduan narkoba sangat menyakitkan?

Pembahasan Soal:

Cara yang dapat dilakukan untuk mengobati ketergantungan pada Narkoba adalah melalui Rehabilitasi Narkoba. Rehabilitasi Narkoba melalui beberapa tahapan, yaitu:

  1. Pemeriksaan
    Pemeriksaan dilakukan tidak hanya oleh dokter tetapi juga terapis. Pemeriksaan bertujuan untuk mengetahui sejauh mana kecanduan yang dialami dan adakah efek samping yang muncul. Jika si pemakai mengalami depresi atau bahkan gangguan perilaku, maka terapis akan menyembuhkan efek tersebut baru melakukan rehabilitasi.
     
  2. Detoksifikasi
    Mengatasi kecanduan harus melalui beberapa tahapan dan salah satu yang cukup berat adalah detoksifikasi. Di sini pengguna harus 100% berhenti menggunakan obat-obatan berbahaya tersebut. Selama proses detoksifikasi, dokter akan meringankan efek yang tidak mengenakkan tersebut dengan memberikan obat. Di samping itu, pecandu juga harus memperbanyak minum air agar tidak terkena dehidrasi serta mengkonsumsi makanan bergizi untuk memulihkan kondisi tubuh.
  3. Stabilisasi
    Stabilisasi bertujuan untuk membantu pemulihan jangka panjang dengan memberikan resep dokter. Tidak hanya itu, pemikiran tentang rencana ke depan pun diarahkan agar kesehatan mental tetap terjaga dan tidak kembali terjerumus dalam bahaya obat-obatan terlarang.

  4. Pengelolaan Aktivitas
    Jika sudah keluar dari rehabilitasi, pecandu yang sudah sembuh akan kembali ke kehidupan normal. Diperlukan pendekatan dengan orang terdekat seperti keluarga dan teman agar mengawasi aktivitas mantan pemakai.undefined

0

Roboguru

Tuliskan gejala fisik yang dialami oleh pecandu narkoba!

Pembahasan Soal:

Narkoba merupakan zat adiktif yang dapat mengurangi rasa nyeri dan mempengaruhi perilaku dan mental penggunanya. Pecandu narkoba sebenarnya cukup mudah dikenali dari fisiknya yaitu dengan ciri mata merah, pupil mengecil, pola tidur dan makan berubah, perubahan berat badan drastis, kelelahan, tidak peduli dengan penampilan, sempoyongan, batuk yang tak kunjung sembuh, dan kejang tanpa riwayat epilepsi.space 

0

Roboguru

Opium dihasilkan dari tanaman ....

Pembahasan Soal:

Opium merupakan tanaman semusim yang tumbuh di wilayah subtropis.spaceOpium sebagai bahan baku narkotika yang diambil getahnya dari tanaman Papaver somniferum.space

0

Roboguru

Apa yang kamu ketahui tentang rokok?

Pembahasan Soal:

Rokok adalah benda berbentuk silinder yang terbuat dari kertas berukuran panjang yang berisi daun-daun tembakau kering yang telah dicacah. 

Pada rokok mengandung zat adiktif berupa tar dan nikotin juga mengandung beberapa zat berbahaya lainnya.

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved