Roboguru

Bagaimana tahapan-tahapan dalam proses sintesis pr...

Bagaimana tahapan-tahapan dalam proses sintesis protein?undefined 

  1. ....undefined 

  2. ....undefined 

Jawaban:

Tahap pertama dalam sintesis protein adalah transkripsi. 

  1. Di dalam nukleus, RNA polimerase akan memisahkan untaian DNA menjadi dua dengan cara bergerak dari terminator ke promoter.
  2. Ketika RNA polimerase sampai di promoter maka proses ini dinamakan inisiasi.
  3. Selanjutnya, RNA polimerase akan kembali berjalan menuju ke terminator dan akan membentuk mRNA. Proses ini dinamakan elongasi.
  4. Ketika RNA polimerase dan mRNA telah sampai di terminator, maka proses transkripsi selesai. Terminasi adalah proses akhir dari transkripsi.

Ketika mRNA terbentuk, maka mRNA atau RNA messenger atau RNA “pembawa pesan” bisa membawa kode hasil salinan DNA ke ribosom. Setelah tiba di ribosom, maka proses translasi dapat dimulai.

  1. Pada tahap pertama inisiasi, kodon pertama mRNA yang bertemu dengan ribosom disebut kodon start. Kodon start ini adalah AUG.
  2. Selanjutnya pada tahap elongasi, kodon yang dibawa mRNA akan diterjemahkan menjadi asam amino. Masing-masing asam amino akan digabungkan oleh tRNA membentuk rantai polipeptida.
  3. Proses translasi berakhir ketika salah satu kodon stop (UAA, UAG, dan UGA) bertemu dengan ribosom (terminasi).undefined 

0

Ruangguru

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved