Iklan

Iklan

Pertanyaan

Bagaimana reaksi pembentukan kevlar ? Jelaskan dengan persamaan reaksinya!

Bagaimana reaksi pembentukan kevlar? Jelaskan dengan persamaan reaksinya!

Iklan

S. Lubis

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Iklan

Pembahasan

Pembahasan

Kevlar adalah sebuahmerek dagangterdaftar untuk serat fiber sintetisaramid. Serataramidadalah salah satu jenis serat sintetis tahan panas dan kuat.Aramiddigunakan dalam kedirgantaraan dan aplikasi militer, sebagai bahan rompi anti peluru, ban sepeda, dan sebagai pengganti asbes. kevlar Material kevlar ini memilikinama asli poly-paraphenylene terephthalamide dengan rumus molekul . Berikut adalah struktur molekul kevlar. Struktur yang dicetak tebal merupakan monomer dari kevlar. Kevlar merupakan polimer yang pembentukannya melalui reaksi kondensasi, sehingga kevlar termasuk dalam salah satu polimer kondensasi .Reaksi kondensasi dalam pembentukan kevlar melibatkan 1,4-diaminobenzena dan asam tereftalat. Karena kevlar terbentuk dari monomer yang berbeda, maka kevlar adalah salah satu kopolimer . Berikut adalah mekanisme reaksi pembentukan kevlar. Pada reaksi ini, atom pada di 1,4-diaminobenzena dan atom pada asam tereftalat terputus dan berikatan sehingga reaksi ini menghasilkan 2n (n menyatakan banyaknya monomer). Setelah itu atom pada 1,4-diaminobenzena berikatan dengan atom pada asam tereftalat sehingga membentuk polimer kevlar. Dengan demikian,kevlar terbentuk dari reaksi kondensasi monomer 1,4-diaminobenzena dan asam tereftalat dengan persamaan reaksi pembentukannya:

    Kevlar adalah sebuah merek dagang terdaftar untuk serat fiber sintetis aramid. Serat aramid adalah salah satu jenis serat sintetis tahan panas dan kuat. Aramid digunakan dalam kedirgantaraan dan aplikasi militer, sebagai bahan rompi anti peluru, ban sepeda, dan sebagai pengganti asbes.


kevlar

   Material kevlar ini memiliki nama asli poly-paraphenylene terephthalamide dengan rumus molekul begin mathsize 14px style C subscript 14 H subscript 14 N subscript 2 O subscript 4 end style. Berikut adalah struktur molekul kevlar.

     Struktur yang dicetak tebal merupakan monomer dari kevlar. Kevlar merupakan polimer yang pembentukannya melalui reaksi kondensasi, sehingga kevlar termasuk dalam salah satu polimer kondensasi. Reaksi kondensasi dalam pembentukan kevlar melibatkan 1,4-diaminobenzena dan asam tereftalat. Karena kevlar terbentuk dari monomer yang berbeda, maka kevlar adalah salah satu kopolimer. Berikut adalah mekanisme reaksi pembentukan kevlar.

    Pada reaksi ini, atom begin mathsize 14px style H end style pada begin mathsize 14px style N H subscript 2 end style di 1,4-diaminobenzena dan atom begin mathsize 14px style Cl end style pada asam tereftalat terputus dan berikatan sehingga reaksi ini menghasilkan 2n begin mathsize 14px style H Cl end style (n menyatakan banyaknya monomer). Setelah itu atom begin mathsize 14px style N end style pada 1,4-diaminobenzena berikatan dengan atom begin mathsize 14px style C end style pada asam tereftalat sehingga membentuk polimer kevlar.

Dengan demikian, kevlar terbentuk dari reaksi kondensasi monomer 1,4-diaminobenzena dan asam tereftalat dengan persamaan reaksi pembentukannya:


1rb+

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Bakelit Monomer : Fenol : Metanal : Polimerisasi :

1rb+

0.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia