Iklan

Iklan

Pertanyaan

Bagaimana reaksi otot saat mendapatkan rangsangdan saat rangsang sudah tidak ada?

Bagaimana reaksi otot saat mendapatkan rangsang dan saat rangsang sudah tidak ada?

Iklan

N. Puspita

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Iklan

Pembahasan

Pembahasan

Saat terdapat rangsang jaringan ototakan berkontraksi dan saat rangsang sudah tidak ada jaringan otot akan berelaksasi kembali. Ketika terdapat rangsangan, sistem saraf pusat memberikan perintah berupa impuls melalui saraf motorik kepada otot. Saatimpuls sampai diujung sel saraf motorik maka ujung sinapsis akanmelepaskan neurotransmitter yaitu asetilkolin. Asetilkolin kemudian melewati celah sinaps dan ditangkap oleh reseptorpada serat otot. Peristiwa ini memicu pelepasan ion kalsium dari retikulum sarkoplasma. Ion kalsiumkemudian mengikat troponin pada miofilamen aktin. Setelah itu posisi tropomiosin bergeserdan sisi aktif miofilamen aktin terbuka. Terbukanya sisi aktif miofilamen aktin ini membuat Adenosin Tri Posfat memberikan energi kepada miofilamen miosin sehingga dapat berikatan dengan miofilamen aktin. Ikatan antara miofilamen aktin dan miofilamen miosin inilah yang menyebabkan proses kontraksi otot. Ketika rangsang sudah tidak ada, ion kalsium tidak lagi berikatan dengan troponin, sehingga sisi aktif miofilamen aktin tertutup dan otot kembali berelaksasi.

Saat terdapat rangsang jaringan otot akan berkontraksi dan saat rangsang sudah tidak ada jaringan otot akan berelaksasi kembali.


Ketika terdapat rangsangan, sistem saraf pusat memberikan perintah berupa impuls melalui saraf motorik kepada otot. Saat impuls sampai di ujung sel saraf motorik maka ujung sinapsis akan melepaskan neurotransmitter yaitu asetilkolin. Asetilkolin kemudian melewati celah sinaps dan ditangkap oleh reseptor pada serat otot. Peristiwa ini memicu pelepasan ion kalsium dari retikulum sarkoplasma. Ion kalsium kemudian mengikat troponin pada miofilamen aktin. Setelah itu posisi tropomiosin bergeser dan sisi aktif miofilamen aktin terbuka. Terbukanya sisi aktif miofilamen aktin ini membuat Adenosin Tri Posfat memberikan energi kepada miofilamen miosin sehingga dapat berikatan dengan miofilamen aktin.


Ikatan antara miofilamen aktin dan miofilamen miosin inilah yang menyebabkan proses kontraksi otot. Ketika rangsang sudah tidak ada, ion kalsium tidak lagi berikatan dengan troponin, sehingga sisi aktif miofilamen aktin tertutup dan otot kembali berelaksasi.space space space 

1rb+

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Mekanisme yang terjadi dalam kontraksi otot adalah ....

4rb+

5.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia