Pertanyaan

Bagaimana terjadinya bumi menurut salah satu teori?

Bagaimana terjadinya bumi menurut salah satu teori?space

T. Desti

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Jakarta

Jawaban terverifikasi

Pembahasan

Teori dua benua (Laurasia dan Gondwana) dicetuskan oleh Edward Zeuss (1884) dan Frank B. Taylor (1910) menyebutkan bumi awal mulanya terdiri dari dua benua yaitu Lurasia dan Gondwana yang seiring perjalanan waktu bergerak dan terpecah membentuk benua seperti sekarang. Teori kontraksi atau contraction theory yang dikemukakan Rane Descrates (1596-1650) bumi mengalami penyusutan dan pengkerutan dari masa ke masa yang disebabkan oleh proses pendinginan sehingga menyebabkan perbedaan bentuk dan relif muka bumi. Teori Apungan Benua dikemukakan oleh Alfred Lothar Wegener (1912), b umi awalnya hanya terdapat sebuah benua besar Pangea dan sebuah samudra Panthalasa yang bergeser secara perlahan ke arah ekuator dan barat.

  • Teori dua benua (Laurasia dan Gondwana) dicetuskan oleh Edward Zeuss (1884) dan Frank B. Taylor (1910) menyebutkan bumi awal mulanya terdiri dari dua benua yaitu Lurasia dan Gondwana yang seiring perjalanan waktu bergerak dan terpecah membentuk benua seperti sekarang.
  • Teori kontraksi atau contraction theory yang dikemukakan Rane Descrates (1596-1650) bumi mengalami penyusutan dan pengkerutan dari masa ke masa yang disebabkan oleh proses pendinginan sehingga menyebabkan perbedaan bentuk dan relif muka bumi.
  • Teori Apungan Benua dikemukakan oleh Alfred Lothar Wegener (1912), bumi awalnya hanya terdapat sebuah benua besar Pangea dan sebuah samudra Panthalasa yang bergeser secara perlahan ke arah ekuator dan barat.space

29

Iklan

Pertanyaan serupa

Menurut teori Dua Benua (Laurasia-Gondwana), yang termasuk dalam kawasan Laurasia adalah ...

553

0.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia