Iklan

Iklan

Pertanyaan

Bagaimana perbedaan kerja antara akuntan perusahaan ( internal ) dengan akuntan publik?

Bagaimana perbedaan kerja antara akuntan perusahaan (internal) dengan akuntan publik? space space 

Iklan

S. Sumiati

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Pendidikan Indonesia

Jawaban terverifikasi

Iklan

Pembahasan

Akuntan perusahaan ( internal ) adalah akuntan yang bekerja dalam perusahaan dan bertanggung jawab atas berbagai fungsi akuntansi serta keuangan perusahaan. Akuntan internal biasa nya bertindak sebagai pengontrol perusahaan, yaitu pengawas terhadap seluruh operasi perusahaan yang berhubungan dengan keluar-masuk uang. Mereka juga melakukan kegiatan, seperti penyusunan laporan keuangan, perencanaan anggaran, penghitungan pajak, dan pemeriksaan internal. Untuk menjadi akuntan internal tidak diperlukan syarat-syarat khusus. Sedangkan akuntan publik adalah akuntan independen (bebas) yang secara perorangan atau kelompok memberikan jasa dalam bidang akuntansi bagi perusahaan atau organisasi bisnis dan nonbisnis. Jasa akuntan publikyang utama adalah memeriksa laporan keuangan suatu organisasi apakah wajar atau layak (disebut wajar atau layak jika laporan keuangan sesuai dengan standar akuntansi keuangan yang berlaku umum).

Akuntan perusahaan (internal) adalah akuntan yang bekerja dalam perusahaan dan bertanggung jawab atas berbagai fungsi akuntansi serta keuangan perusahaan. Akuntan internal biasa nya bertindak sebagai pengontrol perusahaan, yaitu pengawas terhadap seluruh operasi perusahaan yang berhubungan dengan keluar-masuk uang. Mereka juga melakukan kegiatan, seperti penyusunan laporan keuangan, perencanaan anggaran, penghitungan pajak, dan pemeriksaan internal. Untuk menjadi akuntan internal tidak diperlukan syarat-syarat khusus.

Sedangkan akuntan publik adalah akuntan independen (bebas) yang secara perorangan atau kelompok memberikan jasa dalam bidang akuntansi bagi perusahaan atau organisasi bisnis dan nonbisnis. Jasa akuntan publikyang utama adalah memeriksa laporan keuangan suatu organisasi apakah wajar atau layak (disebut wajar atau layak jika laporan keuangan sesuai dengan standar akuntansi keuangan yang berlaku umum). space space 

1rb+

Diah ayu Pitaloka

Pembahasan terpotong

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Bagaimana caranya agar seseorang dapat menjadi akuntan?

307

0.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia