Roboguru

Bagaimana perkembangan radio pada masa pendudukan Jepang di Indonesia?

Pertanyaan

Bagaimana perkembangan radio pada masa pendudukan Jepang di Indonesia?

Pembahasan Video:

Pembahasan Soal:

Perkembangan siaran radio di Indonesia telah dimulai pada masa pendudukan Belanda. Hal tersebut dibuktikan dengan berdirinya sejumlah stasiun radio di Hindia Belanda, seperti Bataviase Radio Vereniging (BRV), Nederlandsch Indische Radio Omroep Masstchapyj (NIROM), Solossche Radio Vereniging (SRV), Mataramse Verniging Voor Radio Omroep (MAVRO), Verniging Oosterse Radio Luisteraars (VORL), dan Eerste Madiunse Radio Omroep (EMRO). Pada masa pendudukan Jepang, siaran radio tetap berjalan secara masif di berbagai daerah di Indonesia. Namun, berbeda halnya dengan Belanda yang proses penyiaran dikelola oleh swasta, pada masa pendudukan Jepang proses penyiaran radio dikelola oleh suatu lembaga yang dibentuk pemerintah Jepang yang bernama Hoso Kanri Kyoku (Pusat Jawatan Radio). Berita yang disiarkan di radio pada masa pendudukan Jepang dikontrol oleh militer dan hanya memberitakan seputar kegiatan militer Jepang dan propaganda Jepang. Namun, dalam perkembangannya, acara radio pada masa pendudukan Jepang lebih bervariasi dengan masuknya acara-acara kesenian dan kebudayaan di radio.

Dengan demikian, perkembangan siaran radio pada masa pendudukan Jepang dikontrol ketat oleh lembaga yang bernama Hoso Kanri Kyoku. Acara-acara siaran meliputi propaganda Jepang dan kegiatan-kegiatan militer Jepang.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

N. Puspita

Terakhir diupdate 16 September 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Pusat siaran radio Jepang yang diwakili oleh lembaga khusus milik pemerintah Jepang yaitu Hoso Kanri Kyoku terletak di….

Pembahasan Soal:

Setelah kekuasaan Belanda di Indonesia beralih ke Jepang, radio-radio yang ada di Indonesia dinonaktifkan. Pengelolaannya pun beralih ke lembaga khusus milik pemerintahan Jepang, yang bernama Hoso Kanri Kyoku, yang pusat siaran radio Jepang  tersebut berada di Jakarta. Sementara itu untuk siaran radio di daerah-daerah lainnya di Indonesia diwakili oleh Hoso Kyoku yang terdapat di Purwokerto, Yogyakarta, Bandung, Surakarta, Semarang, Malang dan Surabaya.  

 

0

Roboguru

Perhatikan informasi berikut: sebagai alat propaganda, menyebarkan semangat nasionalisme, menggalang dukungan dalam Perang Asia Pasifik, menyebarkan program-program pemerintah untuk mendukung ke...

Pembahasan Soal:

sebagai alat propaganda dari pemerintahan militer Jepang, menggalang dukungan dalam Perang Asia Pasifik, menyebarkan program-program pemerintah untuk mendukung kemenangan dalam perang.

0

Roboguru

Perkembangan radio pada masa pendudukan Jepang berbeda dengan masa pemerintah kolonial Belanda. Pada masa pendudukan Jepang radio di Indonesia digunakan untuk ...

Pembahasan Soal:

Pada masa pendudukan Jepang, radio-radio digunakan sebagai media propaganda. Radio Tokyo setiap malam melancarkan siaran propaganda yang sangat mengena. Beberapa bulan sebelumnya tentara Jepang mendarat di Indonesia setiap malam sekitar pukul 22.00 di rumah-rumah orang Indonesia yang mempunyai pesawat radio, berkerumun orang untuk mengikuti siaran Radio Tokyo. Dengan komentar-komentarnya yang sangat tepat, penyiarnya dapat menciptakan suarana Indonesia merdeka dilingkungan pendengarnya, seolah-olah kedatangan tentara Jepang di Indonesia sangat dinanti-nantikan oleh rakyat Indonesia.

Jadi, jawaban yang tepat adalah B.

0

Roboguru

Perkembangan radio di Indonesia dimulai sejak tahun 1933, ketika Mangkunegoro VII dan Sarsito Mangunkusumo mendirikan Solosche Radio Vereeniging. Selanjutnya, berdiri Bataviasche Radio Vereeniging (19...

Pembahasan Soal:

Pada masa pendudukan Jepang, siaran radio pun diambil alih oleh pemerintahan kependudukan Jepang. Jepang kemudian membentuk badan pengawas siaran radio yang dikenal dengan nama Hoso Kanri Kyoko.

0

Roboguru

Pada masa pendudukan Jepang siaran radio dikendalikan oleh lembaga Jepang. Lembaga yang dimaksud adalah .. . .

Pembahasan Soal:

Radio merupakan teknologi komunikasi yang ditemukan oleh Guglielmo Marconi pada tahun 1895. Pemanfaatan radio menggunakan signal analog pada mulanya sering digunakan oleh para pelaut untuk mengirimkan pesan telegram menggunakan kode morse antara kapal yang berlayar dengan pihak stasiun operator di daratan. Pada masa Perang Dunia telpon dan radio menjadi sarana untuk menggerakan massa atau pasukan, menyampaikan komando lapangan, pesan diplomatic, alat pendeteksi sekaligus memata-matai.

Pada era pendudukan Jepang di Indonesia, pemerintah militer Jepang di Jawa segera mengendalikan sarana-sarana penerangan untuk publik. Siaran radio, film, dan pers ditempatkan di bawah pengawasan pemerintah militer Jepang. Pengawasan dan penyebarluasan propaganda dilakukan oleh balatentara Jepang yang diorganisasikan dalam suatu lembaga Sendenhan, yang kemudian menjadi Syoohoobu (Seksi Propaganda pemerintahan Militer).

Dengan demikian pada masa pendudukan Jepang, siaran radio dikendalikan oleh lembaga Syoohoobu.

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved