Roboguru

Bagaimana sikap orang Indonesia ketika orang Barat datang lebih awal ....

Pertanyaan

Bagaimana sikap orang Indonesia ketika orang Barat datang lebih awal ....undefined 

Pembahasan Soal:

Tahun 1512 Di bawah pimpinan Alfonso de Albuquerque Portugis sampai di Maluku. Kedatangan Portugis awalnya diterima baik oleh Sultan Ternate yang pada waktu itu sedang bermusuhan dengan Tidore. Portugis bahkan berhasil mendirikan benteng dan mendapatkan hak monopoli perdagangan rempah-rempah. Namun rakyat berbalik melawan setelah mengetahui niat tamak Portugis. Perlawanan tersebut muncul di beberapa daerah, seperti kesultanan Aceh dibawah Sultan Iskandar Muda, serta kesultanan Ternate dan Tidore dibawah Sultan Baabulah.

Sedangkan kedatangan Belanda ke Indonesia tahun 1596, di bawah pimpinan Cornelis de Houtman di Banten.  Pada saat itu Banten berada di bawah pemerintahan Maulana Muhammad. Kedatangan rombongan Cornelis de Houtman, pada mulanya diterima baik oleh masyarakat Banten dan juga diizinkan untuk berdagang di Banten. Namun, karenanya sikap yang kurang baik dan semena-mena, akhirnya Belanda diusir dari Kesultanan Banten.

Pada upaya ekspedisi kedua, tahun 1598 di bawah pimpinan Jacob van Neck, Belanda tiba di Banten. Kedatangan Belanda diterima dengan baik karena hubungan Banten dengan Portugis sedang memburuk.  Belajar dari pengalaman sebelumnya, Sikap Belanda menjadi sangat hati-hati dan pandai mengambil hati para penguasa Banten. Hal ini menguntungkan Belanda karena tiga buah kapal mereka penuh dengan muatan rempah-rempah (lada) dan dikirim ke Negeri Belanda, sedangkan lima buah kapalnya yang lain menuju ke Maluku. Sesampai di Maluku, Belanda disambut ramah. Bahkan Kesultanan Ternate bekerja sama dengan Belanda pada 1605 untuk berperang mengusir Portugis yang lebih dulu memonopoli perdagangan di sana. Keuntungan berlipat dari perdagangan di Nusantara membuat para pengusaha Belanda berlomba-lomba ke sana.  Belanda sampai membuat kongsi dagang Vereenigde Oost-Indische Compagnie (VOC). Kehadiran VOC di Indonesia ternyata semakin menyengsarakan rakyat. Berbagai perlawanan dilakukan rakyat Indonesia. Seperti Perlawanan kesultanan Mataram di bawah Sultan Agung, Perlawanan Kesultanan Banten di bawah Sultan Ageng Tirtayasa serta Perlawanan Kesultanan Gowa yang dipimpin Sultan Hasanuddin.


Dengan demikian sikap orang Indonesia atas datangnya bangsa Barat diawali dengan sambutan ramah, namun karena Portugis dan Belanda bertindak semena-mena, maka rakyat kemudian melakukan perlawanan. 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

A. Acfreelance

Terakhir diupdate 11 September 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Jelaskan pendapatmu kondisi masyarakat Indonesia pada masa kedatangan Bangsa Barat...

Pembahasan Soal:

Sebelum Bangsa Barat masuk ke Indonesia, kehidupan politik dan pemerintahan di Indonesia masih menggunakan sistem kerajaan. Sedangkan kehidupan bidang ekonomi pada saat itu sudah terlibat aktif dalam perdagangan antar bangsa maupun perdagangan antar pulau (inter insuler). Untuk  keadaan masyarakat dalam bidang sosial diterapkannya feodalisme, yaitu susunan masyarakat yang dikuasai oleh kaum bangsawan.
Lalu ketika Bangsa Barat datang ke Indonesia untuk berdagang,  kehadiran mereka sangat disambut baik oleh masyarakat Indonesia. Namun ternyata kebaikan masyarakat ini dimanfaatkan oleh Bangsa Barat. Mereka mulai terpicu oleh kekayaan rempah-rempah di Indonesia dan hendak memonopoli perdagangan disini. Sejak saat itulah dimulai praktik imperialisme dan kolonialisme. Dampaknya tentu hal ini menimbulkan konflik dengan masyarakat Indonesia, sehingga munculah perlawanan-perlawanan kepada Bangsa Barat.

Dengan demikian, kondisi masyarakat Indonesia pada masa kedatangan Bangsa Barat berubah keadaan Indonesia yang awalnya merupakan wilayah merdeka menjadi koloni Bangsa Barat.

0

Roboguru

Kedatangan Spanyol pada 1521 diterima oleh Sultan Mansur sebagai sekutu Kesultanan Tidore. Langkah tersebut dilakukan dalam rangka...

Pembahasan Soal:

Pada tahun 1521, Spanyol datang ke Tidore dan diterima langsung oleh Sultan Mansur. Kedatangannya Spanyol ini diterima dalam rangka mengimbangi kekuatan Kesultanan Ternate dengan Portugis. Pada masa tersebut Ternate dan Tidore sedang mengalami persaingan sehingga masing-masing dari mereka membutuhkan Sekutu yang kuat.
Keadaan ini kemudian dimanfaatkan oleh Spanyol dan Portugsi agar dapat menyusup dan menguasai kerajan tersebut.

0

Roboguru

Bagaimana tanggapan bangsa Indonesia terhadap kedatangan bangsa Barat ?

Pembahasan Soal:

Diketahui bahwa kedatangan bangsa Barat ke Indonesia dimulai sekitar abad ke-15 M, yakni ketika para pelaut Spanyol berhasil mendarat di Maluku. Kedatangan para pelaut Spanyol ini kemudian diikuti oleh negara-negara Barat lainnya seperti Portugis hingga Inggris. Kedatangan bangsa Barat ke Indonesia menuai beragam reaksi dari masyarakat Indonesia, berikut ini proses kedatangan bangsa Barat dan reaksi masyarakat Indonesia.

  1. Spanyol : mendarat di Maluku mendapat respon yang baik dari masyarakat setempat. Hingga kemudian, Spanyol menjalin hubungan dagang dengan Tidore yang menyebabkan persaingan dagang dengan Portugis. Persaingan dagang ini memicu pertempuran antara Ternate yang dibantu Portugis dan Tidore yang dibantu oleh Sapnyol. Pertempuran dan persaingan antara Portugis dan Spanyol berakhir setelah keduanya menyepakati Perjanjian Saragosa pada tahun 1534.
  2. Portugis : Kedatangan bangsa Portugis yang mendarat di Malaka pada tahun 1511 pada mulanya mendapat respon yang baik dari masyarakat Malaka. Kemudian, akibat monopoli perdagangan yang dilakukan Portugis di Malaka, maka terjadilah protes hingga perlawanan dari masyarakat, salah satunya adalah perlawanan yang dilakukan oleh Pate Kadir di Malaka.
  3. Belanda : pada tahun 1596, Belanda mendarat di Indonesia tepatnya di Banten. Belanda pada mulanya berniat untuk berdagang, sehingga diterima dengan baik oleh masyarakat. Dalam perkembangannya, Belanda mulai berlaku kasar dan bertindak sombong bahkan ingin menguasai perdagangan di Banten. Hingga kemudian orang-orang Belanda tersebut diusir oleh masyarakat dan kembali ke Belanda.

Dengan demikian, pada awal kedatangan bangsa Barat ke Indonesia masyarakat merespon dengan baik, akan tetapi dalam perkembangannya banyak terjadi pertentangan dan perlawanan oleh masyarakat Indonesia atas sikap dan tindakan yang dilakukan oleh bangsa Barat. 

0

Roboguru

Bagaimana Sejarah bangsa Belanda menjajah Indonesia? Jelaskan!

Pembahasan Soal:

Pertamakali kehadiran Belanda di Nusantara terjadi pada tahun 1596 seiring dengan kedatangan Cornelis de Houtman. Kemudian kedudukan Belanda di Nusantara dilanjutkan dengan pendirian VOC, dan peresmian berdirinya Hindia Belanda pada tahun 1800. Penjajahan Belanda ini berakhir seiring kalahnya Belanda oleh Jepang pada tahun 1942.


Dengan demikian, sejarah penjajahan Belanda di Indonesia adalah Pertamakali kehadiran Belanda di Nusantara terjadi pada tahun 1596 seiring dengan kedatangan Cornelis de Houtman. Kemudian kedudukan Belanda di Nusantara dilanjutkan dengan pendirian VOC, dan peresmian berdirinya Hindia Belanda pada tahun 1800. Penjajahan Belanda ini berakhir seiring kalahnya Belanda oleh Jepang pada tahun 1942.space space 

0

Roboguru

Tahun berapakah Belanda datang ke Indonesia?

Pembahasan Soal:

Kedatangan Belanda di Indonesia ditandai dengan dua armada berbeda. Armada pertama dibawah pimpinan Frederick de Houtman dan Pieter Keyzer untuk memetakan jalur laut menuju Nusantara. Saat berhenti di Madagaskar, armada ini disusul oleh armada kedua dibawah pimpinan Cornelis de Houtman yang bertugas untuk mencari kepulauan rempah.

Kedua armada sampai di Banten pada tahun 1596 dan memutuskan untuk tidak melanjutkan perjalanan ke Maluku karena wilayah tersebut berada dibawah kekuasaan Portugis. Atas dorongan pedagang Portugis dan sikap tempramental Cornelis, terjadi perseteruan dengan kesultanan Banten yang berujung ditangkapnya Frederick, dan terbunuhnya Pieter Keyzer. Frederick dapat dibebaskan setelah membayarkan uang tebusan pada Sultan Banten.

Dengan demikian, kedatangan Belanda di Indonesia pertama kali ditandai dengan tibanya armada Cornelis dan Frederick De Houtman di Banten tahun 1596.undefined 

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved