Roboguru

Bagaimana perbedaan kehidupan masyarakat pada masa...

Bagaimana perbedaan kehidupan masyarakat pada masa berburu dengan masyarakat masa bercocok tanam ditinjau dari aspek ekonomi dan sosial!

Jawaban:

Kehidupan masyarakat pada masa berburu ditandai dengan bergantungnya masyarakat pada alam. Kebutuhan makanan didapatkan dari berburu hewan dan mengumpulkan umbi-umbian, buah-buahan, dan dedaunan yang ditemukan di sekitar mereka. Kehidupan juga masih bersifat sementara dan berpindah tempat (nomaden) untuk mencari sumber makanan dan air. Mereka hidup dalam kelompok kecil sehingga memudahkan mobilisasi dari satu daerah ke daerah lainnya.
Sedangkan kehidupan masyarakat pada masa bercocok tanam sudah lebih maju di mana masyarakat sudah mampu mengolah alam dan mengembangbiakkan hewan ternak. Pada masa ini masyarakat sudah mulai membuka lahan pertanian, sistem barter (bertukar barang) sudah berkembang. Mereka hidup dalam kelompok yang lebih besar, selain itu mereka telah hidup menetap pada suatu daerah yang dipimpin oleh kepala kampung.

Maka, perbedaan mendasar masyarakat pada masa berburu dengan bercocok tanam dalam aspek ekonomi dan sosial ditunjukkan pada mata pencahariannya, di mana pada masa berburu masih sangat bergantung pada alam sedangkan pada masa bercocok tanam telah mengenal pengolahan lahan. Selain itu pada masa berburu masyarakat masih hidup dalam kelompok kecil dan nomaden, sedangkan masyarakat bercocok tanam telah hidup menetap dalam kelompok yang lebih besar.

0

Ruangguru

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved