Roboguru

Bagaimana proses termodinamika yang terjadi pada lemari es?

Pertanyaan

Bagaimana proses termodinamika yang terjadi pada lemari es? 

Pembahasan Soal:

Termodinamika mempelajari pertukaran energi dalam bentuk kalor dan kerja serta sistem pembatas dan lingkungan. 

Sebuah lemari es harus melakukan tugas untuk membalikkan arah normal aliran energi panas. Tugas itu melibatkan penggunaan energi yang bertujuan untuk memindahkan sesuatu, dan untuk melakukannya sebuah lemari es membutuhkan energi. Dalam kasus ini, energi itu disediakan oleh listrik.

Kunci proses kulkas dan sistem pendingin lain agar dapat bekerja terdapat pada refrigeran. Refrigeran ialah zat semacam Freon yang bertitik didih rendah sehingga dapat memfasilitasi perubahan bentuk antara cair dan gas. Sebagai cairan, refrigeran berperan dalam penyerapan energi panas dari udara dingin di dalam lemari es untuk diubah menjadi gas.

Jadi pertama-tama, energi panas ditransfer ke dalam lemari es untuk menjadi cairan dingin yang melewati sebuah mesin evaporator. Lalu referigeran, yang sudah dibahas sebelumnya, menyerap energi panas agar menjadi lebih hangat lalu akhirnya berubah bentuk menjadi gas. Gas yang terbentuk sebelumnya, dialirkan melalui compressor agar cairan pendingin memiliki temperatur yang lebih tinggi.

Refrigeran dengan suhu yang lebih tinggi tersebut selanjutnya mengalir melalui kondensor, dimana terjadi transfer energi panas ke kumparan pendingin kondensor. Akhirnya, refrigeran tersebut kehilangan energi panasnya dan berubah menjadi energi dingin kembali, serta mengalami peristiwa kondensasi menjadi cairan.

Selanjutnya refrigeran masuk ke tabung Ekspansi, dimana merupakan tempat yang memiliki ruangan untuk menyebarkan cairan keluar dalam rangka menurunkan suhu menjadi lebih rendah. Cairan dingin hasil refrigeran tersebut kemudian mengalir kembali ke evaporator. Selanjutnya siklus itu kembali berulang.

Jadi, termodinamika yang terjadi dalam lemari es dengan menggunakan energi listrik untuk memanfaatkan refrigeran dalam menghantarkan panas dari suhu rendah ke suhu tinggi.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

C. Irwan

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Jakarta

Terakhir diupdate 11 September 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Dua bejana A dan B volumenya sama berisi udara yang suhu dan massanya sama. Bejana A dipanaskan secara isobaris sedangkan udara di dalam bejana B dipanaskan pada proses isokhoris. Jika besar kalor yan...

Pembahasan Soal:

Pada kondisi bejana A tekanan tetap, maka berlaku:

begin mathsize 14px style Q equals p capital delta V plus capital delta U end style  

Pada kondisi bejana B volume tetap, maka usahanya nol sehingga:

size 14px Q size 14px equals size 14px capital delta size 14px U 

Karena nilai Q sama, maka:

begin mathsize 14px style capital delta U subscript B greater than capital delta U subscript A end style 

Sehingga, suhu akhir bejana B akan lebih besar daripada bejana A.

0

Roboguru

Jelaskan proses termodinamika dalam kehidupan sehari-hari yang berkaitan dunia jurusan yang anda pilih!

Pembahasan Soal:

Proses termodinamika dalam kehidupan sehari-hari, yaitu:

  • Hukum termodinamika pertama dan kedua diterapkan pada AC
  • Proses termodinamika dalam penciptaan mesin kendaraan bermotor
  • Hukum termodinamika pertama dalam penggunaan termos
  • Proses termodinamika dalam industri seperti mesin carnot dan mesin pendingin.
  • dll.undefined 

0

Roboguru

Jelaskan Hukum Ke-Nol Termodinamika dan berikan contoh implikasinya!

Pembahasan Soal:

Bunyi Hukum Ke-Nol Termodinamika, “Jika ada dua sistem yang masing-masing berada dalam kesetimbangan termal dengan suatu sistem ketiga, kedua sistem tersebut berada dalam kesetimbangan termal antara satu sama lain.” Hukum Ke-Nol Termodinamika memberi jalan bagi penggunaan suhu/temperatur sebagai indikator kesetimbangan termal.

(Sumber: Cutnell, et.al., 2012)

Misalkan ada dua wadah termos A dan B yang masing-masing terisi cairan. Keduanya memiliki dinding yang adiabatik (memerangkap panas di dalam wadah) dan menunjukkan suhu yang sama ketika masing-masing isinya diukur dengan termometer. Ketika isi termos A dan B dicampur (di dalam salah satu termos), tidak ada perubahan suhu yang teramati setelah percampuran. Artinya, baik isi wadah (sistem) A maupun B berada dalam kesetimbangan termal.

Sebelum dicampur, sistem (dalam wadah) A sudah berada dalam kesetimbangan termal dengan termometer, begitu pun dengan sistem B. Dalam hal ini, termometer menunjukkan suhu yang sama sehingga kedua sistem memiliki derajat kalor yang sama pula. Sebagai akibatnya, sistem A dan B berada dalam kesetimbangan termal di antara keduanya, dengan termometer berperan sebagai sistem ketiga sesuai dengan Hukum Ke-Nol Termodinamika.

0

Roboguru

Tuliskan rumus dari hukum ke-nol termodinamika!

Pembahasan Soal:

Hukum Awal (Zeroth Law) termodinamika menyatakan bahwa dua sistem dalam keadaan setimbang dengan sistem ketiga, maka ketiganya dalam saling setimbang satu dengan lainnya. begin mathsize 14px style blank to the power of blank end style

0

Roboguru

Apa saja alat dalam kehidupan sehari-hari yang menerapkan prinsip termodinamika?

Pembahasan Soal:

Termodinamika mempelajari pertukaran energi dalam bentuk kalor dan kerja serta sistem pembatas dan lingkungan. Penerapan termodinamika bisa dilihat dalam kehidupan sehari-hari seperti tubuh manusia, meniup kopi panas, perkakas elektronik, mesin mobil, pembangkit listrik dan industri.

Setiap alat mekanik atau listrik yang melibatkan aliran energi kalor dan kerja dalam sistem hampir bisa dipastikan menerapkan hukum termodinamika. Dalam mekanik, seperti mesin pada kendaraan bermotor. Dalam elektronik, seperti lemari es dan AC.

Jadi, contoh alat dalam kehidupan sehari-hari yang menerapkan prinsip termodinamika adalah lemeri es, AC, dan mesin kendaraan bermotor

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved