Roboguru

Bagaimana respon rakyat Irak terhadap kebijakan penunjukan Paul Bremer sebagai pelaksana aktivitas pemerintahan di Irak?

Pertanyaan

Bagaimana respon rakyat Irak terhadap kebijakan penunjukan Paul Bremer sebagai pelaksana aktivitas pemerintahan di Irak?

  1. rakyat Irak mendukung sepenuh hati

  2. rakyat Irak mendirikan negara baru Irak

  3. rakyat Irak membentuk gerakan bawah tanah

  4. rakyat Irak membentuk gerakan perlawanan bersenjata

     

  5. rakyat Irak mengharapkan adanya transisi pemerintahan

Pembahasan Soal:

Penunjukan Paul Bremer oleh Amerika Serikat sebagai Pelaksana Tugas Pemerintahan di Irak dalam sejarahnya tidak lantas membuat masalah di Irak selesai, hal tersebut malah memunculkan pertentangan dari rakyat Irak. Rakyat Irak yang kontra dengan kebijakan Amerika kemudian membentuk gerakan perlawanan bersenjata. Akibatnya, meskipun sudah berhasil menjatuhkan pemerintahan Saddam Hussein, pasukan koalisi Amerika masih harus menghadapi perlawanan dari rakyat Irak. Karena itulah, pada tanggal 15 Desember 2011, Amerika Serikat baru menyatakan berakhirnya operasi militer di Irak sekaligus mengakhiri Perang Teluk III.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

Terakhir diupdate 04 Desember 2020

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

lsu utama yang digunakan oleh Amerika Serikat untuk melakukan penyerangan kepada Irak tahun 2003 adalah ....

Pembahasan Soal:

Perang yang terjadi antara pihak Amerika Serikat dengan Irak adalah Perang Teluk III. Irak merupakan penghasil minyak bumi terbesar di dunia kedua setelah Arab Saudi. Hal ini memicu keinginan Amerika Serikat untuk menaklukkan Irak melalui invasi. Namun pihak Amerika tidak mengggunakan alasan tersebut untuk melakukan invansi terhadap Irak, melainkan menggunakan dalih atau alasan lainnya. Sebelum invasi dimulai, wakil Presiden Amerika Serikat, pada pertengahan Maret 2002, telah melakukan sejumlah lawatan ke sembilan negara Timur Tengah untuk mencari dukungan penuh dari negara-negara tersebut dalam upayanya menggulingkan pemerintahan Saddam. Meskipun dengan dalih tentang adanya kepemilikan senjata pemusnah massal di Irak, hanya Israel dan Kuwait yang menyatakan siap mendukung Amerika Serikat. Dalih ini di perkuat karena Irak sempat menolak adanya inspeksi dari tim PBB.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah B. 

0

Roboguru

Menurut Anda, selain demi menjaga perdamaian dunia, apa kepentingan Amerika Serikat ikut terlibat dalam Perang Teluk II & Ill? Jelaskan secara ringkas dan jelas.

Pembahasan Soal:

Presiden Amerika Serikat George H. W Bush bersama dengan Inggris dan Uni Soviet menguruk invasi Irak atas Kuwait. Pada 3 Agustus 1 990, Dewan Keamanan PBB mendesak Irak menarik pasukannya dari Kuwait. Tiga hari kemudian, Raja Fahd dari Arab Saudi bertemu dengan Menteri Pertahanan Amerika Serikat, Dick Cheney, untuk meminta dukungan militer Amerika Serikat tersebut, serta menyerukan kepada negara-negara anggota NATO untuk mendukung Kuwait. Pada 8 Agustus 1 990, pemerintah Irak secara resmi menganeksasi Kuwait. Pesawat-pesawat tempur pertama Angkatan Udara Amerika Serikat tiba di Arab Saudi sebagai bagian dari penambahan kekuatan militer. Nama saudi operasinya adalah Operation Desert Shield. Di darat, terdapat pasukan gabungan dari NATO yang siap siaga menghadapi serangan Irak terhadap Arab Saudi.
 
Dengan demikian, kepentingan Amerika Serikat ikut terlibat dalam Perang Teluk II & Ill karena memang memiliki kepentingannya sendiri khususnya dalam segi geopolitik untuk memiliki kekuasaan di wilayah timur tengah dan juga karena kepentingan minyak dari Amerika Serikat. 

0

Roboguru

Tujuan utama Irak melancarkan operasi militer Al Anfal Campaign tahun 1986 adalah…

Pembahasan Soal:

Memasuki tahun 1986, Irak memulai operasi militer Al Anfal Campaign yang ditujukan untuk melawan gerakan separatisme Kurdi penentang Irak. Operasi tersebut berada di bawah pimpinan Ali Hassan Al-Majid, tokoh militer yang juga sepupu Saddam Hussein. Dalam Al Anfal Campaign, Irak menggunakan gas kimia sebagai senjata militer, di antaranya adalah gas sarin yang tidak berwarna dan tidak berbau. Akibatnya, diperkirakan 50.000 hingga 182.000 rakyat sipil meninggal dunia.

0

Roboguru

Faktor yang mendorong Amerika Serikat menyimpulkan Irak benar-benar mengembangkan senjata pemusnah massal adalah…

Pembahasan Soal:

Sebagai pihak yang kalah perang, pada awalnya Irak mencoba mematuhi semua ketentuan dalam resolusi 687. Namun sayangnya, tim inspeksi senjata PBB yang ditugaskan ke Irak tidak mendapatkan akses secara penuh untuk melakukan pengecekan persenjataan Irak, hingga akhirnya terjadi kesimpangsiuran tentang kepemilikan Irak atas senjata pemusnah massal. Karena itulah pada 8 November 2002, PBB kembali mengeluarkan Resolusi DK PBB nomor 1441 tentang kewajiban pelucutan senjata bagi Irak sesuai dengan resolusi 687. Hal inilah yang membuat Amerika menganggap Irak menghindari inspeksi PBB dan masih menyimpan senjata pemusnah massal. Hingga akhirnya pada 17 Maret 2003 pasukan gabungan Amerika Serikat menyerang Irak.

0

Roboguru

Presiden Amerika Serikat yang mempunyai peranan penting dalam menentukan serangan Amerika Serikat dan melakukan invansi ke wilayah Irak adalah ….

Pembahasan Soal:

Serangan militer Amerika Serikat ke wilayah Irak tentunya berdasarkan intruksi langsung dari Presiden Amerika Serikat yang pada saat itu menjabat yakni George Walker Bush. Sebagai seorang pemimpin utama, George Walker Bush adalah tokoh sentral yang menentukan serangan langsung Amerika Serikat ke wilayah Irak.

Maka, jawaban yang tepat adalah A.undefined 

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved