Roboguru

Bagaimana terjadinya gunung api di Indonesia?

Pertanyaan

Bagaimana terjadinya gunung api di Indonesia?space

Pembahasan Soal:

Terbentuknya gunung api di Indonesia akibat pergerakan lempeng India-Australia yang menabrak dan bergerak ke bawah/ menujam lempeng Eurasia. Tabrakan kedua lempeng ini kemudian membentuk Pegunungan Himalaya, Parit Sunda dan Jawa, serta dataran tinggi Nugini. Ketika lempeng India-Australia bertabrakan dengan lempeng Eurasia, lempeng tersebut longsor jauh ke dalam bumi di bawah Indonesia. Akibat suhu yang berada di dalam bumi sangat tinggi, lempeng-lempeng yang menujam ke bawah bumi melebur menjadi magma, kemudian magma muncul melalui retakan di permukaan bumi dan lama kelamaan akibat suhu dan tekanan mengalami pendinginan dan membentuk gunung-gunung berapi.space

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

T. Desti

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Jakarta

Terakhir diupdate 14 September 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Gerakan lempeng yang bersifat konvergensi memberikan dampak pada wilayah tumbukan, di antaranya pembentukan rangkaian pegunungan aktif. Bagaimana kaitan antara tumbukan lempeng tektonik dan kegiatan v...

Pembahasan Soal:

Gerakan Konvergen adalah gerakan lempeng-lempeng tektonik yang saling mendekat sehingga menimbulkan tumbukan yang menyebabkan salah satu lempeng tertekuk dan masuk ke bawah bagian lempeng lainnya. Lempeng yang masuk adalah lempeng samudra karena memiliki berat jenis yang lebih ringan dibandingkan lempeng benua. Penujaman dapat membentuk palung samudra dan pegunungan. Pada gerakan lempeng ini terjadi subduksi yaitu tabrakan antarlempeng di mana salah satu lempeng menghunjam ke bawah membentuk palung, sedangkan obduksi yaitu dua lempeng yang bertumbukan dan membentuk jalur pegunungan. Ketika lempeng samudra yang memiliki berat jenis lebih ringan dibandingkan lempeng benua menimbulkan celah atau retakan pada lapisannya. Hasil tumbukan yang masuk ke lempeng benua mengalami peleburan menjadi magma. Kemudian, magma yang terus beraktivitas dan jumlahnya banyak menerobos bagian lempeng benua yang memiliki celah atau retakan. Magma akan mengalir ke luar lempeng benua yang lama kelamaan mendingin akibat suhu dan tekanan menjadi batuan-batuan yang menyusun menjadi gunung api/ vulkanisme.

0

Roboguru

Perhatikan fenomena geosfer berikut ini! Plato Dieng Pegunungan Jayawijaya Dataran Rendah Pantura Palung Jawa Bukit Barisan Pertemuan Lempeng Indo Australia dengan Lempeng Eurasia menghasilka...

Pembahasan Soal:

Pertemuan Lempeng Indo Australia dengan Lempeng Eurasia terjadi karena adanya peregerakan lempeng yang saling mendekat (konvergen), sehingga mengakibatkan tumbukan antarlempeng. Tumbukan antarlempeng dapat menyebabkan terbentuknya bukit dan palung laut. Dengan demikian, pertemuan Lempeng Indo Australia dengan Lempeng Eurasia dapat menghasilkan bentukan berupa Palung Jawa dan Bukit Barisan.

Jadi, jawaban yang tepat adalah A. 

0

Roboguru

Indonesia berada pada pertemuan 3 lempeng, yaitu ....

Pembahasan Soal:

Indonesia merupakan daerah rawan gempa bumi karena dilalui oleh jalur pertemuan 3 lempeng tektonik, yaitu : Lempeng Indo-Australia, lempeng Eurasia, dan lempeng Pasifik. Lempeng Indo-Australia bergerak relatif ke arah utara dan menyusup ke dalam lempeng Eurasia, sementara lempeng Pasifik bergerak relatif ke arah barat.

Jadi, jawaban yang benar adalah A.

0

Roboguru

Apa artinya lempeng tektonik dan lempeng vulkanik?

Pembahasan Soal:

Lempeng tektonik merupakan lempeng yang berada di dasar bumi yang bisa mengakibatkan gempa tektonik yaitu gempa yang terjadi karena aktivitas lempeng lempeng bumi. Sedangkan, lempeng vulkanik identik dengan lempeng yang membentuk gunung berapi dan juga dapat menyebabkan gempa vulkanik yaitu gempa yang terjadi karena aktivitas vulkanik gunung berapi.

0

Roboguru

Pernyataan berikut ini berkaitan dengan letak geologis Indonesia, kecuali ....

Pembahasan Soal:

Pengaruh letak geologis Indonesia terhadap adalah sebagai berikut :

  1. Kepulauan Indonesia memiliki banyak gunung api yang aktif. terutama di wilayah barat. Hal ini disebabkan oleh wilayah barat dilalui oleh rangkaian sirkum pegunungan mediterania. Sirkum mediterania terdiri dari rangkaian pegunungan api yang masih muda, sehingga lebih berpotensi untuk aktif.
  2. Laut di Indonesia bagian barat merupakan laut dalam. Sedangkan wilayah tengah dan timur terdiri dari lautan yang dangkal. Hal ini dipengaruhi oleh kondisi geologis Indonesia yang dilalui oleh dangkalan Sunda dan Dangkalan Sahul. Selain itu juga terdapat wilayah di Indonesia yang terletak diantara dua dangkalan tersebut (Australia-Asiatis).
  3. Wilayah Indonesia menyimpan banyak tambang dan mineral seperti emas, perak dan besi. Hal ini dikarenakan banyak terdapat cekungan sedimen (sedimentary basin) yang disebabkan aktifitas tektonik di wilayah Indonesia. Cekungan sedimen mengakomodasikan sedimen yang dapat berubah menjadi batuan lain. Hal ini menyebabkan terjadinya endapan mineral.
  4. Wilayah Indonesia termasuk daerah “rawan bencana”. Di Indonesia sering terjadi gempa bumi tektonik ataupun gempa bumi vulkanik yang disebabkan aktivitas geologis.
  5. Pegunungan di Indonesia merupakan rangkaian dari pegunungan muda sirkum mediterania (wilayah barat) dan sirkum pasifik di wilayah timur.
  6. Di Indonesia terdapat banyak jenis tanah untuk pertanian dan perkebunan. Hal ini juga disebabkan oleh aktivitas gunung merapi yang menghasilkan tanah vulkanik. Tanah vulkanik mengandung banyak unsur hara yang menjadi indikator kesuburan tanah.
  7. Indonesia memiliki keanekaragaman hayati yang tinggi, baik flora maupun faunanya. Bahkan di Indonesia juga terdapat banyak flora dan fauna endemik yang menjadi flora dan fauna ynag dilindungi. Hal ini salah satunya dipengaruhi oleh dua dangkalan yang melalui wilayah Indonesia.
  8. Sering muncul gunung api di tengah laut. Terutama di wilayah barat Indonesia yang dilalui sirkum Mediterania. Gunung api muda yang masih aktif ini juga terdapat di tengah laut dan terus “berkembang”.

Jadi, jawaban yang benar adalah B. Hal ini dikarenakan Sirkum Mediterania bukan merupakan jalur pengunungan aktif.

1

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved